Awal November, Vaksinasi Covid-19 Pekerja IMIP akan Rampung - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Proses menuju vaksinasi massal COVID-19 masih panjang sehingga pemerintah perlu melaksanakan upaya pencegahan kembali

Sri Kunthhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Agustus 2020

Selasa, 26 Oktober 2021 18:53 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Awal November, Vaksinasi Covid-19 Pekerja IMIP akan Rampung

    Vaksinasi sangat penting di masa pademi Covid-19, terlebih untuk para pekerja industri yang harus tetap bekerja demi keberlanjutan perekonomian negara. Sebagai perusahaan yang juga peduli dengan kondisi karyawan, PT IMIP memvaksinasi puluhan ribu karyawannya, termasuk para pekerja asing yang sekarang sedang bertugas di IMIP.

    Dibaca : 365 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sebagai perusahaan yang peduli dengan dengan para karyawannya sekaligus membantu negara memerangi penyebaran virus Covid-19, PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) memberikan vaksinasi semua karyawannya yang berjumlah kurang lebih 44 ribu orang, termasuk 5.000 pelajar asing yang sekarang sedang bertugas di IMIP.

    Hingga akhirnya di Oktober 2021, vaksinasi IMIP sudah mencapai 90% dengan tercatat 39.784 karyawan IMIP telah rampung divaksinasi. Sedangkan untuk TKA (Tenaga Kerja Asing) yang berjumlah 5.000, tinggal 10% lagi yang belum divaksin.

    Vaksinasi Covid-19 di PT IMIP dikatakan akan rampung di akhir Oktober atau awal November. Hal ini karena dengan banyaknya jumlah karyawan serta durasi pemberian vaksin pertama dan kedua, maka proses vaksinasi Covid-19 untuk pekerja IMIP diperkirakan akan membutuhkan waktu 3,5 bulan.

    Vaksinasi di kawasan industri Morowali itu dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan di Klinik PT IMIP. Sebelumnya, ketika vaksin Covid-19 sudah resmi dilangsungkan pada Januari lalu, para nakes IMIP yang berjumlah 104 orang termasuk mulai dari dokter, perawat, analis dan lainnya di vaksin pada 8 -9 Februari 2021. 

    Ketika nakes selesai divaksin, barulah tidak lama kemudian sebanyak 42.500 para pekerja IMIP mulai djawalkan untuk mendapatkan vaksin. 

    Hal ini diungkap oleh Koordinator Tim Covid-19 PT IMIP, Agung Nugroho, bahwa pada periode pertama PT IMIP hanya diberikan vaksin sebanyak 11.540 botol oleh Kementerian Kesehatan RI dan Bio Frama. Dan dari jumlah tersebut, 5.770 dosis vaksin diberikan kepada karyawan sambil menunggu pasokan vaksin lainnya tiba dari Jakarta.

    5.770 pekerja yang sudah divaksin di tahap pertama pada 24 Mei 2021 dijadwalkan mendapatkan vaksinasi kembali tahap kedua yang dilangsungkan 21 hari setelahnya. Kloter-kloter pemberian vaksin dibuat untuk menghindari kerumunan di perusahaan yang memang menyerap banyak tenaga kerja ini. Selain itu, perusahaan juga menyesuaikan dengan jam kerja masing-masing karyawan agar kegiatan operasional pabrik dan kantor IMIP tidak terganggu. 

    Di bulan selanjutnya yaitu Juli 2021, kemudian datang kembali dosis vaksin sebanyak 72.960 untuk para pekerja IMIP. Kemudian pada 6 Juli IMIP segera melangsungkan vaksinasi kepada 36.480 pekerja termasuk untuk tahap kedua bagi sang telah vaksin di Mei lalu.

    Tidaklah mudah untuk mengatur dan membuat puluhan ribu karyawan agar mau divaksin. Tetapi dengan berakhirnya proses vaksinasi di IMIP nanti, perusahaan telah berkontribusi besar untuk mencegah penyebaran Covid-19 di indonesia 











    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.