6 Tip Sukses untuk Pemilik Usaha Kecil-kecilan - Urban - www.indonesiana.id
x

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Selasa, 2 November 2021 18:56 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 6 Tip Sukses untuk Pemilik Usaha Kecil-kecilan

    Pemilik uasah kecil? Ikuti beberapa tips berikut ini yang berpotensi untuk mendorong bisnis Anda

    Dibaca : 1.141 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pemilik bisnis berharap keuntungan akan naik lagi, tetapi sekali lagi setiap pemilik usaha kecil berbagi harapan itu dan secara aktif bersaing untuk mendapatkan pelanggan baru. Anda harus menggunakan setiap alat di dada Anda untuk menarik perhatian konsumen dan membuat bisnis Anda menonjol dari pesaing. Berikut adalah 6 cara untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk menarik perhatian pelanggan.

    1. Tingkatkan kehadiran online Anda

    Covid-19 mendorong belanja online ke tingkat yang lebih tinggi dan itu adalah salah satu tren yang tidak akan hilang dalam waktu dekat. Suka atau tidak, tempat pertama yang dikunjungi orang untuk melihat bisnis Anda adalah online. Bahkan jika mereka berencana untuk membeli dari Anda secara langsung, sekaranglah saatnya untuk membuat situs web jika Anda belum memilikinya.

    Bagi banyak calon pelanggan, situs web Anda akan menjadi kesan pertama mereka terhadap bisnis Anda. Sangat penting untuk menjadi profesional dan menarik. Pastikan untuk menyertakan semua informasi dasar yang dibutuhkan pelanggan tentang bisnis Anda. Minimal, berikan informasi kontak, harga, jam kerja, alamat jalan dan/atau area yang Anda layani, serta detail pengiriman dan pengembalian uang jika relevan.

    2. Ekspresikan kepribadian unik perusahaan Anda

    Konsumen mungkin membeli dari bisnis, tetapi mereka lebih suka memiliki hubungan pribadi dengan merek . Jika Anda ingin menciptakan kader setia pelanggan kembali, Anda perlu mengekspresikan kepribadian Anda dalam bentuk branding. Situs web Anda adalah wajah virtual bisnis Anda, jadi pilihlah warna dan font yang mengekspresikan kepribadian Anda, kata-kata yang menyampaikan nada Anda, dan konten yang mengomunikasikan proposisi nilai Anda.

    Tentukan suara merek Anda, yaitu gaya yang Anda gunakan dalam komunikasi. Contohnya termasuk formal, kurang ajar, menyenangkan, andal, berkelas, dll. Setelah membuat keputusan itu, pastikan untuk mengekspresikan suara Anda secara konsisten di situs web Anda , postingan media sosial, buletin email, pengemasan, dan iklan berbayar .

    3. Perhatikan baik-baik reputasi Anda

    Ulasan memiliki dampak besar pada pengambilan keputusan konsumen tentang tempat berbelanja sehingga Anda ingin menginvestasikan slot waktu reguler dalam manajemen ulasan. Ulasan hampir sama berpengaruhnya dengan rekomendasi pribadi. Sebanyak 94% konsumen mengatakan bahwa ulasan positif membuat mereka lebih cenderung menggunakan bisnis. Selain itu, 79% mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi dari teman dan keluarga.

    Dorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan. Selalu balas ketika seseorang menyebut bisnis Anda karena orang akan menilai Anda dari tanggapan Anda (atau kekurangannya). "Terima kasih" sederhana untuk ulasan yang bagus menunjukkan kesopanan. Menanggapi ulasan negatif dengan penjelasan, permintaan maaf, dan/atau tawaran untuk memperbaikinya menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan Anda dan siap mengakui bila Anda telah melakukan kesalahan.

    4. Memiliki pendapat

    Tidak ada yang pernah menjadi kenangan dengan duduk di pagar. Namun, banyak bisnis takut untuk mengungkapkan pendapat saat ini karena takut mengasingkan pelanggan. Ketika Anda mengambil sikap, itu dapat membantu merek Anda melekat di benak orang. Penelitian oleh Edelman menemukan bahwa 86% konsumen mengharapkan bisnis untuk berbicara secara terbuka tentang masalah sosial atau komunitas lokal.

    Menawarkan take Anda hanya berfungsi ketika Anda memilih sesuatu yang cocok dengan niche bisnis Anda. Misalnya, sebuah kafe lokal mungkin berjuang untuk menghentikan penutupan kios pertanian organik lingkungan. Untuk usaha kecil, mengambil tindakan untuk masalah lokal bisa menjadi cara terbaik untuk membedakan diri Anda. Pastikan Anda benar-benar percaya pada tujuan yang Anda adopsi. Jika Anda mencabut pernyataan Anda nanti, Anda hanya akan merusak banding Anda kepada mereka yang setuju dengan Anda.

    5. Perlakukan pelanggan Anda sebagai individu

    Konsumen saat ini mengharapkan interaksi yang dipersonalisasi. Mengatasi pelanggan dengan nama dalam email dan teks sudah diberikan. Konsumen juga mengharapkan komunikasi yang disesuaikan dengan wilayah geografis, rentang usia, minat, dan lainnya. Contohnya termasuk mengingat warna favorit pelanggan, rasa kue, atau waktu janji temu.

    Lakukan personalisasi selangkah lebih maju dengan teks situs web dinamis yang menyambut pengunjung Anda yang kembali dengan beranda yang disesuaikan berdasarkan interaksi mereka sebelumnya. Konsumen juga menghargai kesempatan untuk menyesuaikan produk dan layanan Anda dengan selera mereka, jadi tawarkan sebanyak mungkin opsi penyesuaian.

    6. Manfaatkan iklan berbayar

    Iklan bayar per klik ( PPC ) bisa terjangkau, bahkan untuk usaha kecil. Saat ini Anda dapat mengatur anggaran Anda sendiri dan memutuskan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan. Anda bahkan dapat menargetkan iklan Anda ke demografi yang tepat. Iklan yang disesuaikan di outlet media sosial seperti Facebook dan Instagram berfungsi untuk membawa bola mata baru ke bisnis Anda.

    Yang terbaik adalah bereksperimen dengan hati-hati, pada awalnya, untuk melihat iklan dan audiens mana yang paling efektif sebelum Anda meningkatkan taruhan dan menjalankan kampanye PPC yang serius. Baca blog pemasaran tentang strategi PPC untuk memahami format iklan, tingkat konversi, tujuan iklan, dan istilah kunci lainnya. Jadilah mewah dengan penelitian kata kunci Anda jika Anda berencana untuk menggunakan iklan pencarian berbayar.

    Sekalipun bisnis Anda beroperasi dalam vertikal yang kompetitif, masih ada cara untuk membuat bisnis Anda menonjol dan menarik perhatian. Dengan mengelola ulasan online Anda, menjalankan situs web yang menarik, mengekspresikan kepribadian yang mudah diingat, mengambil sikap pada isu-isu penting, menerapkan trik PPC taktis, dan memberikan pengalaman pelanggan yang sangat baik dan dipersonalisasi, Anda dapat membantu bisnis kecil Anda menonjol karena semua alasan yang tepat.

    Referensi: https://bisnisonlinekuy.com



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.