Mengembangkan Konsep Guru Merdeka Belajar - Analisis - www.indonesiana.id
x

siswa dan guru

Tugiman Tugiman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Sabtu, 27 November 2021 06:47 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Mengembangkan Konsep Guru Merdeka Belajar


    Dibaca : 739 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Menyambut program merdeka belajar dari Kemdikbud Ristek maka perlu dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan merdeka belajar, guru merdeka belajar, dan pelajar merdeka. Menurut Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar, 2021 menyebutkan bahwa yang dimaksud merdeka belajar adalah belajar yang diatur sendiri oleh pelajar. Pelajar yang menentukan tujuan, cara dan penilaian belajarnya. Dari sudut pandang pengajar, merdeka belajar berarti belajar yang melibatkan murid dalam penentuan tujuan, memberi pilihan cara, dan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar dan yang dimaksud guru merdeka belajar guru yang senantiasa berefleksi untuk menyesuaikan pemikiran untuk menyesuaikan pemikiran dan perbuatannya terhadap perubahan dalam upaya mencapai tujuan. Sedangkan pelajar merdeka  berorientasi pelajar lebih mandiri megerjakan tugas belajar, tahan kesulitan menghadapi kesulitan, dan adaptif menghadapi perubahan.
        Apa yang dilakukan guru kalau sudah memahami konsep merdeka belajar? Hal ini tentu guru harus melakukan sebagai berikut: 1) merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berorientasi tujuan yang akan dicapai (berdasarkan Komptensi Dasar yang sudah ditentukan); 2) Menetapkan tujuan dan target harus realistis  dicapai dalam pembelajaran dan pengembangan diri siswa; 3) Melakukan praktik yang membuatnya sadar utuh terhadap pembelajaran yang esensial; 4) Memahami dan memprioritaskan murid sebagai subjek dalam pembelajaran. Merancang pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan kesiapan murid; 5) .Mencari cara yang efektif untuk mengatasi kesulitan yang ditemui pada pembelajaran murid; 6) Mengikuti kegiatan (berkomunitas, berbagi, pelatihan, coaching dan lain – lain ) untuk melakukan pengembangan diri; 7) Berusaha melakukan refleksi berkala, membuat catatan reflektif harian untuk mengenal apa yang sudah efektif dan apa yang perlu diperbaiki; 8) Meminta umpan balik dari rekan guru, kepala sekolah/madrasah untuk memperbaiki pembelajaran untuk memperbaiki pembelajaran;  9) Menindaklanjuti hasil refleksi dan umpan balik pada rencana pembelajaran pengembangan diri; dan 10) Berusaha membuat soal penilaian hasil belajar yang berstandar, bermakna, bernalar, dan mandiri. 
        Sebagai kesiapan melaksanakan konsep guru merdeka belajar maka Pengurus KKG Gugus 02 Panceng membuat program kegiatan kolektif guru mulai tahun 2020 dan 2021 yakni pada tahun 2020 melaksanakan program “Workshop Guru Penggerak Merdeka Belajar dan Pembelajaran Jarak Jauh” dengan sistem paket dan tahun 2021 melaksanakan program “Workshop Pembuatan Laporan  PTK Daring bagi Kepala Sekolah dan Guru SD se-Gugus 02 Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik”; Program Pengimbasan Pemanfaatan Akun Belajar Kemdikbud Ristek; Pengimbasan Penguatan Implementasi AKM SD; dan Pengimbasan/Sosialiasasi Program Pembelajaran GTK Guru Belajar & Berbagi.
        Inti materi program kerja KKG gugus 02 Panceng adalah pengembangan diri, pengembangan karya tulis, perencanaan dan pembelajaran yang berorientasi pembelajaran bermakna dan bermafaat bagi siswa, dan penilaian hasil belajar yang sesuai tuntutan masa kini atau penilaian belajar berbasis AKM.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.