Mimbidik Peluang Ekspor - Analisis - www.indonesiana.id
x

upi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 April 2021

Minggu, 28 November 2021 16:54 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Mimbidik Peluang Ekspor

    Membidik pasar ekspor untuk produk lokal sangatlah potensial. Produk di Indonesia mempunyai keunikan dibandingkan dari berbagai negara. Keunikan produk di Indonesia mempunyai keunggulan kompetitif, mempunyai komoditas yang unik, misalnya kopi, rempah rempah untuk di jadikan produk herbal. Potensi produk di Indonesia yang untuk eksport sangatlah tinggi. Untuk merambah ekspansi ekspor memang membutuhkan usaha ekstra.

    Dibaca : 98 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Membidik pasar ekspor untuk produk lokal sangatlah potensial. Produk di Indonesia mempunyai keunikan dibandingkan dari berbagai negara. Keunikan  produk di  Indonesia mempunyai keunggulan kompetitif,  mempunyai komoditas yang unik, misalnya kopi, rempah rempah untuk di jadikan produk herbal.  Potensi produk di  Indonesia yang untuk eksport sangatlah tinggi. Untuk merambah ekspansi ekspor memang membutuhkan usaha ekstra. Namun  ketika produk  anda sudah bisa menembus pasar eksport  anada bisa mendapatkan keuntungan yang setimpal.

     

    Merambah bisnis ke pangsa ekspor ada hal yang perlu anda siapkan.  Yang paling fundamental yakni menyiapkan  produk anda terlebih dahlu ketika produk anda suadah benar-benar baik maka hal lainya bisa menyusul.  Produk yang berkualitas merupakan hal yang tidak bisa untuk dipugkri. Konsumen berani membeli  produk anda karena ada value  pada produk anda.

     

    Branding dengan cetak kemasan

    Untuk menguatkan produk anda yakni anda harus membangun branding untuk produk anda salah satunya menggunakan digital marketing. Adanya  Internet tentu saja membawa banyak perubahan pada  pada  semua lini kehidupan. Dengan Internet, tentunya manusia tidak lagi tahu batasannya. Kita dapat dengan mudah membangun komunikasi kepada orang-orang di negara lain, bahkan tidak sulit untuk menawarkan produk atau layanan kepada orang lain. Branding dengan cetak kemasan menarik merupakan salah satu branding produk anda. 

     

    Tetapi meskipun internet telah memecah pembatasan, bahkan masih banyak pengusaha di Indonesia yang bingung mengembangkan pasar bisnis mereka. Lebih banyak lagi jika Anda ingin mengekspor ke luar negeri. Bahkan, jika produk telah berhasil menyebar hampir di seluruh Indonesia, maka langkah selanjutnya adalah membuka pasar di luar negeri.

     

    Dengan membuka pasar di luar negeri, bisnis pasti dapat tumbuh dan tumbuh. Dan yang pasti adalah bahwa keuntungan dilipat. Tetapi pertanyaannya adalah, bagaimana Anda membuka keran ekspor melalui Internet?

     

    Inilah tipsnya:

     

    Memahami seluk beluk ekspor

    Jika Anda mengira Anda ingin membuka faucet pasar di luar negeri, maka segera cari tahu tentang seluk beluk ekspor. Ini adalah hal mendasar yang harus Anda pahami sehingga tidak ada hambatan di tengah jalan. Lupakan sejenak, 'pergi dulu'. Karena jika bisnis tidak disiapkan dengan hati-hati, maka jangan menyesal ketika berhenti di tengah jalan.

     

    Selain mengekspor masalah banyak wirausahawan Indonesia, terutama startup dibatasi dalam perizinan, model pembayaran, penawaran langsung karena bahasa dan sebagainya. Karena itu, pelajari dan pahami seluk beluk pendamping dengan baik.

     

    Menjadi anggota e-commerce dunia

    Untungnya saat ini ada banyak e-commerce yang bermunculan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Munculnya situs pasar seperti Alibaba, JD.com, dan Amazon adalah pintu pertama yang dapat digunakan untuk menembus pasar dunia. Jika Anda tidak memiliki situs web, itu tidak masalah, karena pasar ini adalah situs web altergo Anda.

     

    Menggunakan cetak Kemasan  yang bagus

    Pemggunaaan jasa cetak kemasan yang berkualitas turut membawa andil untuk menarik pangsa pasaran. Adanya  kemasan dengan desaian kemasan yang menarik membuat produk anda mudah di  kenali konsumen.

     

    Membidik pasar ekspor, Anda dapat menempatkan produk Anda dan menawarkannya ke semua pengunjung pasar. Dan jangan lupa untuk selalu menyelesaikan detail produk yang Anda tawarkan. Karena pembeli dari luar negeri akan lebih senang ketika Anda menemukan informasi lengkap dari produk yang mereka lihat. Karena jika tidak, maka mereka tidak akan mau menghubungi Anda, dengan menggunakan kemasan yang  bagus bisa  untuk meningkatkan minat terhadap produk anda.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.