x

Iklan

09_ERLINDA DEWANTI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Desember 2021

Jumat, 17 Desember 2021 12:58 WIB

Peran Mahasiswa dalam Menyongsong SDGs untuk Mempersiapkan Indonesia Maju


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

             SDG’s berisi tentang 17 tujuan dan 169 target yang merupakan rencana aksi global untuk jangka waktu 15 tahun kedepan yang berlaku sejak 2016.Dengan mengusung tema “Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan” diharapkan dapat mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan yang berlaku di seluruh negara termasuk negara maju tanpa terkecuali sehingga seluruh negara memiliki kewajiban moral untuk mencapai Tujuan dan Target SDGs.

            Berbeda dengan Millenium Development Goals (MDG’s) yang hanya memiliki 8 tujuan yaitu  1) Menangulangi kemiskinan dan kelaparan, 2) Mencapai pendidikan dasar secara universal, 3) Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, 4) Menurunkan angka kematian anak, 5) Meningkatkan kesehatan ibu, 6) Memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit menular lainnya, 7) Menjamin daya dukung lingkungan hidup, 8) Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.Suitable Development Goals (SDG’s) yang merupakan kelanjutan dan perluasan darinya dengan memiliki 17 tujuan dirancang dengan melibatkan seluruh sektor pembangunan, baik pemerintah, Civil Society Organization (CSO), sektor swasta, akademisi, dan sebagainya.Karena itu maka, kurang lebih sebanyak 8,5 juta suara warga di seluruh dunia juga berkontribusi terhadap Tujuan dan Target SDGs.

            17 tujuan yang ingin dicapai oleh masyarakat dunia, yaitu:

  1. Mengakhiri kemiskinan di manapun dan dalam bentuk apapun.
  2. Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik dan mendukung pertanian berkelanjutan.
  3. Memiliki kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi seluruh tingkatan usia.
  4. Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua.
  5. Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan serta anak perempuan.
  6. Memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi bagi semua.
  7. Memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan dan modern bagi semua.
  8. Mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua.
  9. Membangun infrastruktur yang tahan lama, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan dan membantu perkembangan inovasi.
  10. Mengurangi ketimpangan didalam dan antar negara.
  11. Membangun kota dan pemukiman inklusif, aman, tahan lama dan berkelanjutan.
  12. Memastikan pola konsumsi dan Produksi yang berkelanjutan.
  13. Mengambil aksi segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya.
  14. Mengkonservasi dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya laut, samudra dan maritim untuk pembangunan yang berkelanjutan.
  15. Melindungi, memulihkan dan mendukung penggunaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi desertifikasi (penggurunan), dan menghambat dan membalikkan degradasi tanah dan menghambat hilangnya keanekaragaman hayati.
  16. Mendukung masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi-institusi yang efektif, akuntabel dan inklusif di semua level.
  17. Menguatkan ukuran implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai mahasiswa, tentunya kita memiliki peran untuk dapat berpartisipasi dalam mensukseskan agenda SDG’s antara lain sesuai dengan point ke 4 dalam tujuan SDG’s kita dapat melakukan aksi nyata dengan turun langsung ke jalan membantu anak-anak yang kurang beruntung yang belum mendapatkan fasilitas pendidikan secara maksimal.Selain itu juga Langkah-langkah yang dapat dilakukan mahasiswa sebagai agen percepatan perwujudan SDGs diantaranya dapat dimulai dari memberi pemahaman mengenai tujuan SDGs kepada orang-orang di sekitarnya.

Dimulai dari lingkungan terkecil di kampus seperti kelas, kelompok belajar, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), maupun organisasi kepemudaan di lingkungan rumah seperti di Karang Taruna, remaja masjid dan lain-lain. Mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa sudah seharusnya turut bekerja sama dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan ini.

Mahasiswa diharapkan dapat ikut serta membangun Indonesia menjadi lebih baik dan menyejajarkan perkembangan pembangunan berkelanjutan Indonesia dengan negara lain, terutama negara-negara maju. Berbekal ilmu pengetahuan yang dimiliki dari bangku kuliah dengan berbagai latar belakang minat studi dan jurusan merupakan kekayaan ilmu pengetahuan yang dapat memperkuat dan mempermudah perwujudan SDGs.

Ikuti tulisan menarik 09_ERLINDA DEWANTI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB