Sebagai seorang guru, yang digugu dan ditiru, pasti banyaklah hal yang ditorehkan bagi pribadi para siswa ketika mengajar mereka. Mengajar bukan hanya transfer ilmu pada mereka. Mengajar bukan hanya tegur sapa dan memberikan penilaian pada tugas mereka. Mengajar harus memiliki arti yang lebih luas. Mengajar bagian dari mendidik, membina dan memberi bekal pada siswa. Langkah bijak jika merefleksikan jejak langkah mengajar dan mendidik siswa selama tahun 2021.
Melakukan Refleksi merupakan bagian dari komponen merdeka belajar selain komitmen terhadap tujuan dan menentukan pilihan cara . Sebagai seorang guru yang berilmu , harus siap menghadapi perubahan, Terapkan tujuan , tentukan cara pencapaian tujuan dan refleksikan hasilnya. Refleksi hasil pendidikan di tahun 2021 dan resolusi nya di tahun 2022 dapat diuraikan melalui konsep tujuan pendidikan berikut :
1. Jika tujuan pendidikan yang kita sampaikan ditahun 2021 masih pada tahap membekali siswa menghadapi ujian , maka resolusi di tahun 2022 diharapkan guru dapat membekali siswa untuk siap menjalani hidup. Tantangan kehidupan siswa didik semakin meningkat. Konsep merdeka belajar dapat dijadikan acuan dalam membimbing siswa menjadi pribadi yang mandiri dalam ketahan malangan.
2. Jika tujuan pendidikan tahun 2021 masih berfokus pada pencapaian nilai berupa angka angka maka di tahun 2022 resolusikan untuk fokuskan pada peningkatan kompetensi siswa . Kompetensi merupakan kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan atau sesuatu dengan dilandasi pengetahuan, ketrampilan dan sikap. hal ini sesuai dengan penilaian peda kurikulum 13 yang menerapkan segi penilaian tidak hanya pada aspek pengetahuan , namun juga ketrampilan dan sikap. Maka,penilaian tidak hanya sekedar angka angka .
3. Ujian bermakna diharapkan dapat diterapkan di tahun 2022 bukan hanya ujian standar seperti yang telah berjalan di tahun tahun lalu. Bermakna berarti ujian yang bukan hanya mengejar nilai kelulusan tapi juga memberi pengalaman bagi kehidupan siswa.
4. Gerakan literasi numerasi yang digencarkan sekarang ini berupaya meningkatkan nalar para siswa melalui bacaan . Materi pelajaran bukan hanya untuk dihafal lalu tumpah pada saat ujian dan tak bersisa, namun harus membekas melalui penalaran yang bisa dikembangkan . Pola pembiasaan melakukan literasi dapat dilakukan setiap hari dengan berbagai media dan metode yang menarik, hingga siswa dapat menarik kesimpulan dengan nalar dan logika berfikir.
5. Menurut Ki hajar Dewantara:
“ Merdeka tidak hanya terlepas dari perintah, akan tetapi juga cakap kuat memerintah diri sendiri”
Anak anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya, pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu .
Jadi , latihlah siswa untuk berjiwa mandiri menjalani proses belajarnya sendiri sesuai konsep merdeka belajar, libatkan siswa dalam pencapaian tujuan, penilaian dan mencari cara belajar yang disukai
Refleksi dilakukan untuk dapat melakukan perbaikan dan pengembangan diri sebagai resolusi bagi guru di tahun depan. Refleksi yang dapat dilakukan untuk pengembangan diri di masa depan melalui 4 kunci yaitu :
Kemerdekaan
Merdeka belajar bukan hanya bagi siswa, namun juga bagi guru. Merdekakan diri untuk melakukan refleksi diri secara berkala. Mintalah rekan guru untuk memberikan penilaian terhadap cara kerja kita sebagai aspek refleksi dari pihak ekstern dan gunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan. Buatlah target pencapaian untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam bekerja, agar tidak selalu di posisi nyaman.
Kompetensi
Kenali diri sendiri, fahami kompetensi diri yang butuh untuk dikembangkan , cari tahu bagaimana cara mengembangkan kompetensi. Pemerintah dan berbagai lembaga pendidikan banyak memberi kesempatan pada guru untuk melakukan pengembangan kompetensi dengan menawarkan banyak even pelatihan, seminar, workshop maupun diklat. Buatlah rekam jejak setiap langkah pengembangan kompetensi yang telah dijalani dan buktikan adanya perkembangan setelah mengikuti kegiatan.
Kolaborasi
Bekerja membutuhkan kerjasama. Berbagi langkah yang bijaksana. Buatlah praktik baik terhadap usaha yang telah dilakukan dan membuahkan peningkatan hasil lalu bagikan pengalaman baik tersebit pada rekan guru. Alangkah baiknya jika bertemu da bekerja sama dengan teman yang memiliki minat dan potensi yang sama, sehingga dapat saling mendukung dan melengkapi. Susun bersama proyek pengembangan diri secara kolaborasi dan berinisiatif dalam kegiatan tersebut.
Karier
Masa depan sulit di terka, hal apa yang akan terjadi minggu depan, gambaran apa yang akan terjadi di bulan depan, tahun depan ,5 tahun yang akan datang masihlah buram. Namun memiliki cita cita dan harapan dalam berkarier tak ada salahnya. Guru pun bisa memiliki beragam minat untuk menemukan karier yang tepat dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Minat yang dimiliki upayakan menghasilkan karya sebagai perwujudan karier.
4 kunci pengembangan diri diri di atas untuk membentuk Personal Branding Yaitu proses pembentukan persepsi masyarakat atau publik terhadap aspek yang dimiliki seseorang. Aspek ini meliputi : Kepribadian, kemampuan, , nilai serta persepsi positif yang ditimbulkan atau terdapat pada individu seseorang. Jika dalam suatu sekolah, banyak guru yang memiliki personal branding unggul , maka akan meningkatkan school branding atau pencitraan sekolah, School branding merupakan upaya agar sekolah dikenal, diingat dan memiliki penilaian tersendiri.
Mari kita sambut tahun 2022 dengan Resolusi yang mampu kita laksanakan. Berawal dari hal kecil, mulai dari dairi sendirii dan mulai dari sekarang. Tak ada yang tak mungki selama hayat diikandung badan.
Bekasi, 31 Desember 2021
00.44
Ikuti tulisan menarik Helwiyah ewi lainnya di sini.