Nikmatnya Sensasi Pedas Gurih dari Sambal Roa - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Mariana Tasya Siana Yakobus

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Januari 2022

Rabu, 5 Januari 2022 07:11 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Nikmatnya Sensasi Pedas Gurih dari Sambal Roa

    Artikel ini memuat informasi mengenai sambal roa yang menjadi ciri khas dari Salah satu daerah yang ada di indonesia mula dari asal usul sambal roa, cara pembuatan sambal ikan roa. sambal ikan roa tidak hanya dinikmati sebagai colocan melainkan dapat dijadikan sebagai pengganti lauk

    Dibaca : 489 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Indonesia memiliki berbagai macam keragaman budaya. Ragam budaya yang ada di Indonesia di cerminkan dari banyaknya makanan khas yang ada di berbagai daerah. Kuliner menjadi hal yang paling diminati banyak orang. Kuliner yang paling diminati di Indonesia adalah sambal, karena banyak orang yang menyukai makanan pedas.

    Sambal juga memiliki beberapa macam jenis dengan berbagai rasa yang berbeda-beda dari berbagai daerah, contohnya seperti sambal hijau, sambal matah, sambal roa, sambal terasi, dan lain sebagainya. Ciri khas dari sambal yaitu sensasi pedas nya, cabai menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan sambal.

    Salah satu sambal yang cukup dikenal dan diminati banyak orang adalah sambal roa, sambal roa memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Sambal roa adalah salah satu sambal khas yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal ini dibuat dengan campuran ikan roa, ikan laut yang hanya ada di perairan Sulawesi dan Maluku.

    Cara pembuatan sambal ikan roa cukup kompleks. Mulanya ikan roa yang sudah melalui tahap pembersihan di jepit berjejer kemudian dikeringkan di tempat pengasapan hingga tidak ada tetesan air dan benar benar kering setelah itu. Setelah melalui proses pengeringan ikan roa ini akan diasap  selama tiga hari, setelah tiga hari ikan roa siap untuk dikonsumsi dan diolah menjadi bentuk makanan lain dan dijual. Untuk membuat sambal, ikan roa harus dihancurkan terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan cabai, bawang putih, dan campuran bahan lainnya. 

    Sekarang sambal roa tidak hanya dijual di Sulawesi Utara atau Manado saja, tetapi juga sudah dijual di beberapa kota atau daerah. Harga jual sambal roa di Manado dan di beberapa daerah cukup beda karena adanya biaya tambahan untuk pengiriman.

    Sambal roa ini juga bisa dibuat sendiri di rumah karena cara pembuatannya mudah. Adapun cara penyajian sambal roa di kota Manado biasanya dimakan dengan bubur Manado. Bisa juga disajikan dengan nasi panas.

    Sambal roa ini bisa dijadikan sebagai pengganti lauk. Sambal roa ini tidak dianjurkan dimakan oleh anak-anak atau orang yang tidak bisa makan yang pedas, karena hampir 70% sambal roa menggunakan cabai yang sangat banyak. Sambal roa bisa bertahan 6 bulan jika di suhu ruangan yang kurang dingin, tetapi jika dimasukan kedalam kulkas sambal roa bisa bertahan hingga 1 tahun lebih .



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.