New Zealand, antara Pendidikan Terbaik dan Tempat Wisata Terindah - Hiburan - www.indonesiana.id
x

sumber : Sisca Tristanti

sisca tristanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Desember 2021

Minggu, 9 Januari 2022 08:55 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • New Zealand, antara Pendidikan Terbaik dan Tempat Wisata Terindah

    New Zealand adalah sebuah negara anggota persemakmuran Inggris, yang terletak di sebelah tenggara Benua Australia dan terdiri atas dua pulau besar, Pulau Utara (North Island) dan Pulau Selatan (South Island).

    Dibaca : 475 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Palmerston North merupakan sebuah kota utama dari distrik Manawatu-Wanganui di Pulau Utara. Dari Wellington ibukota New Zealand, kita cukup menempuh perjalanan darat dua jam lamanya. Perjalanan yang tidak akan terasa melelahkan, karena kita dapat melihat pemandangan-pemandangan menakjubkan di kiri dan kanan jalan. Melewati pinggir pantai yang bersih dan sangat indah dengan udara yang menyegarkan.

    Pada musim semi, udara di Palmerston North tetaplah terasa dingin untuk kita orang Indonesia yang terbiasa dengan iklim tropis. Tapi hal ini tidaklah menjadi penghalang untuk kita menyusuri kota dengan berjalan kaki, cukup kenakan jaket tebal dan sepatu kets, perjalananpun akan terasa menyenangkan. Penduduk setempat termasuk para pendatang yang tinggal di sini, lebih suka berjalan kaki jika melakukan perjalanan jarak dekat daripada menggunakan kendaraan pribadi mereka. Hal ini tentu berakibat baik utk udara di daerah ini, berkurangnya penggunaan kendaraan berbahan bakar berarti mengurangi polusi udara. Tak heran udara disini sangat sejuk dan jauh dari kata tercemar, Selain karena letak geografisnya, tentu saja hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakatnya.

    Sebagai Negara dengan mayoritasnya penduduk non muslim, tentu tidaklah mudah menemukan makanan halal di daerah ini, bahkan restoran cepat saji di sini, juga menyediakan makanan non halal dan tertera jelas di daftar menu mereka. Tapi para pramusaji di sini bersedia menjelaskan secara detail kepada pelanggan muslim mereka tentang menu apa saja yang halal di restoran cepat saji tersebut dan mengingatkan kita jika kita salah memilih menu. Tidak mudah menemukan makanan halal, bukan berarti tidak ada, pemerintah New Zealand sangat memperhatikan kenyamanan bagi wisatawan yang datang ke negara ini termasuk wisatawan muslim dan sekarang telah dikeluarkan Panduan  Sajian Halal Selandia Baru yang berisi daftar restoran dan kafe di New Zealand yang telah dilengkapi sertifikat HALAL. Namun bagi kita yang baru sampai di sana dan tak sempat mencari tahu tentang panduan tersebut, menu fish and chip yang tersedia disemua mall disana adalah pilihan terbaik.

    Bagi beberapa orang Indonesia, datang ke museum mungkin bukanlah pilihan liburan yang menarik, tapi di Palmerston North anda akan menepis hal tersebut. Ada banyak pilihan museum di sini, New Zealand Rugby Museum; Te Manawa Museum of Art, Science & Heritage ; The Medical Museum Palmerston North; dan Zimmerman Art Gallery, yang semuanya dikemas dengan tampilan menarik dan menyenangkan sehingga masyarakat suka datang ke museum. Salah satu hal yang membuat kagum adalah pemerintah sangat menghargai sejarah, hingga detail terkecil dan semuanya tersimpan rapi di museum sebagai pengingat generasi ke generasi tentang sejarah negara mereka.

    Singkat cerita, New Zealand khususnya Palmerston North adalah daerah dengan keindahan alam yang luar biasa, laut yang indah, pantai yang bersih, udara yang segar, destinasi wisata yang terawat dengan baik, peternakan dan perkebunan yang di subsidi pemerintah setempat sehingga menghasilkan produk-produk berkualitas, juga pemandangan alam yang indah lainnya : pegunungan, perbukitan yang dipenuhi rerumputan dengan sapi dan domba disekitarnya, juga gunung yang ditutupi es dimusim dingin, semunya menjadi destinasi wisata yang sangat sayang jika kita lewatkan.

    Selain wisata alam pemberian Tuhan yang berhasil mereka jaga dengan baik, di New Zealand kita juga bisa mengunjungi beberapa wisata buatan yang awalnya tercipta sebagai properti film terkenal The Lord Of The Ring dan The Hobbit. Rumah-rumah kaum hobbit yang indah, jembatan-jembatan unik yang dibangun diantara lembah dan gerbang yang sangat besar yang dalam film tersebut dijadikan sebagai gerbang kerajaan ‘The Eye’, saat ini dijadikan objek wisata buatan oleh pemerintah setempat. Wisata buatan ini adalah objek foto yang sangat indah dan instagramable untuk para pencinta fotografi.

    Bukan hanya wisata alam yang indah, New Zealand juga merupakan salah satu Negara dengan tingkat pendidikan yang sangat baik dan menyediakan beasiswa bagi warga negara asing yang ingin menempuh pendidikan di Universitas-universitas terkenal disana. Massey University sebuah Universitas Besar yang termasuk ke 300 kampus terbaik di dunia versi QS World University Rangkings 2019 adalah Universitas yang tersebar di 3 Kota besar di New Zealand, Palmerston North, Wellington dan Albany.

    Dengan berbagai hal menarik yang ada di New Zealand, masyarakat tradisional yang unik, pemandangan alam yang luar biasa, udara yang jauh dari kata tercemar hingga tingkat pendidikan yang sangat baik, maka tak ada salahnya jika New Zealanda masuk kedalam daftar negara yang wajib kita kunjungi.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.