Peran Penting Media Sosial dalam Pembelajaran di Masa Pandemi - Analisis - www.indonesiana.id
x

Nadya Angelica

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Januari 2022

Kamis, 13 Januari 2022 06:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Peran Penting Media Sosial dalam Pembelajaran di Masa Pandemi

    Pentingnya Media Sosial

    Dibaca : 222 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan berbagi macam hal. Media sosal ini digunakan untuk kebutuhan berkomunikasi jarak jauh, proses berinteraksi dengan satu media ke media lain. Tujuan dari media sosial ini yaitu sebagai sarana berkomunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.Seperti pada masa pandemi saat ini, media sosial sangat banyak dibutuhkan dan digunakan oleh semua orang yang ada di duania saat ini, khususnya bagi para pelajar, pembisnis, dan yang lain sebagainya. Pada pembahsan kali ini saya akan memfokuskan kepada “Manfaat Media Sosial Selama Pembelajaran Daring”.

    Pandemi Covid-19 menyebar sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini, penyakit ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh jenis CoronaVairus yang baru ditemukan. Pandemi Covid ini mulai masuk ke Indonesia pada sekita bulan Maret 2020, mulai dari sinilah semua aktivitas kegiatan pemeblajaran disekolah mulai dihentikan  dan ditutup. Pada saat ini media sosial menjadi peran utama dan bepran penting bagi semua pelajar, mahasiswa, guru dan dosen sekalipun. Karena disinilah semua aktivitas kegiatan dapat dilakukan tanpa bertatap muka demi mencegah penyebaran Covid-19, seperti berinterksi, berkomunikasi, berbagi pelajaran dan lainnya. Dengan media sosial ini guru atau dosen  mengajak siswa maupun mahasiswa berinteraksi dengan cara memanfaatkan media sosial atau aplikasi perpesanan untuk memberikan materi pembelajaran seperti yang kita semua lakukan saat ini  dengan menggunakan whatsapp, google classroom, zoom, google form dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk mendukung pembelajaran. Disini mesia sosial dapat membantu mengidentifikasi konten tambahan untuk memperkuat atau memperluas materi pembelajaran, misalnya melalui Youtube untuk membentu menyediakan video bagi pelajar secara audi visual ketika dibutuhkan untuk memperjelas materi pembelajaran, dapat digunakan untuk mengevaluasi  pembelajaran seperti google formulir dan quiz.

    Perlu kita sadari bahwa kesiapan pendidik dan siswa maupun mahasiswa di dalam berlangsungnya proses pembelajaran daring menjadi tolak ukur keberhasilan pada proses penyampaian dan penyerapan materi pembelajan yang ideal, mengingat perpindahan sistem belajar mengajar dari tatap muka menjadi pembelajran daring yang sangat mendadak beriringan dengan meraknya Covid-19 menuntut setiap lapisan pelajar untuk lebih mengenal penggunaan media sosial. Jadi dengan adanya media sosial yang sekarang berkembang sangat pesat, mampu digunakan untuk menjadi penunjang didalam terselenggaranya proses belajar mengajar secara jarak jauh. Karena media sosial memiliki peranan yang mampu menjadikan proses belajar menjadi efektif dan mampu tetap berjalan dengan baik di masa pandemi saat ini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.