Pentingnya Peran Universitas dalam Membangun Jiwa Kewirausahaan - Analisis - www.indonesiana.id
x

ilustr: Wikimedia Commons

Tarra Indra Buana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Rabu, 26 Januari 2022 14:59 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Pentingnya Peran Universitas dalam Membangun Jiwa Kewirausahaan

    Artikel ini ditulis secara berkelompok oleh: KELOMPOK 2 1. SITI HAFIFAH - 21118018 2. NADIA SAPUTRI - 21118017 3. RULLIANSYAH SUGIANTO - 21107015 4. FAJAR ARIYA PUTRA - 21107006 5. MUHAMMAD ZHILLAN ZHALILA - 21107011 6. ENDANG MUSTIKA PUTRI - 21106003 7. RIZKI HARDIANSYAH - 21105013 8. NABILA PUTRI AHMAD - 21104004 9. HERNITA SARI - 21104006 10. TARRA INDRA BUANA - 21105008

    Dibaca : 269 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pada tahun 2045 yang akan datang, indonesia akan mencapai masa keemasan atau Bonus Demografi, artinya penduduk yang berusia produktif (15-64 tahun) berjumlah lebih banyak di banding penduduk yang berusia tidak produktif. Bonus demografi ini bisa berdampak baik bagi  bangsa Indonesia bahkan bisa berdampak buruk, dampak tersebut tergantung pada penduduk yang berusia produktif, jika penduduk berusia produktif lebih berkualitas, Indonesia memiliki kesempatan dan peluang untuk mengubah tingkat perekonomian negara, dan mencapai masa keemasan tersebut. lalu, bagaimana cara menghasilkan penduduk yang berkualitas?

     

    Peran Universitas dalam membuat SDM Berkualitas


    Peran Universitas sangatlah penting dalam hal membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing guna mencapai kebutuhan perekonomian, dalam hal ini Universitas Trilogi sebagai kampus terakreditasi B mempunyai 3 pilar utama yaitu Teknososiopreneur, Kolaborasi, dan Kemandirian, dengan tujuan membentuk atau membuat sumber daya manusia diusia produktif lebih peduli terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

    Dalam pilar Teknososiopreneur (Kewirausahaan berbasis Teknologi) kita belajar tentang bagaimana caranya berbisnis dengan memanfaatkan teknologi-teknologi di era digital seperti sekarang ini.

    Pada pilar Kolaborasi kita akan belajar tentang kemampuan bekerjasama antar individu ataupun lintas bidang ilmu, dan mengelola teamwork yang solid,kuat, dan dinamis (super team), serta membangun jejaring yg luas.

    Maupun dalam pilar Kemandirian kita juga belajar untuk mengurangi ketergantungan dalam diri sehingga kita terus menggali kemampuan hingga memiliki kreatifitas serta adaptif, yang mampu membangun potensi diri kita untuk kesetaraan.

    Dengan memanfaatkan 3 pilar tersebut, Universitas Trilogi berupaya menciptakan mahasiswa yang unggul, berkualitas, dan berdaya saing, Universitas Trilogi mempunyai sebuah wadah untuk para Mahasiswa menciptakan ide bisnis yang berbasis teknologi, yaitu INBISTRO (inkubator bisnis trilogi), dengan adanya INBISTRO ini, mahasiswa bisa bereksplor di dunia bisnis. Inbistro menampung pengembangan, riset, serta ide dari para mahasiswa dalam menciptakan produk serta mengoptimalkan sumber daya manusia untuk masa depan. Dengan cara inilah kita bisa memanfaatkan semua aspek, guna menciptakan masyarakat yang berkualitas.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.