x

Buku Santri-Pesantren Indonesia ; Siaga Jiwa Raga Menuju Indonesia Emas 2045

Iklan

Muhammad Arief Albani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 17:45 WIB

Urip [na] Mung Mampir Ngumbe

Review Buku Santri-Pesantren Indonesia Judul Buku :Santri-Pesantren Indonesia Siaga Jiwa Raga Menuju Indonesia Emas 2045 Penulis :Muhammad Arief Albani Tebal Halaman :xxiv + 132 Halaman Ukuran Buku :14,8 x 21 cm Penerbit Zahira Media Publisher.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Urip (na)mung Mampir Ngombe

(Review Buku Santri-Pesantren Indonesia)*

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh : Ki Lutfi Caritagama**

 

Membaca bagian awal dari buku ini saya merasa tersindir sekaligus senang. Betapa tidak, sebagai seorang anak negeri (sekolah dari SD sampai perguruan tinggi di negeri semua) dan belum pernah mondok di pesantren. Namun aktifitas mengaji setidaknya Al-Quran ditanamkan kuat oleh orang tua yang bukan kyai di pesantren. Namun kekaguman akan dunia pesantren dengan segala seluk-beluknya merasuk dalam sanubari. Sehingga istilah Santri Tabaruk menjadi sindiran dan sekaligus penyejuk jiwa saya.

Sebagai lulusan Sastra Nusantara Fakultas Ilmu Budaya UGM dan Interdisiplinary Islamic Studies konsentrasi Islam Nusantara UIN Sunan Kalijaga maka tidak asing dengan pesantren. Dunia Pendidikan klasik yang masih bertahan sampai sekarang. Maka menyelami buku tulisan Muhammad Arief AlBani, Santri-Pesantren Indonesia, Siaga Jiwa Raga Menuju Indonesia Emas 2045 seakan menyelami sejarah pesantren awal sampai modern dengan segala dinamikanya. Ada satu kesimpulan yang bisa saya rangkum, yaitu meneguhkan Urip (na)mung Mampir Ngombe.

Ungkapan dalam bahasa Jawa ini sebagai perumpamaan yang penuh dengan makna. Memang secara umum atau setidaknya yang sering kita dengar adalah bermakna hidup yang hanya sementara. Namun dengan membaca buku ini serta dikaitkan dengan misi hidup seorang Muslim di dunia sebagai khalifah, yaitu adanya kewajiban menuntut ilmu. Maka ungkapan ini sangat dalam dan berarti jika dikaitkan dengan pesantren.

Urip berarti hidup, (na)mung itu berarti ora ana liyane/ mligi tidak ada lainnya, hanya itu/ khusus itu. Maka hidup itu hanya menunaikan kewajiban tidak ada yang lain, kewajibannya seorang Muslim dan Muslimatun  adalah “minum” dalam pengertian yang dalam, yaitu adalah menuntut ilmu. Maka yang perlu diperhatikan adalah mencari tempat minum/ tempat dimana ada kajian, yaitu di pesantren. Maka dengan minum tidak akan kehausan sehingga bisa menjalankan aktivitas keseharian dengan lebih baik, tidak dehidrasi dan sebagainya. Begitu juga dengan mengaji, hidup akan terang benderang dan melihat permasalahan yang baik dan buruk itu lebih komprehensif atau lebih mudah. Sebagaimana elang melihat obyek mangsanya dari atas, sangat jelas terlihat.

Oleh karena itu tidak heran capaian Pendidikan di pesantren dalam sejarahnya bisa membedakan mana penjajah dan mana yang bukan. Harapannya peantren sekarang juga demikian, dapat melihat sesuatu obyek dengan lebih luas. Pemikiran mana yang baik (sesuai dengan cara pandang Islam) dan pemikiran mana yang buruk (cara pandang selain Islam). Baik dan buruk itu takarannya adalah Syariah Islam. Sehingga pemahaman saya terkait “minum” mempunyai pemahaman yang berbeda. Bahwa sebenarnya urip atau hidup itu adalah ngaji “minum”, Tempat minumnya adalah pesantren supaya sehat jiwa raga. Matur nuwun[]

 

*     Judul Buku       :    Santri-Pesantren Indonesia

                                    Siaga Jiwa Raga Menuju Indonesia Emas 2045

       Penulis              :    Muhammad Arief Albani

       Tebal Halaman  :    xxiv + 132 Halaman

       Ukuran Buku     :    14,8 x 21 cm

       Penerbit Zahira Media Publisher.

 

**    Lutfianto,SS.MA/ Ki Lutfi Caritagama

       Guru Bahasa Jawa SMAN1 Pajangan Bantul Yogyakarta

       Creator Wayang Kekayon Khalifah

 

Ikuti tulisan menarik Muhammad Arief Albani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu