Komunikasi Merupakan Sarana Penting untuk Bernegosiasi

Sabtu, 29 Januari 2022 06:28 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur atas rahmat Allah SWT, berkat rahmat serta karunia-Nya sehingga artikel dengan berjudul " Komunikasi dan Negosiasi" dapat selesai. Artikel ini dibuat dengan tujuan memenuhi tugas akhir semester 1 dari Ibu Winda Amelia, S.Pd., M.Pd. pada bidang studi Citra Diri & Pribadi. Selain itu, penyusunan artikel ini bertujuan menambah wawasan kepada pembaca tentang Komunikasi dan Negosiasi yang baik dan benar. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Winda Amelia, S.Pd., M.Pd. selaku guru mata pelajaran Citra Diri & Pribadi. Berkat tugas yang diberikan ini, dapat menambah wawasan penulis berkaitan dengan topik. Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya atas kerjasama kelompok kami dalam membuat artikel ini Kami menyadari bahwa dalam penyusunan dan penulisan masih melakukan banyak kesalahan. Oleh karena itu kami memohon maaf atas kesalahan dan ketaksempurnaan yang pembaca temukan dalam artikel ini. Penulis juga mengharap adanya kritik serta saran dari pembaca apabila menemukan kesalahan dalam makalah ini.

Komunikasi dan Negosiasi

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

  Komunikasi memainkan peran penting dalam negosiasi. Apa itu negosiasi?

Negosiasi tidak lain adalah diskusi di antara individu-individu untuk mencapai alternatif yang akan memuaskan semua. Bagaimana sebuah diskusi yang efektif mungkin? Hanya melalui komunikasi.

Komunikasi yang efektif berbanding lurus dengan negosiasi yang efektif. Semakin baik komunikasi, berdiskusi bukan berarti berkelahi dan berteriak, melainkan sekedar bertukar pikiran, pikiran dan pendapat satu sama lain. Seseorang perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk diskusi yang sehat dan efektif. 

Komunikasi adalah seni, seseorang harus menguasainya untuk unggul dalam semua jenis negosiasi. Orang lain tidak akan pernah tahu tentang pemikiran atau ide Anda kecuali sampai Anda membagikannya dengan mereka. Seseorang tidak dapat melihat materi abu-abu Anda. Banyak tergantung pada bagaimana Anda berbicara.

Seseorang harus sangat bijaksana mengubah pikirannya menjadi pidato dengan hati-hati memilih kata-kata yang relevan. Hati-hati dengan kata-katamu. Seseorang seharusnya tidak pernah menggunakan kalimat yang menghina atau kata-kata unggas dalam pidatonya. Pahami kekuatan bicara. Cara Anda mempresentasikan pemikiran Anda sangat penting. Jangan berbicara hanya untuk kepentingan itu. Pikiran serampangan dan ide-ide abstrak hanya menyebabkan kebingungan. Seseorang harus berbicara dengan jelas apa yang dia harapkan dari orang lain. Jangan makan kata-kata Anda dan mencoba membingungkan orang lain. Pikiran dan ide Anda harus diungkapkan dengan jelas agar orang lain dapat memahaminya dengan baik. Jadilah tajam dan tepat dalam pidato Anda .

Doni merupakan teman satu perjuangan dan satu angkatan di Universitas Trilogi ,Doni merupakan mahasiswa dari fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Trilogi,pada waktu itu Doni ingin menanyakan salah satu tugas mata kuliah Citra Diri dan Pribadi kepada dosen melalui media chat Whatsapp dengan narasi pesan “Asalamuallaikum selamat pagi bu ,saya Doni dari jurusan manajemen ingin bertanya mengenai tugas yang ibu berikan kemarin bisakah waktu untuk pengumpulanya di tambah.”kutipan chat Doni tersebut tidak mendapatkan respon yang baik oleh dosen.

 

 Apakah kesalahan Doni ?

  

  Doni ingin bertanya dan bernegosiasi kepada dosen mengenai waktu pengumpulan tugas tetapi kesalahan Doni adalah dalam cara doni berkomunikasi dan bernegosiasi kurang baik atau tidak efektif sehingga dalam hal ini pesan yang di sampaikan Doni tidak membuahkan hasil yang kurang baik dan negosiasi pun tidak berhasil.Seharusnya narasi pesan yang benar adalah ”Asalamuallaikum selamat pagi ibu, mohon maaf jika menggangu waktu ibu,nama saya Doni dari jurusan manajemen ingin bertanya mengenai tugas yang ibu berikan pada hari jumat,mohon maaf ibu bisakah waktu untuk pengumpulan tugas di tambah,Terimaksih ibu.”Dalam komunikasi yang efektif dan benar kemungkinan dapat membuahkan hasil yang susai harapan.

Komunikasi yang efektif juga penting dalam negosiasi gaji . Ekspresikan ekspektasi gaji Anda dengan jelas di depan perekrut. Jika Anda ingin gaji Anda lebih dari yang dia kutip, sebutkan dengan sangat jelas tetapi sopan. Cobalah tingkat terbaik Anda untuk meyakinkan perekrut mengapa Anda membutuhkan kenaikan gaji dan mungkin bagaimana Anda akan membenarkannya begitu Anda bergabung dengan organisasi. Tidak ada yang perlu ditakuti; bahkan organisasi membutuhkan orang-orang berbakat seperti Anda. Belajarlah untuk sedikit bijaksana. Gaya Anda, aksen Anda, pengucapan Anda juga penting. Berikan penekanan pada kata-kata yang menurut Anda penting. Jika Anda tidak puas dengan tawaran itu, lebih baik menolaknya tetapi dengan cara yang sangat sopan. Ingat kita semua berasal dari keluarga yang baik dan harus berperilaku seperti orang terpelajar dan berbudaya.

Sebuah komunikasi yang efektif adalah sangat penting dalam kesepakatan bisnis juga . Syarat dan ketentuan harus disebutkan dengan jelas untuk transparansi yang lebih baik dan jangan mencoba menyembunyikan apa pun dari pihak kedua. Itu selalu lebih baik untuk bergantung pada mode komunikasi tertulis seperti email, surat, dokumen atau perjanjian untuk keandalan yang lebih baik. Gunakan terminologi perusahaan, jargon profesional dan jangan pernah menggunakan pernyataan yang tidak relevan dalam pidato Anda. Itu dinilai sangat tidak profesional.

Seseorang juga harus sangat berhati-hati dengan nada dan nada suaranya. Selalu ingat pertempuran bisa dimenangkan hanya dengan bersikap sopan dan sopan. Jangan bersikap kasar dan kasar pada orang lain. Bicaralah dengan perlahan dan meyakinkan dengan nada yang dapat didengar oleh semua orang. Jangan berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Orang lain harus memahami ucapan Anda. Jangan pernah keras atau berteriak pada siapa pun. Tidak etis untuk berbicara buruk atau menghina siapa pun hanya untuk sebuah kesepakatan. Hubungan lebih penting dan harus dihargai.

Komunikasi non verbal juga memainkan peran penting dalam negosiasi yang efektif . Ekspresi wajah kita, gerakan tangan, postur sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

Silakan lihat contoh di bawah ini untuk kejelasan yang lebih baik:

Jika Anda menemukan seseorang yang gugup, berkeringat tidak perlu dan mengutak-atik hal-hal di sekitar, apakah Anda akan menghibur orang seperti itu?

Jelas Tidak.

  Hal yang sama juga terjadi pada pihak lain. Jika mereka mengetahui bahwa Anda gugup, mereka pasti akan mencoba untuk duduk di kepala Anda dan kesepakatan tidak akan pernah menguntungkan Anda. Jangan mengungkapkan ketidakberdayaan Anda kepada siapa pun. Anda mungkin sangat membutuhkan pekerjaan itu tetapi jangan biarkan orang lain mengetahuinya. Sangat percaya diri dan tunjukkan sikap positif. Setiap kali Anda akan bernegosiasi, jangan lupa untuk membawa senyum Anda. Tunjukkan senyum jutaan dolar Anda tetapi jangan tertawa yang tidak perlu atau membuat lelucon konyol di antaranya. Saling memberi salam dan pujian untuk mencairkan suasana. Duduk tegak, jangan bersandar di kursi dan lakukan kontak mata dengan orang yang duduk di seberang meja. Ini menunjukkan kepercayaan diri Anda dan kemauan yang kuat. Jangan bermain-main dengan barang-barang yang disimpan di atas meja. Berkonsentrasilah pada negosiasi dan jangan melihat kesana kemari.

Negosiasi bukanlah ilmu roket. Anda hanya harus sangat jelas tentang harapan dan minat Anda; mengungkapkan hal yang sama dengan jelas, meyakinkan pihak lain dan sampai pada sesuatu yang dapat diterima oleh keduanya. Jangan berbicara apa pun yang dapat menyakiti orang lain. Bersikap sangat sopan dalam pidato Anda, libatkan semua orang dalam diskusi dan putuskan untuk mendukung semua peserta untuk negosiasi yang efektif.

 

#universitastrilogi

#teknososiopreuner

#insanunggulinovasi

#manajemen

#citradiridanpribadiprofesional

#komunikasidannegosiasi

Bagikan Artikel Ini
img-content
Nurhalimah

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua