x

Iklan

Laely Safaroh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2022

Senin, 21 Februari 2022 10:18 WIB

Ekonomi Aktif Menuju Generasi yang Aktif

Ekonomi aktif merupakan wadah bagi generasi muda untuk mengaktifkan jiwa berbisnisnya maupun marketingnya,karena di era globalasisasi saat ini generasi muda harus sadar akan kariernya untuk bekal masa depan yang cerah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat ini generasi muda banyak diperbincangkan mulai dari aspek pendidikan, sosial, budaya, moral, mental,dan teknologi. Banyak perbincangan masuk mulai dari yang negatif hingga positif. Ada yang melontarkan pernyataan bahwa generasi muda diasumsikan sebagai kaum yang malas dan narsis. Tentu menjadi persoalan jika ini terjadi pada sebagian atau hampir seluruh generasi muda, pasti akan selalu ada saja karena kita tidak dapat pungkiri semua di dunia ini pasti ada benar dan salahnya.

Tetapi kita mencoba untuk mencari solusi dan berbagi dengan anak muda khususnya, agar keberadaan kita di dunia ini menjadi kebermanfaatan untuk yang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk yang lain. Karena sesungguhnya ketika kita berbuat baik kepada orang lain, manfaatnya akan kembali kepada kita. Lakukanlah apa yang bisa kita lakukan, apapun peran itu selama untuk kebaikan yang mudah-mudahan akan membawa kepada perubahan yang lebih baik untuk umat dan bangsa.

Ketika generasi muda sudah mulai kritis, mulai peka terhadap suatu permasalahan, sudah merasakan keresahan ketika ada sesuatu yang salah. Kemudian generasi muda memilih untuk melakukan aksi nyata melawan kebatilan tersebut, maka di sanalah awal mula perubahan untuk sebuah peradaban yang gemilang. Pada umumnya seperti yang disebutkan di awal banyak yang memaparkan bagaimana ciri atau karakteristik generasi muda, ada yang memandangnya dari sisi negatif namun juga tidak sedikit yang memandangnya dari sisi positif. Produktif, aktif di media sosial, mudah berbagi, semangat yang sedang menggebu-gebu, kritis, praktis merupakan sebagian kecil ciri atau karakteristik dari generasi muda. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun sangat disayangkan ketika mendengar atau melihat generasi muda banyak yang menyimpang dan tidak seperti yang diharapkan sebagai pembawa perubahan bangsa ini umumnya. Dan tentu hal ini menjadi hal yang perlu diperhatikan bersama dan ditangani dengan cara yang mereka butuhkan, salah satunya dalam bidang ekonomi

Seperti yang telah dilakukan pemerintah dengan upaya menggerakkan ekonomi kreatif sebagai wadah berkarya dengan tujuan generasi muda mampu mengahadapi era revolusi 4.0 yang mana saat ini sudah kita rasakan bersama. Diharapkan bisa memanfaatkan ekonomi kreatif sebagai wadah pengembangan diri untuk berkarya, selain akan membawa perubahan yang lebih baik untuk dirinya sendiri dan umumnya akan dirasakan oleh semua orang. Ketika sebuah kebaikan apalagi sampai bisa membantu ekonomi atau kehidupan orang lain bisa dibayangkan itu akan menjadi pahala yang terus mengalir untuk kita semua.

Jika kita berbicara mengenai ekonomi maka akan sangat luas sekali pembahasannya, tetapi yang akan menjadi fokus kita kali ini adalah mengenai ekonomi kreatif. Apa itu ekonomi kreatif? Ekonomi kreatif adalah suatu wadah yang efektif dan efisien sebagai tempat generasi muda untuk berinovasi dan berkarya untuk mengembangkan diri dan berprestasi.

Ikuti tulisan menarik Laely Safaroh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler