x

Merdeka Belajar di masa pandemi terbantukan daring

Iklan

Insani Miftahul Janah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Februari 2022

Selasa, 15 Maret 2022 13:27 WIB

Jadikan Aktivitas Belajar Rutin sebagai Kebiasaan Menyenangkan, Yuk, Simak Begini, lho, Caranya!

Seringkali pelajar menghadapi kesulitan dalam membiasakan diri untuk belajar secara rutin. Kebanyakan dari pelajar belum memahami akan pentingnya kegiatan belajar yang perlu dilakukan secara terus menerus. Tentunya belajar bukan saja kewajiban seorang pelajar. Namun, juga kebutuhan bagi semua orang untuk mengaktualisasikan dirinya, menambah wawasan, pengetahuan juga informasi terkini, sehingga nggak kudet (kurang update) atau ketinggalan zaman. Tak bisa dipungkiri manusia sebagai makhluk sosial perlu berinteraksi dengan orang sekitar juga memiliki kemampuan yang bermanfaat untuk membantu dalam pekerjaan yang dilakukan. Dengan belajar, semua informasi, ilmu, wawasan hingga pengalaman yang kita dapatkan dalam proses itulah yang dilakukan dengan belajar dengan konsisten. Masalahnya sama kayak pelajar tadi, nggak semua orang punya kebiasaan baik untuk mau terus belajar. Nah, apakah kamu salah satunya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Belajar bukan hanya menambah pengetahuan, tetapi juga dapat meningkatkan keterampilan yang dimiliki. Belajar juga bisa membuat kamu lebih sehat, bahagia dan membantu penuaan otak. Meski begitu, belajar secara rutin bukanlah hal yang mudah, di mana kita seringkali merasa malas, bosan, mengantuk hingga kelelahan. Sehingga kebanyakan dari kita belajar pada saat mendesak atau dibutuhkan saja. Padahal belajar memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa membuat kamu lebih percaya diri serta memiliki interpersonal yang baik.

5 Strategi Agar Bisa Rajin Belajar

Meski membentuk kebiasaan rutinitas belajar merupakan hal yang cukup sulit, namun kamu bisa mengatasinya dengan tepat. Berikut ini merupakan 5 strategi agar bisa rajin belajar, di antaranya yaitu:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Disiplin

Hal utama untuk membentuk kebiasaan belajar secara rutin yaitu dengan disiplin. Kamu harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin, mulai dari waktu belajar, bermain, beristirahat, melakukan hobi, hingga waktu untuk membantu orangtua.

Kamu harus bisa menemukan waktu belajar yang tepat, mengingat beberapa orang ada yang lebih fokus belajar di waktu pagi hari, siang hari atau malam hari. Kapanpun waktunya, yang terpenting kamu bisa belajar dengan baik dan konsentrasi ketika membaca artikel atau buat pelajar bisa mengerjakan berbagai latihan soal. Membaca artikel bisa dilakukan dengan mengakses dari sumber manapun, seperti perpustakaan digital atau blog. Salah satu blog yang bisa dipakai ini, kalau untuk pelajar bisa juga mengakses blog khusus pendidikan seperti di https://blog.kejarcita.id/

Gambar 1: Kegiatan Praktik Komputer di Masa New Normal. (Sumber : Koleksi Pribadi)

 

2. Mempunyai Tujuan

Seseorang yang memiliki tujuan, pasti akan berusaha mewujudkan tujuan tersebut, salah satunya dengan rajin belajar. Misalnya, jika kamu memiliki tujuan untuk mendapatkan rangking 1 di kelas, maka kamu harus rajin belajar dan sering-sering mengerjakan contoh latihan soal. Kalau kamu mau meningkatkan jenjang karier, maka kamu perlu meningkatkan skill yang dimiliki dengan belajar hal-hal baru yang mendukung profesimu.

Oleh sebab itu, mulai saat ini kamu harus menentukan apa tujuan kamu, agar kamu semangat belajar setiap hari.

3.Metode Belajar Kreatif

Agar kamu tidak bosan belajar terus menerus, kamu harus bisa menemukan metode belajar yang kreatif. Jangan cuma menghafal atau menatap buku selama berjam-jam, kamu bisa menciptakan metode yang lebih menyenangkan, misalnya dengan mengerjakan soal ujian sekolah SD - SMA sembari mendengarkan musik.

Bukan cuma itu,buat pelajar dan guru bisa belajar melalui platform pembelajaran online seperti kejarcita.id. Kamu bisa belajar melalui video animasi pembahasan materi. Buat kamu yang mau mengembangkan kompetensi di dunia karier bisa memanfaatkan berbagai platform digital yang menyediakan berbagai kursus sesuai bidang yang ditekuni, baik secara gratis ataupun berbayar. 

Kreatifitas Siswa

 

4. Berikan Apresiasi untuk Dirimu Sendiri

Setelah berhasil belajar secara rutin,jangan lupa juga ya kamu perlu memberikan penghargaan atas prestasi atau hal-hal baik yang sudah kamu lakukan. Kamu bisa memberikan apresiasi untuk diri sendiri, misalnya membeli makanan favorit, jalan-jalan bersama teman, dan lainnya.

Atau kamu bisa memberikan apresiasi kecil-kecilan pada dirimu sendiri setiap hari setelah belajar dengan baik, seperti menonton film favorit bermain media sosial dan lainnya.

5. Tidak Terlalu Fokus dengan Hasil

Saat belajar pasti kamu ingin mendapatkan hasil terbaik bukan? Tetapi jangan terlalu fokus dengan hasil, nantinya kamu tidak bisa menikmati proses belajar itu sendiri.

Kemungkinan, jika kamu terlalu berharap dengan hasilnya, namun nyatanya tidak bisa tercapai, kamu akan berhenti belajar serta melakukan berbagai cara yang tidak baik untuk memperoleh hasil tersebut. Berbeda jika kamu fokus belajar, apapun hasilnya kamu akan menerimanya dan bila belum memuaskan kamu akan belajar lebih baik dan lebih rajin.

Itulah 5 strategi yang bisa kamu lakukan untuk membentuk kebiasaan belajar secara rutin. Kamu bisa melakukan strategi tersebut untuk menumbuhkan kebiasaan yang lebih baik. 1 hal yang wajib kamu miliki, yaitu niat dan tekad yang besar.

Ikuti tulisan menarik Insani Miftahul Janah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler