Cara Merawat Burung Kicauan yang Baik dan Benar - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Apit

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Maret 2022

Rabu, 16 Maret 2022 12:52 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Cara Merawat Burung Kicauan yang Baik dan Benar

    agar burung kicauan menjadi rajin berkicau, berikut kami sampaikan rahasia perawatannya

    Dibaca : 1.771 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Penggemar burung peliharaan banyak sekali di Indonesia, mulai dari burung hias hingga burung kicauan.

    Dari jenis burung kicauan saja ada banyak sekali jenisnya, mulai dari ukuran tubuh yang besar hingga burung kecil.

    Bicara burung yang populer dari kalangan kicaumania banyak jenis yang menjadikan pilihan untuk di pelihara, entah itu untuk di pelihara di rumah atau burung lomba.

    Memelihara burung kicauan memerlukan perlakukan khusus, dimana suara yang di milikinya bagus dan meningkat lebih baik lagi.

    Meskipun secara umum, untuk merawat burung tidak terlalu jauh berbeda, seperti menjaga kebersihan tempat tinggal burung, memberikan makanan, memandikan, menjemur dan lain sebagainya.

    Meskipun dalam perawatan burung secara umum tidak jauh berbeda, akan tetapi hal tersebut perlu di sesuaikan dengan kondisi burung itu sendiri, seperti menyesuaikan dengan karakter dan kondisi.

    Burung memiliki kondisi yang berbeda-beda dan karakter yang berbeda-beda, seperti ketika burung sedang bosan, stress, kurang fit, pengaruh factor makanan dan karakter.

    Untuk itu, dalam merawat burung kicauan butuh pengetahuan tentang karakter dan makanan yang di berikan dan juga perawatan yang tepat.

    Misalkan, dalam memandikan dan menjemur burung, perlu di sesuaikan dengan karakternya, Karena ada jenis burung yang suka di jemur lama dan ada yang kurang sudah di jemur lama dan lain sebagainya.

    Perawatan Burung Kicauan

    Meskipun dalam merawat burung perlu menyesuaikan dengan kondisi dan karakter burung,dan perawatan secara umumnya, namun ada hal penting lainnya untuk di terapkan ketika merawat burung kicauan seperti yang akan kami ulas di bawah ini.

    Seperti yang telah di sampaikan diatas, untuk burung kicauan ada yang memiliki ukuran tubuh yang besar, seperti burung murai batu, burung kacer, burung cucak ijo dan burung sejenisnya, sedangkan untuk burung yang memiliki ukuran tubuh seperti burung pleci, kenari, ciblek, kolibri ninja dan burung sejenis lainnya, untuk kamu yang penasan dengan suara burung kecil, bisa melihat di link (website) ini: suara burung kecil .

    1. Mengatur makanan

    Untuk merawat burung memang harus mencari setingan yang tepat dan terkadang harus melakukan beragam perubahan perawatan untuk mencari setingan yang tepat untuk memaksimalkan kemampuan burung yang di pelihara.

    Ketika sudah menemukan setingan yang tepat dalam perawatan burung, maka setingan tersebut harus di pertahankan dan jangan dig anti-ganti, misalkan dalam memberikan jumlah pakan tertentu, misalkan memberikan jangkrik sebanyak 10 ekor setiap harinya, maka jangan di kurangi atau di tambahkan jumlah pakan jangkrik tersebut, karena jika di rubah lagi, biasanya burung akan berubah kembali kualitasnya.

    Begitu juga dalam memberikan makanan voer dari satu merk, jangan dig anti-ganti dengan merk voer lain karena penasaran dan coba-coba, dan biasanya hal yang paling sering di alami oleh para kicaumania ketika burung diganti merk voer lainnya burung menjadi stress dan malas bunyi.

    1. Perawatan yang konsisten

    Selain pakan yang di berikan secara konsisten, perawatan harian seperti jemur, mandi dan lain sebagainya perlu konsisten, seperti :

    • Mandikan burung di jadwal yang biasa dilakukan
    • Jemur burung di jadwal yang biasa lalukan
    • Hindari menirukan perawatan yang dilakukan oleh orang lain, karena perawatan tersebut belum tentu cocok dengan karakter burung peliharaan anda

     

     

    1. Melatih Mental Burung

    Mental burung harus di latih dengan cara yang tepat, agar kesehatan fisiknya bagus dan tentunya yang namanya burung kicauan akan memiliki suara kicauan yang berkualitas nantinya.

    Mental menjadi factor yang penting untuk membuat burung kicauan menjadi rajin berkicau, untuk itu berikut untuk melatih mental burung.

    • Burung harus jinak, bisa dengan cara rajin di mandikan dan sering menyimpan di tempat rame
    • Latih mental dengan sering mendekatkan dengan burung sejenis, bisa membawa ke tempat lomba atau latihan bersama kicaumania lain
    • Berikan teman/parner/pasangan karena bisa membuatnya tidak merasa kesepian dan menjadi pemicu burung menjadi rajin untuk berkicau

     

    Itulah Beberapa Tips cara merawat burung kicauan yang bisa kami bagikan untuk rekan-rekan pecinta burung kicauan agar burung peliharaannya menjadi rajin berkicau.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.