x

image: Aksonsat Uanthoeng from Pexels

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 2 April 2022 10:36 WIB

Cara Membuat Peta Jalan Menuju Sukses

Peta jalan menuju sukses adalah panduan langkah demi langkah mencapai tujuan Anda dan apa bisa dilakukan untuk mencapainya. Panduan ini akan membuat Anda siap untuk sukses dan membuat Anda bertanggung jawab. Satu hal penting untuk diingat adalah setiap orang memiliki definisi sukses masing-masing, sehingga akan memiliki “peta jalan” berbeda untuk dilintasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika Anda bertanya kepada pengusaha atau pebisnis sukses apa yang mereka lakukan untuk mencapai posisi mereka saat ini, hampir semua mengatakan bahwa mereka memiliki tujuan dan bertekad mencapainya. Terlepas dari semua hambatan dan komplikasi yang menghalangi, mereka mengatakan akan melakukan apa pun untuk mencapai tujuan.

Satu hal yang dimiliki orang-orang ini adalah mereka menciptakan beberapa “Peta Jalan Menuju Sukses.” Apakah itu sesuatu yang sederhana seperti menuliskan semua tujuan mereka? Atau bahkan itu lebih mendalam dari setiap hal kecil yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan? Yang jelas, mereka semua melakukannya.

Satu hal penting untuk diingat adalah setiap orang memiliki definisi sukses masing-masing, sehingga akan memiliki “peta jalan” berbeda untuk mencapainya. Dalam posting ini, saya akan memberikan tujuh langkah yang harus dimiliki oleh Peta Jalan Menuju Sukses yang baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apa itu Peta Jalan Menuju Sukses dan Mengapa itu Penting?

Peta Jalan Menuju Sukses adalah panduan langkah demi langkah untuk mencapai tujuan Anda dan apa yang akan Anda lakukan untuk mencapainya. Panduan ini akan membuat Anda siap untuk sukses dan membuat Anda bertanggung jawab. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, peta jalan Anda akan berbeda dari peta jalan orang lain. Saya tahu bahwa membuat sasaran SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-bound goals) itu menakutkan dan membuat sasaran Anda terasa berlebihan. Proses ini memecah tujuan SMART Anda dan membuatnya merasa dapat dicapai. 

Cara Membuat Peta Jalan Menuju Sukses

Meskipun Anda mungkin memiliki tujuan SMART yang tertulis, Anda mungkin tidak melakukan apa pun untuk mencapainya. Perasaan ini mungkin karena itu terasa terlalu sulit untuk dicapai, atau Anda tidak memiliki tujuan akhir dalam pikiran. Alasan bisa terus berlanjut. Nah, teruslah membaca karena saya akan memaparkan tujuh langkah yang harus ada dalam Peta Jalan Menuju Sukses.

Langkah 1: Tentukan Misi Anda

Misi Anda adalah "gambaran besar" Anda atau tujuan keseluruhan yang ingin Anda capai. Pada langkah ini, Anda harus spesifik dan masuk ke detail tentang hasil yang ingin Anda buat.

Bagian terpenting dari langkah ini adalah menuliskan "mengapa" Anda. Mengapa Anda melakukan ini? Mengapa Anda ingin mencapai ini? "Mengapa" Anda harus memotivasi Anda untuk terus berusaha, terutama ketika Anda lupa alasan Anda melakukan ini.

Jika Anda ingin memberi diri Anda insentif lain untuk terus berjalan, Anda harus menentukan hasil yang tidak menguntungkan. Tidak ada yang mendorong Anda maju, seperti kemungkinan hasil yang merugikan.

Langkah 2: Tentukan Akhir Peta Jalan

Langkah ini adalah di mana Anda menentukan tujuan akhir Anda secara keseluruhan. Jika Anda membuat tenggat waktu untuk diri sendiri, kemungkinan Anda mengikutinya jauh lebih tinggi.

Jika Anda baru mengenal penetapan tujuan, saya sarankan untuk mempersingkat tenggat waktu karena Anda masih mempelajari prosesnya. Lebih buruk menjadi lebih buruk Anda selalu dapat memperpanjang garis waktu sedikit.

Jika Anda tidak baru dalam menetapkan tujuan, tetapi Anda baru dalam membuat peta jalan menuju sukses, tenggat waktu Anda bisa di mana saja dari tahun, bulan, minggu, atau bahkan hari. Jujur saja pada diri sendiri.

Langkah 3: Tentukan Tonggak, Prestasi, atau Penghargaan

Dengan melakukan ini, Anda memberi diri Anda sesuatu untuk dinanti-nantikan sepanjang perjalanan. Dua jenis pencapaian yang harus Anda definisikan di bagian ini adalah berbasis hasil dan berbasis perilaku.

Prestasi berbasis hasil adalah hal-hal yang berada di bawah pengaruh Anda, tetapi tidak dalam kendali Anda. Contoh hasil berbasis hasil akan seperti memenangkan medali atau liburan berdasarkan seberapa baik Anda melakukannya. Ini bahkan bisa menjadi sesuatu yang kecil, seperti memanjakan diri Anda dengan hari spa setelah Anda mencapai bagian tertentu dari tujuan Anda.

Tujuan berbasis perilaku ada dalam kendali Anda. Salah satu contohnya adalah memberi diri Anda hari libur. Anda dapat menetapkan jumlah waktu tertentu untuk mengerjakan tujuan Anda, dan setelah waktu itu berlalu, istirahatlah sebentar.

Sangat penting untuk menyebarkan tonggak dan pencapaian Anda sehingga mendorong Anda untuk terus maju. Hadiahi diri Anda dengan sesuatu yang benar-benar Anda nikmati.

Langkah 4: Tentukan Prosesnya

Sekarang saatnya untuk menentukan tindakan yang akan Anda ambil untuk mencapai hasil yang diinginkan. Langkah ini mungkin melibatkan sedikit riset tentang bagaimana orang lain mencapai tujuan Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan beberapa ide tentang apa yang perlu Anda lakukan.

Hal lain yang harus Anda pikirkan untuk dilakukan adalah mendefinisikan orang yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Jika Anda melakukan ini, Anda akan lebih cenderung mengubah pola pikir Anda saat ini dan mengubahnya agar selaras dengan tujuan Anda secara keseluruhan.

Langkah 5: Tentukan Hambatan

Setiap pengusaha dan pebisnis yang baik pasti pernah mengalami kegagalan untuk mencapai posisi mereka saat ini. Cara Anda menangani kegagalan itulah yang pada akhirnya membedakannya. Lakukan brainstorming dan pikirkan setiap rintangan. Tulis semuanya. Anda akan dapat mempersiapkan diri untuk tantangan apa yang mungkin ada di depan dan bahkan mengambil kesempatan untuk tumbuh darinya.

Langkah 6: Lacak Tindakan Anda

Meskipun mungkin tampak membosankan, sekaranglah waktunya bagi Anda untuk melacak semua tindakan yang akan Anda ambil yang telah Anda tetapkan di langkah 4. Anda dapat melakukannya dengan merekam di buku catatan atau dengan aplikasi jika itu yang Anda inginkan.

Untuk membuat hidup Anda sedikit lebih mudah, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melacak tindakan Anda:

•    Setel alarm
•    Tambahkan ke kalender Anda
•    Lacak dalam daftar periksa kesuksesan harian
•    Buat langkahnya kecil
•    Tetapkan taruhan untuk tidak mencapai komitmen

Langkah 7: Lakukan Evaluasi Diri

Anda dapat melakukan ini tahunan, bulanan, mingguan, pada dasarnya kapan pun Anda mau. Evaluasi ini berarti membuat Anda bertanggung jawab dan memeriksa kesalahan. Setelah Anda mengetahui apa yang berfungsi dan tidak, Anda dapat mengetahui apa yang dapat diubah.

Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengubah pencapaian Anda, hasil Anda, dan bahkan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mencapai tujuan.

Produk Akhir

Selamat! Pada titik ini, Anda seharusnya telah menyelesaikan Peta Jalan Menuju Sukses yang baru, atau Anda setidaknya berpikir untuk membuatnya. Semua orang sukses telah mengambil langkah-langkah ini atau beberapa variasi darinya untuk sampai ke tempat mereka hari ini. Menemukan kesuksesan mungkin tampak seperti prestasi yang mustahil untuk diatasi, tetapi jika Anda mengambilnya selangkah demi selangkah dan membuat diri Anda bertanggung jawab, tidak ada yang akan menghalangi Anda.

***
Solo, Kamis, 31 Maret 2022. 9:20 am
'salam hangat penih cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB