5 Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik di Indonesia - Urban - www.indonesiana.id
x

Abigail Fionna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 April 2022

Jumat, 15 April 2022 06:07 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 5 Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik di Indonesia

    artikel ini akna memberikan Anda 5 Rekomendasi aplikasi kasir di Indonesia yang akan membantu meningkatkan performa bisnis Anda

    Dibaca : 1.052 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Aplikasi kasir atau yang seringkali disebut sebagai software PoS (Point of Sales) adalah software yang digunakan untuk kegiatan transaksi jual beli dalam suatu bisnis, dimana software ini bermanfaat untuk memudahkan segala aktivitas bisnis pada proses pencatatan penjualan, transaksi, pembukuan serta membantu menganalisis perkembangan bisnis.

    Aplikasi kasir sendiri saat ini makin banyak digunakan oleh berbagai perusahaan hingga UMKM yang bergerak di bidang retail dan industri F&B.

    Saat ini di Indonesia sudah tersedia beberapa penyedia software PoS yang akan mempermudah transaksi bisnis anda. Berikut 5 penyedia software PoS yang bisa menjadi pilihan Anda,

    1. HashMicro POS

    Salah satu software PoS yang memberikan solusi terlengkap dengan tipe bisnis apapun yang ada di Indonesia adalah software PoS dari HashMicro. Software PoS ini cocok digunakan baik oleh perusahaan tingkat enterprise maupun pada tingkat UMKM.

    Hal ini dikarenakan software PoS dari HashMicro dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, sehingga dapat digunakan oleh beragam jenis perusahaan di berbagai industri. 

    Software PoS dari HashMicro juga sudah dapat diintegrasikan dengan sistem ERP. sehingga dapat dihubungkan langsung dengan sistem pembukuan, sistem manajemen inventaris, sistem marketing, sistem manajemen membership, hingga sistem manajemen pembelian. Manajemen antar cabang toko juga dapat dilaksanakan melalui software ini.

    Software ini sudah berbasis cloud sehingga dapat diakses dari komputer, laptop, tablet, hingga smartphone. Software PoS dari HashMicro juga memiliki User interface yang ramah digunakan, sehingga proses adopsi sistem ini dalam perusahaan Anda akan berjalan dengan cepat.

    2. Olsera POS

    Software PoS ini merupakan aplikasi kasir yang dapat Anda unduh di smartphone anda, karena tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Aplikasi ini menawarkan beberapa pilihan harga yang disesuaikan dengan kondisi toko anda, dengan harga yang berbeda untuk toko berbasis online dan toko fisik.

    Software ini cocok untuk bisnis toko retail dengan skala kecil, dengan kelebihan pada Anda yang berbisnis melalui toko online karena tersedia fitur-fitur yang dapat membantu para pebisnis online.

    3. Moka POS

    Merupakan sebuah aplikasi kasir yang berbasis cloud. Aplikasi ini membantu dalam pembuatan menu. Layaknya aplikasi kasir lain, Moka PoS memiliki fitur melihat transaksi, mencetak struk penagihan harga, dan cek stok barang. Aplikasi ini tersedia di perangkat IOS dan android.

    Sistem ini cocok untuk bisnis restoran dan F&B, namun beberapa fitur hanya tersedia apabila Anda juga membeli perangkat kasir yang disediakan oleh Moka.

    4. Vend PoS

    Aplikasi ini dirancang khusus untuk bersifat ringan, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada perangkat tablet atau smartphone. Aplikasi kasir Vend merupakan software PoS yang berbasis sistem odoo, yakni software open-source yang dapat dikembangkan oleh siapapun.

    Aplikasi ini cocok untuk digunakan oleh Anda yang hanya memiliki akses pada perangkat tertentu, seperti tablet, sehingga lebih cocok digunakan oleh UMKM. Namun, aplikasi ini relatif lebih sulit digunakan oleh bisnis-bisnis di Indonesia karena belum tersedianya bahasa indonesia maupun kesesuaian dengan berbagai fitur-fitur yang khusus ada di Indonesia, seperti integrasi dengan sistem delivery ojek online.

    5. Soltius POS

    Software ini menawarkan fitur yang cukup lengkap untuk berbagai industri, dengan kelebihannya yang menyediakan sistem pembayaran dengan berbagai macam pilihan. Software ini cocok untuk bisnis yang sudah berada pada tingkat menengah ke atas, karena berbasis sistem SAP.

    Walaupun begitu, dikarenakan sistem SAP yang tidak berasal dari Indonesia, beberapa fitur yang sesuai dengan kondisi industri di Indonesia mungkin tidak tersedia dalam software ini.

    Kesimpulan

    Semua software POS yang sudah disebutkan dan dijelaskan merupakan rekomendasi yang bisa anda pilih. Pilihlah sesuai kebutuhan anda untuk mengoptimalkan semua kinerja serta memperhatikan tingkat budget bisnis Anda.

    Demikian rekomendasi sistem POS terbaik Indonesia yang dapat membantu bisnis Anda beralih menuju proses bisnis yang otomatis sehingga dapat berkembang dan selangkah lebih maju.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.