x

Sumber: Koleksi Pribadi

Iklan

Hidayat Pradana Putra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2022

Senin, 30 Mei 2022 16:50 WIB

Relevansi Ideologi Kolonialisme Pada Masa Kini

Sebuah Relevansi Ideologi Kolonialisme Pada Masa Kini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kolonialisme, sebuah masa dimana negara mengalami penjajahan serta penindasan oleh negara lain. Pribumi menjadi korban atas kekerasan fisik, serta paham ideologi yang merujuk pada status sosial dan kasta yang memberatkan kaum bawah. Masa setelahnya disebut dengan Postkolonial, masa kebebasan setelah penjajah memutuskan untuk pergi dan negara yang di jajah mendeklarasikan kemerdekaannya.
 
Indonesia merupakan salah satu negara yang telah mendeklarasikan kemerdekaan. Meskipun pada 17 Agustus 1945, cita-cita kemerdekaan Indonesia terwujud. Dan di hari itu, bendera merah putih di kibar kan dan Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Namun, ideologi yang ditanamkan pada masa kolonial belanda masih tertanam dalam diri masyarakat Indonesia.
 
Ideologi pada masa kolonial meyakini bahwa status sosial merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam kehidupan bermasyarakat. Seseorang yang merasa dirinya berkuasa akan merasa lebih superior yang kemudian memunculkan penindasan - penindasan terhadap sekelompok individu. Bahkan, pada era modern seperti sekarang ini, masih banyak golongan masyarakat yang menggunakan ideologi pada masa kolonialisme.
 
Golongan Masyarakat Menengah Ke Atas
 
Seorang pegawai rumah tangga yang diperlakukan tidak baik oleh majikannya, hingga mendapat siksa fisik hanya karena dianggap tidak mampu mengerjakan tugas dengan baik. Majikan yang merasa punya kekuasaan atas pegawai nya pun merasa bahwa tindakan itu bukan tindakan yang melewati batas, selama pegawai itu masih menerima upah darinya.
 
Contoh lain sering kita lihat di sebuah perusahaan yang memiliki struktur organisasi perusahaan, di mana terdapat tingkatan-tingkatan yang telah ditentukan, mulai dari Owner, Direktur, Manager, Admin, serta divisi - divisi yang mengikuti nya.
 
Golongan Masyarakat Menengah Ke Bawah
 
Organisasi Masyarakat (ORMAS) yang kita ketahui sering menimbulkan kerusuhan di kalangan masyarakat hanya karena perebutan wilayah. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa tidak sedikit masyarakat yang masih menggunakan ideologi pada masa kolonial.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, meskipun sebuah negara telah menyatakan kebebasannya dari sebuah penjajahan, namun ideologi yang telah tertanam pada masa penjajahan tersebut tidak dapat hilang begitu saja. Nahas nya, mereka yang masih menggunakan ideologi ini tidak menyadari akan hal itu.

Ikuti tulisan menarik Hidayat Pradana Putra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler