Tips Menumbuhkan Minat Baca - Humaniora - www.indonesiana.id
x

erica widiani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Maret 2022

Kamis, 2 Juni 2022 06:31 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Tips Menumbuhkan Minat Baca

    Membaca bukan hanya tentang memahami sesuatu, tetapi juga tentang membuat diri jadi lebih baik dan berkembang.

    Dibaca : 756 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pepatah mengatakan bahwa "buku adalah gerbang dunia dan membaca adalah kuncinya". Semasa kecil kita mungkin sering mendengar kisah-kisah dongeng yang dibacakan dari sebuah buku bergambar oleh ibu kita sebelum tidur. Atau mungkin kita sendiri yang belajar untuk mengeja huruf perhuruf hingga akhirnya mahir untuk membaca satu kalimat secara penuh. Namun semakin besar, entah kenapa minat baca kita malah semakin luntur. Bisa jadi karena faktor negatif dari kemajuan teknologi yang akhirnya mendistraksi keinginan kita dengan hal-hal yang kelihatan lebih menyenangkan. 

    Kekuatan membaca sangat memberikan dampak yang besar bagi otak kita. Selain dapat melatih fokus, kita juga bisa menambah pengetahuan, kosakata, bahkan bisa menjelajahi tempat tanpa harus benar-benar pergi ke sana. Persis seperti kata pepatah di atas. Bahwa membaca bisa membawa kita melihat dunia yang lebih luas.

    Mungkin ada beberapa dari kita yang sudah terlanjur kehilangan kebiasaan membaca dan jadi pecandu sosial media, lalu sadar dan ingin kembali membangun habit baca itu, tapi gagal. Dicoba lagi, dan gagal lagi. Rasanya seperti ada keterikatan yang tidak terlihat antara diri kita dengan sosial media, yang membuat jari kita gatal jika tidak menyentuh hp sama sekali. Akibatnya, kita jadi manusia fomo yang kelabakan kalau tidak tau hal-hal dari dunia luar lewat sosmed.

    Kegagalan yang kita alami juga bisa terjadi mungkin karena ada sesuatu hal dalam diri kita yang harus ditata ulang. Karena membangun habit baik lebih sulit ketimbang habit buruk. Maka, usaha kita harus lebih ekstra. Tapi jangan kesampingkan kenyamanan dalam melakukannya. Intinya walaupun harus dipaksa, tapi kita tetap bisa enjoy dalam menjalaninya.

    Di tulisan kali ini, aku akan share tips untuk menumbuhkan minat baca bagi kalian yang ingin membangun habit baik tersebut tapi merasa kesulitan dan bingung harus memulai dari mana.

    Tips yang aku aku tulis merupakan hasil uji coba yang telah aku lakukan sendiri, dan berhasil.

    1. Cari genre buku yang kamu suka

    Ketika mulai membaca, jangan paksa diri kamu untuk langsung membaca genre yang kurang kamu sukai. Carilah genre yang sesuai minatmu. Misal kamu suka genre roman, fiksi, biografi, atau pengembangan diri. Maka carilah dan baca. Baru ketika kamu berhasil menyelesaikan satu buku, kamu bisa perlahan menyesuaikan diri dengan mencoba genre-genre yang lain.

    2. Atur jadwal bacamu

    Ini penting. Karena dengan memberikan satu waktu khusus dari 24 jam kamu untuk membaca buku, akan sangat membantu kamu untuk terbiasa. Semakin sering kamu melakukan suatu hal yang sama di waktu yang sama secara terus menerus. Maka akan membuat kamu tidak bisa lepas dari hal tersebut. Cobalah untuk memulai dari waktu paling sedikit. Misal 5 menit sehari, ketika sudah terbiasa tambah jadi 10 menit sehari dan seterusnya. Untuk permulaan usahakan tidak terlalu lama, yang penting membaca dulu.

    3. Manfaatkan waktu luang

    Kamu pasti sering menghabiskan waktu dengan rebahan sambil main hp, yang dimana kalau dihitung presentasi rebahan dengan bekerja lebih banyak rebahannya. Malas-malasan sambil buka sosmed dan scroll-scroll tanpa tujuan.  Mulai sekarang, belajar untuk menggunakan waktu luang dengan membaca buku. Dengan begitu, kita bisa istirahat sambil produktif. 

    4. Ikuti komunitas literasi

    Kalo mungkin kamu masih merasa berat, karena kurang motivasi dan merasa sendirian. Kamu bisa coba untuk join komunitas literasi. Di sana, kamu bisa menemukan teman-teman seperjuangan yang dapat meningkatkan semangat kamu dalam membaca. Kamu juga bisa sharing tentang list bacaan masing-masing, sehingga dapat menambah daftar bacaan yang kamu punya.

     

    Itu beberapa cara yang aku lakukan dan membuatku berhasil untuk meningkatkan minat baca, dari yang awalnya malas jadi kebiasaan. Selain itu, aku juga belajar untuk membangun kesadaran terkait dari manfaat membaca buku, yang ternyata bukan hanya untuk menambah wawasan saja, tapi bisa juga untuk;

    • Menambah ide
    • Mengurangi stress
    • Meningkatkan fokus dan konsentrasi
    • Melatih kita untuk belajar melihat sesuatu dari sudut pandang yang lain
    • dst.

    Jadi mulai sekarang, yuk berhenti untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan yang kurang berguna dengan membaca. Karena membaca bukan cuma bisa memberikan kita pengetahuan, tapi juga bisa membantu kita untuk jadi lebih berkembang.

     

    Ikuti tulisan menarik erica widiani lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.