x

ilustr: The New York Times\xd \xd

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Kamis, 2 Juni 2022 19:19 WIB

Dengarkan Inspirasi di Dalam Dirimu

Banyak orang menunggu inspirasi atau mencari di luar dirinya. Tidka sedikit orang yang menyepi di gua sunyi. Sedangkan apa yang dicari ada di dalam dirimu sendiri. Ikuti terus artikel ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Bambang Udoyono, penulis buku

“Inspirasi yang kamu cari sudah ada di dalam dirimu.  Diamlah dan dengarkan”.    Demikian kalimat mutiara Maulana Jallaudi Rumi yang akan kita bahas kali ini.  Saya percaya Rumi benar.  Allah swt sudah memberi bekal kepada manusia untuk menghadapi segala macam dinamika kehidupan duniawi.   Di dalam Al Qur’an disebutkan bahwa Allah menjamin rejeki mahluknya, semuanya, bukan hanya manusia.  Cacingpun diberi rejeki apalagi manusia.  Tapi manusia wajib berihtiar.  

Salah satu bekal yang diberikan kepada manusia adalah inspirasi.  Semua orang sudah diberi inspirasi.  Ini adalah bisikan hati yang halus lembut dan samar.  Bukan bisikan mulut yang bisa ditangkap oleh telinga.  Karena itu cara menyimaknya beda.  Bukan telinga raga yang mampu menyimaknya tapi hati yang bersih dan sehat. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Rumi cara menyimaknya adalah dengan diam.  Saya yakin maksudnya adalah mengheningkan cipta.   Kemampuan ini butuh latihan.  Seberapa lama orang sampai ke tahapan itu ?  Tidak sama setiap orangnya.   Sepertiga malam terakhir adalah waktu terbaik untuk melakukannya.   Bangun setelah lewat jam 2.00 pagi.  Bersuci lalu solat tahajud, witir dan zikir.   Ikuti semua panduannya.  Lakukan dengan rutin setiap malam.  Jangan lupakan laku lainnya seperti puasa, sedekah dll.  Kalau semuanya dilakukan dengan benar maka insya Allah akan terdengarlah suara bisikan hati atau inspirasi. 

Sebenarnya urutannya harus membersihkan hati dan pikiran dulu.  Tapi ya tidak apa apa anda lakukan itu.  Pembersihan pikiran dan hati dilakukan sambil jalan.  Karena hanya hati yang bersih dan sehat sajalah yang mampu menangkap petunjuk dari Allah swt.  Kalau hati yang masih kotor dan tidak sehat tidak akan mampu memahami petunjuk Allah swt.  Saya yakin anda sudah pernah bertemu atau melihat orang yang tidak memahami wahyu Allah dan bahkan meragukan wahyu Allah swt.     Orang semacam ini tidak mendapat petunjukNya.

Kebersihan dan kesehatan hati ini penting.  Jika hati anda masih kotor dan tidak sehat maka yang anda tangkap bukanlah petunjuk Allah swt tapi bisikan setan. 

Dengan petunjuk Allah swt itulah anda akan bisa menemukan solusi atas segala macam masalah anda.  Petunjuk inspirasi ini bisa untuk apa saja : memecahkan masalah, meningkatkan kreativitas, meningkatkan produktivitas dll.  Sila ikuti langkah pembersihan, sembari mendekatkan diri, menghambakan diri kepada Allah swt saja.    Semoga anda mendapatkan hidayahNYa.

 

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu