x

kriminalitas

Iklan

Rendy Cavin

Sarjana Terapan Administrasi Negara
Bergabung Sejak: 6 Juni 2022

Senin, 6 Juni 2022 17:41 WIB

Analisis tentang Kriminalitas di Masa Pendemi

Pembegalan atau perampasan adalah kejahatan dilakukan dijalan dengan merampas atau pencurian kendaraan bermotor dan dapat merugikan mental serta 2 nyawa si korban. Pembegalan sering terjadi pada wilayah yang rawan,gelap dan korban itu sendirian di motor atau mereka beraksi ketika malam menjelang subuh tiba. Kasus ini pun cukup membuat kita terhenyak, pelakunya adalah para remaja, usia mereka berkisar belasan tahun hingga dua puluhan. Anak-anak yang seharusnya lebih banyak berada di lingkungan sekolah dan ekstra kurikuler, namun ternyata mereka menghabiskan waktunya dengan aksi-aksi kriminalnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan peradaban manusia dari masa
ke masa, maka kebutuhan kepentingan manusia semakin bertambah. Hal ini tentu membawa
dampak negatif sebab akan mengakibatkan bertambahnya kemungkinan terjadinya kejahatan.
Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang beraneka ragam sering menghalalkan
berbagai cara tanpa mengindahkan normanorma hukum yang berlaku dalam masyarakat.
Dengan demikian sampai saat ini kejahatan masih tetap abadi dan bahkan akan berkembang
sesuai dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih.

Salah satu bentuk kejahatan yang akhir-akhir ini sering terjadi disetiap wilayah dan marak diperbincangkan adalah kasus pembegalan yang dimana kasus ini sangat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, kasus pembegalan ini pun sudah lama terjadi di setiap daerah hanya saja baru-baru inilah tersorot oleh publik atau media massa.

Awalnya aksi di jalanan ini ditengarai ulah segelintir orang saja. Namun, lama kelamaan aksi dilakukan secara terkoordinir dengan kelompok yang berbeda-beda.Anggotanya tidak saja kalangan pria, tapi juga ada dari golongan wanita.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembegalan atau perampasan adalah kejahatan dilakukan dijalan dengan merampas atau pencurian kendaraan bermotor dan dapat merugikan mental serta 2 nyawa si korban. Pembegalan sering terjadi pada wilayah yang rawan ,gelap dan korban itu sendirian di motor. Atau mereka beraksi ketika malam menjelang subuh tiba.

Kasus ini pun cukup membuat kita terhenyak, pelakunya adalah para remaja, usia mereka berkisar belasan tahun hingga 20-an. Anak-anak yang seharusnya lebih banyak berada di lingkungan sekolah dan ekstra kurikuler, namun ternyata mereka menghabiskan waktunya dengan aksi-aksi kriminalnya.

Banyak cara pelaku agar dapat melumpuhkan korban demi melancarkan aksinya dan
biasanya pelaku begal melakukan aksinya bukanlah sendirian melainkan dengan rekannya.
Para pelaku begal melakukan aksinya dengan berbagai modus misalnya ditengah jalan yang
sepi pelaku berpura-pura motornya mogok, kemudian pelaku meminta tolong kepada korban
setelah korban membantu maka pelaku beraksi dengan mencelakai korban dibawah ancaman
dan motor korban pun berhasil dibawa kabur oleh pelaku.

Pembegalan kini sudah cukup meresahkan. Kepolisian mulai melakukan razia secara intensif dan dampaknya terasa, banyak anggota kelompok begal yang ditangkap. Dalam setiap penangkapan, masyarakat dibuat terkejut. Soalnya, tidak hanya pelaku, atribut dan perangkat aksi pembegal juga diamankan. Sebuah organisasi yang cukup terkoordinir dengan aturan yang mereka patuhi.

Aksi-aksi para pembegal ini kini telah memberikan dampak besar bagi masyarakat terutama kalangan remaja dan orang tua. Pembegal telah menebar teror yang menakutkan bagi masyarakat karena seringnya mereka melakukan kejahatan, walaupun razia kerap dilakukan. Ini membuat masyarakat mulai jengkel dan marah.

 

 

Ikuti tulisan menarik Rendy Cavin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler