x

Iklan

176_ Nurlaila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juni 2022

Selasa, 14 Juni 2022 17:31 WIB

Strategi Pengembangan Sumber Daya Insani Terhadap Tantangan Globalisasi

Dengan hadirnya era globalisasi di abad 21 ini merupakan tantangan untuk pemerintah dalam menghadapinya, dan perlu didukung oleh para pelaku bisnis serta akademisi. Strategi Sumber Daya Insani (SDI) perlu dipersiapkan secara seksama khusunya oleh perusahan agar mampu menghasilkan hasil yang mampu bersaing di tingkat dunia. Perusahaan yang bersaing dalam kondisi persaingan saat ini dihadapkan pada kondisi yang makin kompetitif, dinamis dan tidak pasti. Persaingan dan perubahan yang terjadi menuntut perusahaan untuk mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi melalui pengelolaan perusahaan, khususnya yang terkait dengan isu persaingan global.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kalian tau gak sih?

Dengan hadirnya era globalisasi di abad 21 ini merupakan tantangan untuk pemerintah di berbagai sektor, salah satunya dalam sektor ekonomi. Perusahaan yang bersaing dalam kondisi persaingan saat ini dihadapkan pada kondisi yang makin kompetitif, dinamis dan tidak pasti. Persaingan dan perubahan yang terjadi menuntut perusahaan untuk mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi melalui pengelolaan perusahaan, khususnya yang terkait dengan persaingan global.

Oleh karena itu, disini penulis akan membahas mengenai Strategi Pengembangan Sumber Daya Insani Terhadap Tantangan Globalisasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Globalisasi

Aagar kita bisa menghadapi era globalisasi ada baiknnya kita mengenal tentang globalisasi dan beberapa karakteristiknya. Globalisasi merupakan proses mendunia dengan tingkat perubahan yang cepat dan radikal di berbagai aspek kehidupan manusia karena adanya teknologi. Tilaar menjelaskan (2004 : 16) proses globalisasi bergerak sejalan dengan tiga arena kehidupan manusia, yaitu : arena ekonomi, politik,  dan budaya. Dalam ekonomi pertukaran barang, distribusi dan konsumsi baik barang maupun pelayanan (service).

Dari pemaparan diatas globalisasi makin menyadarkan kita akan pentingnnya sumber daya manusia yang berkualitas. Pada dimensi pasar kerja dapat kita lihat adanya kebebasan bergerak bagi para pekerja. Artinya tingkat kompetensi tidak hanya berskala nasional tetapi sudah pada dataran internasional.

Bagaimana Keterkaitan Pengembangan SDI dengan Globalisasi?

Sumber daya insani merupakan kekuatan terbesar dalam pengolahan seluruh sumber daya yang ada dimuka bumi ini. Manusia diciptakan oleh Allah SWT. sebagai khalifah di bumi untuk mengelola bumi dan sumber daya yang ada didalamnnya demi kesejahteraaan manusia sendiri, mahkluk dan seluruh alam semesta. karena pada dasarnya seluruh ciptaan Allah yang ada dimuka bumi ini sengaja diciptakan oleh Allah untuk kemashalatan umat manusia. Hal ini jelas ditegaskan oleh Allah dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 30, yang artinya:

"Ingatlah ketika tuhan Mu berfirman kepada para malaikat : "sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi: Mereka berkata : "Mengapa Engkau hendak menjadikan (Khalifah) dibumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Allah berfirman "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang telah kamu ketahui".

Globalisasi melahirkan gaya hidup baru yang selalu mengacu setiap orang untuk berkompetensi dan bersaing menciptakan perubahan. Perubahan tuntutan baik dalam segi pelayanan maupun perkembangan teknologi yang mendorong suatu organisasi atau perusahaan melakukan pengembangan SDI agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan sehingga dapat terus bersaing dengan perusahaan lain. Pengembangan tersebut harus dilakukan dengan diidentifikasi secara tepat, direncanakan secara matang, dan diselenggarakan sesuai dengan kemampuan suatu organisasi.

Lalu Bagaimana Stategi Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi?

Berikut ini menyajikan beberapa bidang strategis utama untuk membangun dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sebagai modal dalam menghadapu tantangan globalisasi. yaitu:

1. Teknologi Informasi (TI)

adalah pusat kecerdasan stategi MSM, untuk mengumpulkan, memproses, dan mengelola data dan informasi strategi untuk membuat keputusan strategis seperti peramalan, perencanaan, perekrutan, pengembangan, promosi, evaluasi, dan pengembangan SDM utama disemua tingkat organisasi.

2. E-Govermence dan E-HRM

Melalui ini warga negara dapat berinteraksi dengan organisasi pemerintahan mereka dan menerima layanan secara efesien dan efektif, dan organisasi publik pemerintah.

3. Posisi strategis dan personel kepemimpinan

Pada saat yang sama mempersiapkan dan mempromosikan personil yang sangat terampil dan berpengetahuan untuk kepemimpinan dan manajerial serta fungsi profosional organisasi [emerintah sangat penting untuk semua fungsi manajerial.

4. Motivasi Strategis

Disini, identifikasi, pengakuan, dan penerapan beberapa sistem motivasi yang paling mutakhir dan dinamis yang dapat menggerakan orang melampaui kegembiraaan sehari-hari mereka dan memberi mereka tujuan yang didorong oleh misi yang sangat tinggi adalah tugas sentral yang harus diadopsi oleh sistem organisasi antisipatif.

5. Pengembangan dan Manajemen pengetahuan strategis

Adaptasi dan keberhasilan organisasi yang strategis memerlukan pengembangan dan pengelolaan pengetahuan dan keterampilan yang strategis merupakan elemen penting dari setiap sistem manajemen, terutama untuk MSDI.

6. Manajemen perusahaan publik yang strategis

Secara Historis, banyak perusahaan publik telah melayani fungsi inti pemerintah secara strategis dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional di seluruh dunia.

7. Eksekutif Global

Manjer dan  eksekutif global ini adalag agen perubahan masa depan, mereka jufa merupakan agen inovasi dan adaptasi organisasi lintas nasional

8. Modal sumber daya manusia

Mempertimbangkan sumber daya manusia merupakan cara pemngembangan kapaistas yang strategis.

9. Membangun tim dan pengembangan

Banyak proyek dan program pekerjaan umum yang dilakukan melalui struktur tim, dengan nilai-nilai budaya dan semangat kerja sama dalam tim merupakan cara strategis untuk menghadapi tantangan global.

10. Berpikir global dan tampil secara lokal

adalah strategi yang harus digunakan untuk mengubah budaya organisasi tradisional lama lokalisme dan prokialisme. pemikiran global ini membutuhkan pengetahuan dan informasi global, dan SDM Strategis harus dilatih dan didiik sesuai dengan itu.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai strategi pengembangan sumber dya minsani terhadap tantangan globalisasi. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman semua. Terimkasih.

*)Artikel ini dibuat oleh Nurlaila (201410176), kelas 4E jurusan Ekonomi Syariah. sebagai tugas UTS Mata Kuliah MSDI, dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag.mm.CHMH.

Ikuti tulisan menarik 176_ Nurlaila lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB