Mahasiswa KKN Unej Gelar FGD dengan Ibu-ibu Desa Sidomukti - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKNUMD 06

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2022

Selasa, 14 Juni 2022 17:31 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Unej Gelar FGD dengan Ibu-ibu Desa Sidomukti


    Dibaca : 413 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mahasiswa KKN Universitas Jember bersama warga Desa Sidomukti melakukan serap aspirasi masalah sampah rumah tangga pada Selasa, (07/06/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Ledok Desa Sidomukti.

    Dalam kegiatan serap aspirasi kepada masyarakat sekitar khususnya ibu-ibu yang merasa resah karena tempat pembuangan sampah yang ada di dekat rumahnya tidak dilakukan pengangkutan oleh petugas kebersihan terkait.

    Sebenarnya ibu-ibu yang ada di Dusun Ledok ingin membuang sampah di TPS yang ada di dekat rumahnya tapi dikarenakan tidak ada pengangkutan sehingga takut sampah menumpuk dan membuat bau yang tidak sedap, jadi mereka lebih memilih membakar sampahnya.

    Ibu Misna mengatakan, ”Saya sebenarnya terpikirkan untuk menjadikan sampah plastik bekas dijadikan kerajinan yang memiliki nilai fungsi dan nilai estetika, namun saya masih belum ada gambaran mengenai hal tersebut” Terangnya. Ibu Muslimah juga menambahkan bahwa” Sampah yang ada hanya dibakar begitu saja, sayang banget udara yang sejuk di Des aini menjadi terganggu,” ujarnya.

    Maka dari itu, Mahasiswa KKN akan membantu dalam mengatasi masalah tersebut. Iva selaku penanggung jawab menjelaskan kepada Bu Misna dan Bu Muslimah bahwa” Dalam program kami nantinya ada program pembuatan kerajinan dari sampah plastic, jadi ibu-ibu bisa berkreasi untuk hal tersebut,” tuturnya.

    .Oleh karena itu, diharapkan melalui kegiatan ini yaitu adanya petugas dan truk untuk pengangkutan sampah agar sampah tidak menumpuk dan menimbulkan bau tak sedap. Tak hanya itu harapannya ibu-ibu dapat menambah keterampilan dan produktifitas agar sampah plastik dapat dimanfaatkan dengan baik serta memiliki nilai tambah.

     

    Ikuti tulisan menarik KKNUMD 06 lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.