x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Kamis, 30 Juni 2022 20:24 WIB

Pekerja Harus Tahu 3 Cara Pandang tentang Masa Pensiun

Ada 3 cara pandang masa pensiun yang harus dipahami pekerja. Apa saja dan apa manfaatnya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ini soal pensiun. Bahwa siapa pun, cepat atau lambat, pasti akan pensiun. Karena hari tua dan masa pensiun tidak ada yang dapat menghindari. Tapi sayangnya, banyak orang dan pekerja yang belum mempersiapkan masa pensiunnya sendiri.

 

Mungkin, masa pensiun memang masih lama. Tapi bila tidak dipersiapkan sejak dini pasti akan menjadi masalah di kemudian hari. Karena itu, ada 3 (tiga) cara pandang tentang pensiun yang harus dipahami, yaitu:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

  1. Masa pensiun itu bukan soal waktu tapi soal keadaan. Pensiun bukan soal berapa lagi, tapi keadaan seperti apa yang diharapkan di hari tua? Karena faktanya, 7 dari 10 pensiunan di Indonesia mengalami masalah keuangan hari ini.

 

  1. Masa pensiun itu bukan gimana nanti tapi nanti gimana. Saat bekerja boleh saja cukup finansial, lalu bagaimana saat tidak bekerja lagi? Sudahkah setiap pekerja berani menyisihkan sebagian kecil gajinya untuk masa pensiun. Ketahuilah, 9 dari 10 pekerja di Indonesia hari ini sama sekali tidak siap pensiun.

 

  1. Masa pensiun bukan untuk ditakuti tapi untuk dipersiapkan. Cepat atau lambat, setiap pekerja pasti akan sampai pada hari tua, tapi apa yang sudah dipersiapkan? Maka lebih baik "sedia payung sebelum hujan". Agar tidak bergantung kepada anak atau orang lain di masa pensiun. Karena hari ini, hanya 1 dari 4 pensiunan yang "dibantu" secara finansial oleh anaknya.

 

Jadi, mumpung belum terlambat. Ada baiknya setiap pekerja mulai mempersiapkan masa pensiun sendiri. Bukan untuk kaya tapi untuk memenuhi kebutuhan hidup di hari tua. Agar tidak merepotkan orang lain. Masa pensiun yang nyaman dan sejahtera, pasti didambakan semua orang.

 

Lalu, bagaimana caranya untuk pensiun sejahtera?

Tentu, ada banyak cara. Asal mau memulai menabung untuk hari tua. Tabungan yang hanya bisa diambil saat usia pensiun tiba. Itulah yang disebut program pensiun DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Melalui DPLK, setiap pekerja berarti sudah mempersiapkan masa pensiunnya. Dengan menyetor sejumlah iuran (dana) yang nantinya seluruh akumulasi dana dan hasil investasi-nya dijadikan manfaat pensiun yang siap dibayarkan. Tentu, saat usia pensiun tiba.

 

Melalui DPLK, setidaknya kita sudah merancang keadaan masa pensiun yang seperti apa? Ada kepastian dana untuk hari tua. Istilahnya, kerja yes pensiun oke. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mempersiapkan masa pensiun. Salam #YukSiapkanPensiun #EdukasiDanaPensiun #EdukasiDPLK

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler