x

sumber foto: manajemen-pembiayaankesehatan.net

Iklan

Silvie Putri Andini

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Selasa, 12 Juli 2022 06:24 WIB

Apakah Hubungan antara Kepemimpinan dan Manajemen?

menjelaskan arti manajemen, arti dari kepemimpinan dan hubungan antara kepemimpinan dan manajemen.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah terdapat hubungan antara kepemimpinan dan manajemen? Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan berikut, Yuk kita simak bersama.

Pengertian manajemen adalah suatu seni dalam perorganisasian untuk mencapai sebuah tujuan dari mulai perencanaan, pengerjaan dan hasil tujuan yang dilakukan secara perkelompok atau lebih dari seorang.  

Pengertian kepemimpinan adalah orang yang mempimpin suatu organisasi untuk membantu mengawasi kegiatan dan melakukan arahan supaya mendapkan hasil tujuan yang maksimal. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

kepemimpinan manajemen adalah keterampilan untuk mengatur dan memotivasi keberlangsungan kegiatan yang dibarengi dengan ilmu memimpin dengan cara efektif dan efisien.

Tugas dan fungsi manajemen 

Murdick, ross, Clagget (1997) dalam Tambunan (2015:151) mengemukakan ada tiga tugas penting dari manajemen, yaitu: 

  1. mencocokan kemampuan dari lembaganya (perusahaan, universitas, instansi pemerintah, dan sebagainya) dengan berbagai kebutuhan dari lingkungannya, dan memilih misi-misi khusus tertentu dari peluang-peluang ini. 
  2. membentuk suatu lingkungan kerja dan alokasi dari sumberdaya agar terdapat produktifitas maksimum dari seluruh sistem
  3. mengatur tanggung jawab kepada dan dampaknya yang berkepentingan atas lembaga tersebut 

Fungsi majemen menurut George R.Terry yaitu 

  1. Planing 
  2. Organizing
  3. Actuating 
  4. Controling 

Seorang pemimpin dapat mempengaruhi manajemen dengan cara memberikan motivasi dengan baik, seorang pemimpin memiliki wewenang dan tanggung jawab atas hasil pencapaian sebuah perusahaan, maka manajemen akan mendapatkan keberhasilan jika mempunyai pemimpin yang bisa diandalkan. 

Dari yang kita sudah bahas dapat ketahui pengertian dari kepemimpinan dan manajemen bisa kita simpulkan bahwa terdapat hubungan dengan keduanya, yaitu suatu manajemen memerlukan pemimpin untuk membantu mengarahkan atau mengawasi jalannya sebuah organisasi dalam mencapi tujuan yang disepakati secara maksimal. 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Silvie Putri Andini lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler