Bimtek Sosialisasi Program ASO Menuju TV Digital - Analisis - www.indonesiana.id
x

dian purnama

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Agustus 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 06:27 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Bimtek Sosialisasi Program ASO Menuju TV Digital


    Dibaca : 281 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pemerintah daerah mengusulkan calon penerima set top box ialah masyarakat kelas menengah ke bawah agar dapat menikmati layanan televisi berkualitas serta mewujudkan penyebaran informasi yang bermanfaat. Berdasarkan UUD No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja Pasal 60A Ayat 2 Hingga tanggal 2 November 2022 menjadi batas akhir migrasi siaran televisi analog ke digital dan penghentian siaran analog.

    Untuk wilayah Jakarta sudah masuk ke tahap 2 dengan batas migrasi tanggal 25 Agustus 2022.  Berkaitan dengan hal tersebut Pemprov DKI Jakarta mendukung pelaksanaan tersebut dan sesuai target serta membutuhkan dukungan dari aspek infrastuktur peluasan sinyal tv digital terutama bagi pulau seribu dan masyarakat yang kurang mampu. 

    Migrasi televisi analog menjadi salah satu wujud transformasi digital runga lingkup tata kelola penyiaran. Dinas Pendidikan dalam pelayanan pembelajaran telah menerapkan digitalisasi melalui kanal. Jadi tv yang dapat dinikmati oleh seluruh peserta didik, pendidik, tenaga pendidikan melalui layar smart tv dan set top box dengan aplikasi youtube.

    Oleh karena itu, penggunaan perangkat televisi digital  dan set top box dalam pelaksanaan ASO di wilayah Jakarta dapat mensosialisasikan penggunaan dari televisi analog menjadi televisi digital. Kegiatam bimtek dapat memberikan informasi kepada masyarakat, agar nanti pada saat pemberhentian siaran tv analog yang mayoritas masyarakat Indonesia gunakan sampai saat ini.

    Dengan melihat model televisi datar atau temple tidak menutup kemungkinan televisi tersebut semua sudah memakai set top box. Manfaat siaran tv digital, yaitu: Operator tv digital dalam mengelola kanal lebih dari 12 kanal; Peluang usaha akan muncul berbagai siaran tv; Secara teknologi kualitas siaran tv digital jauh lebih baik; Mendorong Revisi UU Penyiaran; Efiensi penggunaan frekuensi yang nantinya frekuensi 700MHz.

    TV digital merupakan perangkat televisi yang mampu menangkap siaran sinyal digital dalam bentuk bit data informasi yang dimana gambar yang ditangkap akan menjadi lebih jernih dan tidak lagi ada gangguan ‘semut’ ketika sinyal sulit ditangkap. Set top box adalah suatu perangkat untuk menangkap siaran terseterial yang tidak berbayar atau free to air.

    Dengan berlangsungnya tahapan bimtek kepada masyarakat luas mendapatkan pengaruh pesan propaganda dari komunikator ke komunikan dengan dampak yang akan migrasi dari Tv analago ke tv digital. Teori Propaganda Modern Menurut Richard Laitinen dan Richard Rakos dapat dilihat dengan berjalannya seminar bimtek dan para penggerak yaitu mahasiswa untuk membantu mempromosikan tentang televisi digital tersebut.

    Ikuti tulisan menarik dian purnama lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: museisman

    1 hari lalu

    Superior

    Dibaca : 159 kali