x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 08:25 WIB

Mencari dan Mengembangkan Kreativitas

Banyak sekali orang kreatif di bidang binis, teknologi, seni, menulis, ilmu, politik dll. Bagaimana mereka menemukan dan mengembangkan kreativitasnya? Sila baca sampai tuntas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Bambang Udoyono, penulis buku

 

Topik ini sudah sejak lama menjadi perhatian para pakar dan praktisi dalam banyak bidang. Psikolog, seniman, ilmuwan, penulis, pebisnis dll sudah lama mencari tahu cara membangkitkan dan mengembangkan kreativitas. Karena semua bidang membutuhkan kreativitas. Bagaimana membangkitkan dan mengembangkan kreativitas?

Berbagai pendapat tokoh

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Jawabannya panjang sehingga idealnya ditampung dalam sebuah buku paling tidak. Tapi kita bisa membahasnya secara singkat.  Mari kita simak pendapat banyak pakar dan tokoh terkemuka.

 

1.Berangkat dari kelangkaan/keprihatinan.

Many creative people are finding that creativity doesn't grow in abundance, it grows from scarcity - the more Lego bricks you have doesn't mean you're going to be more creative; you can be very creative with very few Lego bricks. Jorgen Vig Knudstorp

Banyak orang kreatif menemukan bahwa kreativitas tidak tumbuh dalam kelimpahan, ia tumbuh dari kelangkaan - semakin banyak batu bata Lego yang Anda miliki tidak berarti Anda akan menjadi lebih kreatif; Anda bisa sangat kreatif dengan sangat sedikit bata Lego.

 

2.Mencari cara alternatif.

Creativity involves breaking out of established patterns in order to look at things in a different way. Edward de Bono

Kreativitas melibatkan pemecahan pola yang sudah mapan untuk melihat sesuatu dengan cara yang berbeda.

 

3.Merenung dalam keheningan.

Solitude is creativity's best friend, and solitude is refreshment for our souls. Naomi Judd

Kesendirian adalah sahabat kreativitas, dan kesendirian adalah penyegar jiwa kita

 

4.Menghubungkan fakta.

Creativity is the power to connect the seemingly unconnected. William Plomer

Kreativitas adalah kekuatan untuk menghubungkan yang tampaknya tidak terhubung.

Creativity is just connecting things. When you ask creative people how they did something, they feel a little guilty because they didn't really do it, they just saw something. It seemed obvious to them after a while. That's because they were able to connect experiences they've had and synthesize new things. Steve Jobs
Kreativitas hanya menghubungkan berbagai hal. Ketika Anda bertanya kepada orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasa sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu. Tampaknya jelas bagi mereka setelah beberapa saat. Itu karena mereka dapat menghubungkan pengalaman yang mereka miliki dan mensintesis hal-hal baru.

If you're gonna make connections which are innovative... you have to not have the same bag of experiences as everyone else does. Steve Jobs
If you haven't found it yet, keep looking. Don't settle. As with all matters of the heart, you'll know when you find it. And, like any great relationship, it just gets better and better as the years roll on.
Steve Jobs
Jika Anda ingin membuat koneksi yang inovatif... Anda tidak harus memiliki pengalaman yang sama seperti orang lain. Steve Jobs

Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan menetap. Seperti halnya semua masalah hati, Anda akan tahu kapan Anda menemukannya. Dan, seperti hubungan hebat lainnya, hubungan itu menjadi lebih baik dan lebih baik seiring berjalannya waktu.

You can't connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future. You have to trust in something - your gut, destiny, life, karma, whatever. This approach has never let me down, and it has made all the difference in my life. Steve Jobs
Anda tidak dapat menghubungkan titik-titik dengan melihat ke depan; Anda hanya dapat menghubungkan mereka dengan melihat ke belakang. Jadi, Anda harus percaya bahwa titik-titik itu entah bagaimana akan terhubung di masa depan Anda. Anda harus percaya pada sesuatu - usus Anda, takdir, kehidupan, karma, apa pun. Pendekatan ini tidak pernah mengecewakan saya, dan telah membuat semua perbedaan dalam hidup saya.

 

5.Memiliki antusiasme.

Creativity is a natural extension of our enthusiasm. Earl Nightingale

Kreativitas adalah perpanjangan alami dari antusiasme kita.

 

6.Berpikir kritis.

 Critical thinking and curiosity are the key to creativity. Amala Akkineni

Berpikir kritis dan rasa ingin tahu adalah kunci kreativitas.

 

7.Memiliki renjana.

Passion is one great force that unleashes creativity, because if you're passionate about something, then you're more willing to take risks. Yo-Yo Ma

Renjana adalah salah satu kekuatan besar yang melepaskan kreativitas, karena jika Anda bersemangat tentang sesuatu, maka Anda lebih berani mengambil risiko

 

8.Memiliki ide orisinal.

Creativity is the process of having original ideas that have value. It is a process; it's not random. Ken Robinson
Kreativitas adalah proses memiliki ide-ide orisinal yang memiliki nilai. Ini adalah sebuah proses; itu tidak acak.

 

  1. Keluar dari zona nyaman.

The comfort zone is the great enemy to creativity; moving beyond it necessitates intuition, which in turn configures new perspectives and conquers fears. Dan Stevens

 

10.Keheningan.

Everything that's created comes out of silence. Your thoughts emerge from the nothingness of silence. Your words come out of this void. Your very essence emerged from emptiness. All creativity requires some stillness. Wayne Dyer

11.Punya rasa ingin tahu.

Creativity flows when curiosity is stoked. Neil Blumenthal

 

  1. Punya masukan data.

Creativity requires input, and that's what research is. You're gathering material with which to build. Gene Luen Yang

 

Benang merah


Dari semua pendapat para tokoh terkemuka di atas dapat kita tarik benang merah sebagai berikut.

1.Kreativitas berangkat dari keadaan kekurangan atau keprihatinan. Inilah pendapat Jorgen Vig Knudstorp. Pendapatnya senada dengan pandangan Dan Stevens tentang keluar dari zona nyaman.

2.Merenung dalam keheningan. Naomi Judd mengatakan merenung dalam keheningan diperlukan untuk mengembangkan kreativitas.  Pendapatnya sesuai dengan pandangan Wayne Dyer, bahwa keheningan menjadi modal mencari jalan.

  1. Edward de Bono menyumbangkan mencari alternatif. Keluar dari pola yang sudah ada. Kasus perkembangan seni dan teknologi sangat jelas menunjukkan hal ini.
  2. William Plomer dan Steve Jobs memiliki pandangan serupa. Orang kreatif selalu menghubungkan data, fakta atau dalam istilahnya Jobs menghubungkan titik titik. Tapi menghubungkan titik ke depan sulit. Meskipun demikian coba saja dengan menuruti kata hati.
  3. Earl Nightingale menyebutkan antusiasme sebagai unsur penting. Tanpa antusiasme mustahil kita bisa bekerja keras dan bekerja cerdas. Memiliki renjana (passion) senada dengan ini. Jadi sebaiknya kita belajar, bekerja, dan mengembangkan diri di bidang yang sesuai renjana kita.
  4. Amala Akkineni mengatakan berpikri kritis. Tepat sekali. Bekerja keras saja tidak cukup. Kita harus bekerja cerdas. Kita harus mampu berpikir kritis.
  5. Neil Blumenthal menyebutkan punya rasa ingin tahu. Ini juga merupakan daya dorong kuat.
  6. Ken Robinson mengatakan orang kreatf akan memiliki ide orisinal. Hasil dari semua proses tadi lahirlah ide orisinal. Mungkin berupa buku, teknologi, seni, kiat majemen, kita perang, tatik politik dsb.
  7. Gene Luen Yang mengatakan orang kreatif punya masukan data. Ini sangat penting. Untungnya di era kekinian tidak sudah mendapatkan data. Mengolah data adalah perkara lain lagi.

Penutup

 

Al Qur’an surat Al Insyirah ayat 5 dan 6, menyatakan bahwa bersama kesulitan ada kemudahan. Ternyata dalam kondisi prihatin manusia jadi terdorong untuk merenung, memikirkan, mencari jalan keluar dan akhirnya menemukan gagasan baru untuk bertindak. Ditambah dengan doa memohon bimbingan Allah maka insya Allah kita akan mampu mengatasi segala kesulitan.  

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu