4 Alasan Penting Berterimakasih Kepada Orang yang Berbuat Baik - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Juandi Manullang .

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2019

Kamis, 18 Agustus 2022 23:02 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 4 Alasan Penting Berterimakasih Kepada Orang yang Berbuat Baik

    Dalam kehidupan kita, tentu, ada-ada saja orang-orang yang selalu membantu kita dalam menjalani kehidupan ini. Dari bantuan orang tersebut, alangkah baiknya kita selalu mengucapkan terima kasih sebagai bentuk apresiasi terhadapnya.

    Dibaca : 654 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dalam kehidupan ini, kita penting sekali berterima kasih kepada orang-orang yang berbuat baik kepada kita, seperti mau membantu tanpa pamrih, mau saling tolong menolong dan banyak hal lainnya. Kata terima kasih itu sebagai balasan atas kebaikan seseorang.

    Sama halnya dengan orang-orang yang telah membuat kita sukses terutama orangtua maupun keluarga pada umumnya, penting sekali mengucapkan terima kasih atas kebaikan dan dukungan moril maupun doa kepada kita. Hal tersebut tentulah yang membantu kita.

    Sebab itu, kita harus mengetahui pentingnya berterima kasih kepada orang yang berbuat baik kepada kita. Berikut 4 alasan pentingnya.

    1. Sebagai bentuk apresiasi

    Orang yang berbuat baik maupun sudah membuat kita sukses haruslah diapresiasi. Apresiasi yang kita berikan tidak harus dengan uang atau barang tetapi bisa juga dengan apresiasi berupa rasa terima kasih.

    Orang lain yang sudah berbuat baik, pasti juga tidak beranggapan untuk mendapatkan imbalan yang setimpal. Dengan kata terima kasih pun bisa membuat mereka senang. Dengan kita mau mengucapkan terima kasih, hal itu akan sangat menyenangkan buat orang yang telah membantu kita.

    2. Sebagai bentuk bakti kepada orangtua

    Orangtualah yang sangat berperan penting dalam membantu anaknya untuk sukses. Tanpa orangtua, tak mungkin anak bisa terus maju untuk meraih cita-cita. Oleh karena itu, kata terima kasih kepada orangtua atas kesuksesan kita adalah bentuk bakti anak terhadap orangtua. Kita harus mengingat setiap jasa-jasa yang telah orangtua berikan kepada kita. Jangan sampai dengan kesuksesan yang diraih membuat kita melupakan apa yang telah diberikan orangtua selama ini buat kita. 

    Dengan kata terima kasih tersebut, tentu saja akan membuat orangtua senang dan bangga kepada kita.

    3. Kita tidak melupakan mereka yang telah berjasa

    Hal penting lainnya adalah kata terima kasih sebagai bentuk kita mengingat mereka yang berjasa atas kesuksesan yang kita raih atau tidak melupakan mereka. Karena itu, kita harus membiasakan diri mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah berbuat baik.

    Kita harus berterima kasih kepada siapapun yang mau menolong dalam perkara kecil maupun besar sebagai wujud kita mengingat mereka. 

    4. Sebagai bentuk Sopan santun 

    Terakhir, kata terima kasih sebagai bentuk seseorang yang memiliki sopan santun. Seorang anak selalu diajari orangtua untuk berterima kasih kepada keluarga yang memberi uang, makanan maupun hal-hal yang baik lainnya.

    Saya juga demikian, diajari untuk mengingat kata terima kasih kepada orang-orang yang telah berbuat baik kepada saya. Pesan orangtua bahwa hal tersebut sebagai bentuk sikap sopan santun kepada orang lain. Tentu saja, setiap orangtua pasti akan mengajari anaknya untuk bersikap sopan santun. Karena itu, kita harus menunjukkan sikap sopan santun tersebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai setiap orang yang telah berjasa atas kesuksesan yang diraih. 

    Dengan adanya 4 (empat) alasan penting tersebut, semoga membuat kita tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada orang yang baik dan telah membuat kita sukses. Jangan pernah kita melakukan hal-hal buruk kepada mereka. Tetaplah kita mengingat mereka-mereka yang telah membantu kita dan berjasa buat kita. Yakinlah bahwa dengan menghargai mereka, kita tak akan pernah rugi dan tak akan menyesal karena sikap tersebut. Semoga kedepannya kita bisa melakukan hal tersebut dalam kehidupan bermasyarakat dan kita bagikan buat banyak orang agar mengikuti hal-hal positif tersebut.

    Ikuti tulisan menarik Juandi Manullang . lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.





    Oleh: Dien Matina

    2 hari lalu

    Antre

    Dibaca : 168 kali