x

Iklan

Komunitas Shohafiyah MH

Santri Produktif Minhajul Haq
Bergabung Sejak: 6 Oktober 2022

Jumat, 14 Oktober 2022 07:11 WIB

Bersungguh-sungguhlah


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

GENIUS

Genius secara bahasa: berkemampuan (berbakat) luar biasa dalam berpikir dan mencipta

Genius adalah istilah untuk menyebut seseorang dengan kapasitas kecerdasan di atas rata-rata di bidang intelektual, terutama yang ditunjukkan dalam hasil kerja yang kreatif dan orisinal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mungkin kebanyakan orang mengira bahwa kegeniusan itu bawaan dari orang tua, memang pemikiran seperti itu ada benar-nya karna di masyarakat sekitar kita rata-rata orang-orang yang pintar di kelas biasanya memiliki orang tua yang memiliki pendidikan tinggi, akan tetapi yang akan saya bahas adalah menjadi genius dengan berusah, berlatih dan membangun kesiasaan-kebiasaaan yang baik.

Pada tahun 1960-an ada seorang dosen psikolog asal Hungaria bernama László Polgár melakukan sebuah eksperimen yang dinamakan Polgar Experiment dimana dia ingin membuktikan bahwa semua orang bisa menjadi genius dengan mantra “seorang genius bukan dilahirkan, melainkan dibentuk oleh pendidikan dan pelatihan” dengan menjadikan anaknya sebagai obyek eksperimen.

Yang ia ingin kembangkan adalah catur (karna si sulung bernama Susan telah jatuh cinta dengan catur sejak umurnya masih 3 tahun) dan mereka ingin membina anak-anak mereka sebagai pencatur professional. Akan tetapi di Hungaria catur merupakan permainan pria(pemain wanita tidak dianggap).Tanpa disangka anak pertama dapat memenangkan kompetisi catur dewasa Hungaria.

Dari cerita diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa siapapun bisa menjadi apapun yang dia inginkan dengan petunjuk yang tepat, pendidikan yang baik, pelatihan yang bagus dan membangun kebiasaan-kebiasaan yang baik.Maka dari itu jika anda ingin mewujudkan cita-cita anda maka anda perlu berusaha semaksimal mungkin, pribahasa arab mengatakan: مَنْ جَدَّ وَجَد yang berarti barangsiapa yang bersungguh sungguh maka dia akan mendapatkannya

Ikuti tulisan menarik Komunitas Shohafiyah MH lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu