x

Iklan

Komunitas Shohafiyah MH

Santri Produktif Minhajul Haq
Bergabung Sejak: 6 Oktober 2022

Jumat, 21 Oktober 2022 08:15 WIB

Meningkataka Rasa Takut kepada Allah

Kita harus takut pada allah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dengang meningkatkan kualitas keimanan diperlukan rasa selalu diawasi oleh Allah. Sebab dengan demikian, kita akan takut berbuat dosa. Diantara hal yang dapat meningkatkan kualitas iman adalah mengenal nama-nama allah yang baik ( asmaul husna ) dan berusaha menerapkan konsekuensi dari pengenalan kita terhadap nama-nama nya.

Allah ta’ala berfirman dengan artinya : “ Engkaulah yang mengawasi merka dan engkaulah yanag maha menyaksikan atas segala sesuatu-sesuatu ( Al-Maidah 117 ).

Jika lau di dalam diri kita. Kita sudah menanmkan rasa diawasi oleh allah yang maha melihat, pasti kita selalu berfikir sebelum bertindak atau beraktifitas karena kita akan selalu merasa diawasi oleh allah. Begitupun sebaliknya, bila kita tidak mampu menjaga hati dan prilaku kita, maka sesungguhnya hati kita masih belum mersakan hadirnya rasa diawasi oleh allah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Allah berfirman dalam artinya : “ Dan rahasiakanlah perkataan kalian atau nyatakanlah. Sungguh dia maha mengetahui segala isi hati. Apakah ( pantas ) allah yang menciptakan itu tidak mengetahui ? dan dia maha lembut, maha mengetahui “ ( Al-Mulk 13-14 )

 Allah ta’ala berfirman dalam artinya : “ Dan dia Bersama kalian dimana pun kalian berada dan allah maha melihat apa yang kalian pebuat “ ( al-Hadid 4 )

 Dalam tafsir imam Ibnu Katsir disebutkan tentang ayat tersebut “ Bahwa allah mengawasi kalian dan menyaksikan semua yang kalian lakukan, dimana saja kalian berada dan kapanpun waktunya. Allah mengawasi dan menyaksikan semua yang kalian lakukan di daratan maupun di lautan, pada waktu malam maupun siang hari, di rumah tempat tinggal mu maupun di tempat umum yang terbuka. Segala sesuatuada dalam ilmunya semuannya , semuanya dalam penglihatan dan pelajaran-nya. Dia bisa mengetahui apa yang kamu katakana dan lakukan apapun itu dan sekecil apapun itu.

 ‘Umar berkata, Yaitu dalam potongan hadist Jibril yang bertanya kepada rasull : Maka beritahulah aku tentang ikhsan? Maka sabda nabi : Jadi engkau beribadah kepada allah seperti kamu melihat-nya, tetapi sebenarnya engkau tak meliha-nya, tetapi ia melihat engkau

Do’a rasull, yang di riwayatkan oleh At-tirmidzi dalam artinya : “ Ya allah, sesungguhnya kami memohon kepada engkau keselamatan dalam islam, Kesehatan badan, tambahkan ilmu pengetahuan, keberkahan dalam rezeki, taubat sebelum mati, mendapat rahmat saat wafat, memproleh pengampuna sesudah mati, ya allah, ringankanlah bagi kami saat menghadapi saklaratulmaut, kami mohon keselamata dari siksa neraka, dan kami mohon maaf saat dihisab “.

Ikuti tulisan menarik Komunitas Shohafiyah MH lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu