x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Selasa, 25 Oktober 2022 08:48 WIB

Maksimalkan Layanan Kesehatan, Rutan Demak Lakukan Asesmen Kesehatan Jiwa Kepada WBP

Perawat Rutan Demak melakukan kegiatan sosialisasi asesmen tentang kesehatan jiwa kepada warga binaan, Senin (24/10/20220).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

DEMAK- Perawat Rutan Demak melakukan kegiatan sosialisasi asesmen tentang  kesehatan jiwa kepada warga binaan, Senin (24/10/20220).

Kegitan asesmen ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kondisi awal kesehatan jiwa WBP, mengetahui kebutuhan intervensi kesehatan jiwa, dan langkah awal dalam keberlangsungan promosi kesehatan jiwa. Kegiatan terlaksana setelah apel kesadaran nasional  bertempat di lapangan Rumah Tahanan Kelas IIB Demak dan diikuti oleh semua warga binaan pemasyarakatan.

Sri Setyo Lestari selaku Perawat di Rutan Demak membenarkan hal itu, dia menyampaikan kesehatan jiwa para warga binaan harus diperhatikan dan dilakukan pengecekan. Adapun bentuk-bentuk asesmen yang bisa dilakukan adalah Kuesioner, Observasi, dan Wawancara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Kegiatan asesmen ini adalah sebagai wujud perhatian kita terhadap kesehatan para warga binaan khususnya kesehatan jiwa. Untuk itu apa yang telah disampaikan oleh petugas tolong dijalankan secara serius,” ungkap Sri Setyo Lestari.

“Ini ada kuisioner sebagai langkah awal pengecekan kesehatan jiwa kalian, tolong diisi sesuai kondisi yang kalian alami, jangan diisi hal yang tidak sesuai, semakin sesuai kalian memberikan jawaban maka semakin mudah juga kita mengetahui keadaan kesehatan jiwa kalian,” katanya sambil membagikan kuisioner ke 221 WBP.

Perlu diketahui bersama sifat asesment ini bersifat rahasia dan pribadi, bersifat untuk rekomendasi, tidak digunakan untuk mendiagnosa, dan hasil digunakan sebagai alat pemetaan kebutuhan dukungan psikologi  WBP, bukan sebagai pemberi label.

Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari sosialisasi tentang Kesehatan jiwa yang dilakukan Kantor Wilayah kepada para tenaga kesehatan di masing-masing Unit Pelaksanaan Tugas beberapa waktu lalu.

Sementara itu Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak, Riski Burhannudin menyampaikan, kegiatan ini adalah sebagai upaya peningkatan layanan kesehatan Rutan Demak kepada warga binaan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para warga binaan Rutan Demak terfasilitasi mengenai layanan kesehatan jiwa. Ini adalah komitmen kita bersama untuk terus meningkatkan layanan yang ada di Rutan Demak,” ujar Riski Burhannudin.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler