Upaya Jauhi Narkotika untuk Melindungi Orang Terdekat dan Masyarakat

Kamis, 27 Oktober 2022 06:32 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Narkotika adalah hal yang sangat berbahaya di dunia karna dapat merusak masa depan apa lagi penerus bangsa. karna itu lah pentingnya artikel ini untuk membantu wawasan bangsa agar terhindar dari maraknya narkotika yang melanda dan merusak masa depan bangsa.

Narkoba ialah siangkatan dari narkotika, psikotropia dan bahan adiktif aktif lainnya. Kata narkoba sering digunakan oleh para praktisi kesehataan dan rehabilitasi. Akan tetapi pada maknanya tetap merujuk pada ketiga jenis zat yang terkandung di dalam narkotika. Mungkin kata narkotika sudah tidak familiar lagi di telinga karena maraknya kasus penyalahguaan narkoba oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab atas apa yang diperbuat yang berujung pada bahaya yang mengancam jiwa dan kesehataan psikologis yang berdampak sangat buruk terutama di lingkungan masyarakat.

Berdasarkan UU Narkoba Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkoba yang berisi tentang narkoba ialah zat yang menimbulkan efek tertentu bagi yang mengonsumsi narkoba dan efek samping yang dapat di timbulkan ilah keseimbangan elektrolit dalam tubuh berkurang hal tersebut dapat menyebabkan kurangnya cairan dalam tubuh sehingga sistem organisme dalam tubuh terganggu akibat mengonsumsi narkoba. Jika terus-terusan mengonsumsi narkoba maka efek sampingnya tubuh akan mengalami kejang-kejang,munculnya halusinasi serja sering kali tampak lebih emosi dan agresif dan munculnya rasa sesak bagian dada dan juga dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakaan pada syaraf otak. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari banyaknya khasus penyalahgunaan narkoba dan tidak ingi semakin banyak korba maka dari itu didirikannya Badan Narkotika Nasional (BNN) yang di bantu oleh polri untuk membantu penyelesaian permasalahan narkotika yang yang ada di indonesia dan membantu dalam menanggulangi khasus narkotika serta pemberian edukasi tentang bahayanya narkoba. adapun upaya pencegahan narkotika di indonesia di golongkan menjadi beberapa upaya premitif,preventif dan represif. upaya pencegahan di sesuaikan dengan tingkataan kasusbyang ada dan penangkapan itu tidak hanya di lakukan terhadap warga negara saja melainkan warga negara negara asing yang terlibat dalam kasus narkoba. 

Badan narkotika nasional memiliki wewenang untuk melakukan penyelidikan,peredaraan, penyalahgunaan narkoba, oleh sebab itu para generasi muda harus di berikan arahan dan edukasi sejak dini tentang apa itu narkoba,bahayanya, dampaknya dan pengaruh terhadap masyarakat agar tidak terjadi penyelesain di kemudian hari untuk masa depan anak penerus bangsa. edukasi yang di berikan kepada generasi muda di mulai dari lingkungan keluarga,sekola serta lingkungan sosial masyarakat jika lingkuan itu efektif dan kolaboratif maka upaya jauhi narkoba untuk melindungi orang terdekat dan masyarakat dapat membantu dalam menekan angka penyebaraan narkotika yang ada di indonesia. 

Lingkungan sehat harus memiliki solusi untuk mendeteksi dan menangani hal yang berkaitan dengan narkoba misalnya adanya kegiataan sadar dan peduli akan adanya perubahan anak di rumah maupun di sekolah. setelah sudah memiliki pengetahuan tentang tanda penyalahgunaan narkoba beri perhatiaan yang intens dan tingkatkan kualitas interaksi antar anggota keluarga. oleh karna itu pentingnya edukasi narkoba bagi generasi muda perlu di tanamkan supaya tidak ada kata menyesal karna di era sekarang perkembangan digital di masyarakat sangat melaju pesat tanpa di sadari pula munculnya pergaulan bebas di kalangan generasi muda sangat meresahkan masyarakat

Mengonsumsi narkoba dapat merusak masa depan bangsa maka dari itu ayo wujudkan indonesia sehat dengan upaya jauhi narkoba untuk melindungi orang terdekat dan masyarakat 

#salamsehat 

#salamkuat

#poltekkesyo

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Afni Hartika

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua