Sang Penggerak - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Program GuruPenggerak diperuntukkan bagi guru yang mau bergerak, tergerak dan menggerakkkan

Helwiyah ewi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Minggu, 6 November 2022 06:04 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Sang Penggerak

    Program guru penggerak diperuntukkan bagi guru yang mau bergerak, tergerak dan menggerakkan. Mereka diharapkan mampu memimpin pembelajaran sehingga pada akhirnya mampu memimpin sekolah bahkan pengawas.

    Dibaca : 1.201 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Program Guru Penggerak kini memasuki tahap seleksi  angkatan 8. Ribuan guru penggerak dan  Calon Guru penggerak  menjalani masa pendidikan dan pembekalan .  Berawal dari proses pendaftaran melalui akun SIM PKB, calon Guru Penggerak harus melengkapi berkas administrasi, melengkapi beberapa soal essay dengan minimal 500 kata untuk jawaban tiap soal. Seleksi tahap 1 sudah banyak yang tidak lulus, karena banyaknya peminat program ini. Seleksi tahap 2 adalah simulasi mengajar dalam waktu hanya 15 menit. Simulasi mengajar  harus dipraktikkan melalui daring dengan 2 orang penilai dari Tim PGP.  Pada kegiatan simulasi ini CGP harus mandiri dalam mengajar, mengatur media hingga memperhitungkan  alokasi waktu. 

    Tahap ke tiga dalam seleksi ini adalah tanya jawab selama 1 jam nonstop tanpa jeda oleh 2 tim penilai.  materi tanya jawab adalah hal yang tertulis dalam essay di seleksi tahap 1. Jika CGP sudah terbiasa terlibat dalam berbagai kegiatan dan organisasi  yang berdampak pada peningkatan kompetensi  sesama guru bahkan membimbing hingga menghasilakn produk, maka tanya jawab akan berjalan lancar. 

    Daya tarik Program Guru penggerak  adalah posisi kepala sekolah dan pengawas bagi yang lulus mengikuti rangkaian seleksi, pembekalan daring dan luring, berbagai penugasan dan aksi nyata.  Memang tak mudah proses yang harus dijalani, kegiatan daring yang diikuti bersama fasilitator dan instruktur melalui ruang google meet  hampir setiap hari, penugasan dari materi melalui daring dan LMS ( Learning Management System), diskusi kelompok sampai presentasi.

     Dalam pembelajaran daring ( tatap maya) Calon Guru penggerak akan ditemani  fasilitator,  instruktur dan pengajar praktik sebagai pendamping . Penilaian dari setiap penugasan dilakukan instruktur, fasilitator dan  pengajar praktik melalui LMS. sedangkan dalam pembelajaran luring CGP akan ditemani oleh Pengajar Praktik sebagai pendamping hingga CGP  berubah menjadi GP. 

    Kegiatan daring berisi tentang penyampaian materi, diskusi  dan tanya jawab. CGP harus aktif  merespon dan memberi reaksi . Para CGP harus rajin memantau LMS untuk mengerjakan tugas sesuai proses pembelajaran yang dijalani secara daring pula

    Pada awalnya Program Guru Penggerak  dilaksanakan selama 9 bulan, mulai angkatan 4 kegiatan dipangkas waktu hingga jadi 6 bulan.  Setiap bulan Pengajar Praktik dan Guru Penggerak  akan bertatap muka di suatu tempat untuk melakukan lokakarya  orientasi dan lokakarya 1-7. Sepekan sebekum lokakarya, Pengajar Praktik akan mendatangi sekolah para CGP untuk melakukan kegiatan pendampingan Individu . Satu CGP didampingi 1  orang pengajar praktik saat kegiatan Pendampingan Individu  dan Lokakarya  

     

    Bekasi, 5 November 2022

     

    Ikuti tulisan menarik Helwiyah ewi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.