In Memoriam Profesor Sofyan Hanif, Guru Besar UNJ yang Ramah dan Aktif Bergerak - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 17 November 2022 06:18 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • In Memoriam Profesor Sofyan Hanif, Guru Besar UNJ yang Ramah dan Aktif Bergerak

    Selamat jalan Prof. Sofyan Hanif, sosok baik yang tidak kemana-mana tapi ada di mana-mana. UNJ kehilangan guru besar yang ramah dan aktif berdinamika

    Dibaca : 902 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Innalilllahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd., Guru Besar UNJ pada hari ini (16/11/2022). Kaget dan sedih mendengar kabar duka tentang beliau. Sosok yang ramah, aktif, dan bersahaja. Siapapun yang mengenal beliau, pasti setuju bahwa beliau adalah orang baik. Di mana pun dan saat kapan pun.

    Tulisan ini saya bikin untuk mengenang sosok beliau. Karena saya dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor pasti tidak dapat melupakan jasa beliau. Prof. Sofyan Hanif sangat melekat di hati anak-anak TBM Lentera Pustaka. Karena semasa menjabat Warek 3 UNJ, beliaulah yang meresmikan berdirinya TBM Lentera Pustaka pada 5 November 2017 bersama Ibu Dr. Liliana Muliastuti (Dekan FBS UNJ), Khatibul Umam (Anggota DPR RI kala itu) dan Teddy Pembang (Camat Tamansari Kab. Bogor). Beliau sangat mendukung alumni UNJ (d/h IKIP Jakarta) yang berkiprah secara sosial utuk pendidikan masyarakat yang lebih baik. Bahkan atas pandangan beliau pula secara objektif kala itu, saya selaku Pendiri TBM Lentera Pustaka dianugerahi “UNJ Award 2017” sebagai alumni UNJ yang mengabdi untuk masyarakat melalui taman bacaan.

    Saya mengenal almarhum Prof. Sofyan Hanif semasa kuliah S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra FPBS IKIP Jakarta (kini FSB UNJ). Selain sebagai kakak kelas yang kuliah di FPOK (kini FIK), beliau dikenal aktif mengurus Resimen Mahasiswa (Menwa) IKIP Jakarta. Puluhan tahun tidak jumpa dan tidak berkabar, akhirnya saya bertemu kembali dengan beliau saat menjabat sebagai warek 3 UNJ untuk urusan IKA UNJ. Kepergian beliau, tentu menjadi “kehilangan” banyak pihak. Seakan tidak percaya tapi itulah kekuasaan Allah SWT, apa hendak dikata?

    Terlepas dari Alm. Prof. Sofyan Hanif sebagai guru besar UNJ, bahkan pernah menjadi Dekan FIK UNJ (2005-2009), Warek 3 UNJ (2014-2019), dan kini sebagai Kepala BPS LabSchool YP UNJ (2019-2023), saya dan TBM Lentera Pustaka bersaksi beliau adalah orang baik. Sosok yang ramah, aktif, dan bersahaja. Seperti kata guru ngaji saya, beliau seperti organisasi NU, “tidak kemana-mana tapi ada di mana-mana”. Semoga Almarhum Prof. Sofyan Hanif diampuni segala kesalahannya, diterima amal ibadahnya, dan memperoleh tempat terbaik di sisi Allah SWT., serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan, amiin. Alfatihah untuk  Prof. Sofyan Hanif.

    Dari sosok Prof. Sofyan Hanif ada pelajaran penting. Sebagai mahkluk sosial, beliau selalu mengembangkan simpati dan empati sehingga mudah tergerak untuk membantu sesama dan apapun. Beliau selalu ikhlas sediakan waktu, pikiran, dan tenaga untuk tiap langkah kebaikan. Prof. Sofyan Hanif telah mengajarkan siapapun. Untuk menjadi orang baik tidak perlu muluk-muluk. Cukup bersikap tulus kepada siapapun. Itulah yang dialami TBM Lentara Pustaka dari sosok beliau. Selalu ramah, tulus, ringan tangan untuk membantu, dan gesit mau kemana saja asal untuk kebaikan pendidikan dan almamater. Selamat jalan Prof. Sofyan Hanif. Semoga husnul khotimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Insya Allah saya dan TBM Lentera Pustaka akan selalu mendoakan Prof.

    Sulit dibantah, Prof. Sofyan Hanif adalah salah satu orang baik yang saya kenal. Daarinya, saya belajar. Bahwa bukan orang pintar yang mengubah suatu organisasi apapun. Tapi orang baik dan budaya baik yang akan mengubahnya. Selamat jalan Prof. Sofyan Hanif, salam Hormat selalu. #PegiatLiterasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

     

    Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.