Tujuh Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Harus Keluar Rumah

Kamis, 17 November 2022 20:07 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lakukan 7 cara menghasilkan uang secara online tanpa harus meninggalkan rumah berikut ini sebagai penghasilan utama dan tambahanmu.

Di dunia yang serba internet saat ini, mendatangkan banyak sekali kemudahan bagi banyak orang dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Mulai dari kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, komunikasi, dan transportasi, tidak luput dari teknologi internet.

Namun, tidak hanya memudahkan aktivitas, internet juga memberikan peluang besar bagi banyak orang untuk mendapatkan uang atau penghasilan tambahan melalui berbagai cara yang dilakukan secara online, tanpa harus meninggalkan rumah. Menarik bukan?

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan cuan dari internet secara lengkap, jelas, serta informasi tentang apa saja platform yang bisa kamu gunakan.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Harus Keluar Rumah

1. Berjualan online

Cara pertama mendapatkan uang dari internet adalah dengan berjualan online. Cara ini bisa dibilang merupakan cara yang paling populer dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Barang yang biasa dijual secara online misalnya pakaian, hijab, alat tulis, aksessoris, makanan, hingga gadget.

Ada beberapa sarana untuk berjualan online, mulai dari melalui marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, membuat website toko online sendiri, hingga melalui TikTok Shop.

Selanjutnya, jangan lupa melakukan promosi melalui akun sosial media Instagram atau TikTok agar produknya lebih banyak dikenal secara luas, dan meningkatkan penjualan.

2. Mengikuti program affiliate marketing

Program affiliate marketing memungkinkan kita untuk mendapatkan komisi jika berhasil membuat orang lain membeli produk atau layanan tertentu melalui link afiliasi yang kita bagikan di berbagai platform. Misalnya melalui media sosial atau tulisan di blog.

Caranya, saat ada pelanggan yang mengklik link afiliasi dan kemudian membeli produk atau jasa yang ditawarkan, kita akan secara otomatis mendapatkan keuntungan berupa persentase dari hasil penjualan sesuai kesepakatan.

Saat ini ada banyak program affiliate marketing yang bisa diikuti, seperti Shopee Affiliate, Tokopedia Affiliate, TikTok Affiliate, atau program afiliasi dari para penyedia hosting seperti Niagahoster, Hostinger, dan lainnya.

3. Menjadi freelancer

Saat ini, permintaan pekerja lepas atau freelancer dengan skill tertentu semakin banyak. Dengan memanfaatkan peluang ini, kamu bisa mendapatkan uang dari rumah tanpa harus keluar rumah.

Kamu bisa menemukan klien yang membutuhkan skill yang kamu miliki melalui berbagai situs seperti Sribulancer, Fastwork, Freelance Indonesia, Projects, dan lainnya.

Jasa yang saat ini banyak dibutuhkan klien misalnya desain grafis, content writer, jasa pembuatan website dan aplikasi, hingga penerjemah beberapa bahasa.

4. Menjual produk digital

Tidak hanya produk fisik, di era digital saat ini, kamu juga bisa menjual produk non fisik dalam bentuk digital. Contoh produk digital yang bisa dijual misalnya ebook, foto, template website atau blog, preset foto, aplikasi, dan design Canva.

Platform menjual produk digital berbeda-beda tergantung produk yang dijual. Seperti misal foto, kamu bisa menjualnya ke situs Shutterstock, menjual template website di situs Themeforest atau Envanto, menjual design Canva di situs Canva, dan lain sebagainya.

Menjual produk digital memiliki kelebihan sendiri, selain tidak membutuhkan space fisik untuk menyimpan barang, juga berpeluang memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada produk fisik biasa, tergantung nilai yang diberikan.

5. Membuat blog dan memonetasinya

Buat kamu yang suka menulis, memiliki blog menjadi suatu pilihan yang bagus untuk menyalurkan hobi sekaligus mendatangkan uang dari internet dengan cara memonetasinya.

Beberapa cara umum menghasilkan uang dari blog adalah melalui pemasangan iklan Google AdSense di blog, memasang link affiliate marketing di dalam artikel, paid product review, artikel bersponsor, dan penjualan produk dan jasa.

Agar blog yang kamu miliki ramai pengunjung dan bisa dimonetisasi, usahakan untuk tetap konsisten menulis dan mulailah belajar SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari agar artikel di blogmu dapat menempati posisi teratas di halaman hasil mesin pencarian seperti Google.

6. Membuka kursus online

Kamu punya keahlian di bidang tertentu? Tidak ada salahnya membuka kursus online berbayar kepada orang yang membutuhkan ilmu yang kamu miliki. Apalagi saat ini banyak orang berbondong-bondong belajar skill-skill baru demi menunjang karirnya di dunia kerja.

Keahlian yang paling populer dibutuhkan saat ini termasuk skill komputer, bisnis, keuangan, pendidikan, bahasa asing, hingga memasak.

Caranya, kamu bisa membuat personal branding di akun sosial media dengan membagikan materi-materi keahlian yang kamu miliki, lalu membuka webinar pelatihan berbayar untuk materi yang lebih detail.

Atau, kamu juga bisa mendaftarkan diri sebagai mentor di beberapa situs eLearning yang biasa menjual kursus online, seperti Udemy, Tempo Institute, Qubisa, SkillAcademy, dan lainnya.

7. Menjadi content creator

Content creator adalah orang yang membuat konten baik tulisan, video, gambar, dan lainnya, di berbagai platform berbasis internet. Konten yang bagus dan kreatif biasanya akan mendatangkan banyak followers atau subscribers setia, yang kemudian membuat si content creator menjadi terkenal.

Jika sudah terkenal, secara otomatis akan banyak brand yang datang untuk mengajak kerjasama berbayar. Bentuk kerjasama ini bisa berupa ulasan produk berbayar, endorsement, diundang ke berbagai event untuk menjadi pembicara atau sebagai tamu undangan yang tentunya dibayar. Selain itu content creator juga bisa mendapatkan uang melalui iklan AdSense yang biasa ada di platform Youtube.

Peluang mendapatkan uang dari kreatifitas ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu, asalkan kamu memiliki komitmen untuk konsisten membuat konten yang unik dan berkualitas. 

Jenis konten yang bisa kamu pilih pun sangat beragam, bisa dari pengalaman keseharian kamu, review makeup atau skincare, gadget, atau review hotel dan penginapan.

Kesimpulan

Semua cara menghasilkan uang dari internet di atas bisa kamu jadikan sebagai penghasilan utama atau sampingan. Kamu tentu tidak perlu melakukan semuanya, tapi pilihlah salah satu cara yang paling kamu sukai.

Jalan untuk sukses mendapatkan cuan dari internet tidak akan mudah, kamu tetap harus banyak belajar untuk meningkatkan keahlian di bidangmu, dan juga diimbangi dengan konsistensi yang dilakukan dengan sepenuh hati. 

Seiring dengan berjalannya waktu, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha yang kamu lakukan. Selamat mencoba!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua