Keterampilan Membaca: Mengenal Membaca Ekstensif

Selasa, 6 Desember 2022 20:17 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Artikel ini membahas tentang membaca ekstensif

Membaca ekstensif adalah membaca suatu teks kemudian memahami isi dari apa yang dibaca dalam waktu singkat. Atau membaca suatu teks secara sekilas dengan cepat untuk mendapatkan makna umum atau mencari bahasan suatu kata kunci.

Ada beberapa jenis membaca ekstensif, diantaranya :

  • Membaca survey
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yaitu membaca dengan terlebih dahulu menelaah apa yang akan kita pelajari dengan melihat judul-judul yang terdapat pada buku-buku terkait, kemudian meneliti atau mempelajari bagan skematik yang relevan.

  • Membaca sekilas

Yaitu membaca yang membuat kita bergerak cepat untuk melihat, menunjukkan bahan tulisan untuk mencari makna, mendapatkan informasi yang informatif.

  • Membaca dangkal

Yaitu membaca untuk memperoleh pemahaman yang tidak mendalam tentang suatu teks.

Beberapa teknik dan cara membaca ekstensif  :

  • Teknik Baca-Lompat (Skipping)

Teknik membaca ini yaitu membaca dengan mengalihkan pandangan dari bagian penting atau pokok utama ke bagian penting lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Teknik baca-lompat adalah teknik membaca melompat dengan cara mengayunkan mata dari bagian penting ke bagian penting lainnya secara cepat dan tepat.

  • Teknik Baca-Pilih (Selecting)

Teknik membaca ini dilakukan dengan cara memilih bagian bacaan atau buku yang memuat informasi yang dibutuhkan dan tidak harus membaca bacaan atau buku secara keseluruhan.

  • Teknik Baca-Tatap (Scanning)

Teknik membaca ini merupakan teknik membaca cepat tetapi teliti. Teknik membaca ini dilakukan untuk mengetahui informasi tertentu dalam suatu bacaan seperti mencari arti kata dalam kamus, mencari istilah dalam ensiklopedia dan sebagainya.

  • Teknik Baca-Layap (Skimming)

Teknik ini merupakan cara membaca sekilas suatu bacaan atau buku secara keseluruhan untuk mendapatkan gambaran umum dari bacaan tersebut, misalnya mencari topik bacaan, isi buku dan hal-hal penting lainnya.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Kanaya Najwa Nabilah

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
Lihat semua