Membaca Itu Penting

Kamis, 8 Desember 2022 06:32 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Artikel ini membahas tentang seberapa penting nya membaca dan memberikan informasi terkait manfaat -manfaat dalam membaca bagi seluruh kalangan.

Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Membaca adalah mengungkapkan suatu imajinasi terhadap suatu pembaca yang disukai khalayak ramai dan juga dimengerti oleh seseorang yang dicintai. Tujuan membaca yang paling utama ialah memahami seluruh informasi yang tertera dalam teks bacaan untuk mengembangkan intelektual yang dimiliki pembaca. Membaca bukan hanya kegiatan memahami huruf demi huruf yang tertulis, dalam membaca kita juga memerlukan beberapa teknik, agar kegiatan membaca yang kita lakukan dapat menjadi efektif tanpa harus membuang banyak waktu. Berikut ini saya akan memaparkan 4 teknik membaca efisien yang dapat di terapkan untuk kita semua. 

1. Scanning

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Scanning atau pemindaian merupakan metode yang sering digunakan daripada teknik lainnya. Dalam teknik ini kita hanya ingin membaca untuk informasi spesifik seperti kata kunci, angka, nama, dan sebagainya tanpa melihat detail lainnya. Teknik ini dapat kita terapkan dengan memaca baris subjek dan tentukan apakah itu yang kita cari atau bukan. Selain itu, kita bisa memindai hal yang kita cari dengan jari kita sebagai panduan. Cara ini adalah teknik terbaik untuk digunakan saat kita membutuhkan informasi spesifik dengan cepat.

2. Skimming

Skimming melibatkan membaca lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Tidak seperti pemindaian, kita terlebih dahulu harus mendapatkan ide utama materi sebelum mencari detail tertentu yang mendukungnya. Teknik ini paling bagus untuk karya non-fiksi. Namun, teknik ini tidak disarankan untuk membaca kontrak, novel, atau makalah penelitian karena kita mungkin melewatkan detail pentingnya. Teknik skim dapat kita gunakan untuk membaca ulasan seperti testimoni untuk mendapatkan kesan keseluruhan dari produk atau layanan. Intinya dengan teknik ini kita bisa membaca bagian-bagian penting dan meninggalkan yang tidak perlu.

3. Membaca Intensif

Membaca intensif adalah teknik yang paling memakan waktu dari semua teknik membaca. Tujuan utama teknik ini adalah untuk menyimpan informasi jangka panjang. Metode ini direkomendasikan terutama untuk siswa bahasa karena membantu mereka benar-benar memahami arti kata-kata dalam konteksnya. Namun, cara ini juga bagus untuk menganalisis laporan dan penelitian terperinci. Digunakan bersama dengan skimming dan pemindaian, membaca intensif dapat memperluas wawasan kita dan membantu menyimpan informasi penting lebih lama.

4. Membaca Ekstensif

Membaca ekstensif berfokus pada membaca untuk kesenangan. Strategi ini bagus tidak hanya untuk karya fiksi, tetapi juga untuk meningkatkan tulisan, dan memperluas kosa kata. Tidak ada teknik khusus dalam teknik membaca ekstensif. Pembaca hanya membaca bacaan sesuka hati mereka. Mereka bisa menggunakan cara mereka sendiri dan bagaimana memahami materi yang dibaca.

Apasih penting nya membaca itu bagi kita? 

Membaca merupakan aspek penting dalam kehidupan. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca, seperti meningkatkan kinerja otak, menambah pengetahuan, dan mengasah daya ingat. Para pakar pun menyetujui bahwa membaca merupakan hal penting dan memiliki dampak yang sangat bagus untuk manusia.

Selanjutnya, penulis akan memberikan informasi kepada pembaca apa-apa saja manfaat yang akan di dapatkan dengan membaca, diantaranya: 

1. Mencerahkan Imajinasi Kita. Setiap buku yang kita baca memiliki kekuatan untuk mengubah kita ke dunia berbeda yang penuh dengan beberapa karakter luar biasa.

Buku juga dapat meningkatkan daya imajinasi kita dan dapat bertindak sebagai gerbang yang membuka pintu ke dunia mimpi, jauh dari kenyataan pahit kehidupan nyata. Imajinasi dan kreativitas kita akan disimulasikan saat membaca buku fiksi yang bagus.

2. Memberikan Perspektif pada Dunia di Sekitar

Buku yang bagus memiliki kekuatan untuk mengubah cara kita berpikir, berbicara, dan menganalisis sesuatu. Ada banyak buku yang ditulis dalam beberapa genre seperti fiksi, non-fiksi, novel, drama, thriller, suspense, fiksi ilmiah, dan lainnya. Setiap buku hadir dengan perspektif uniknya masing-masing. Membaca memberi kita keuntungan menganalisis lingkungan yang berbeda yang mendorong pikiran kita untuk jeli. Sebab, buku-lah membantu dalam mengembangkan pikiran dan keterampilan mengamati.

3. Membangun Kepercayaan Diri

Manfaat lain adanya buku dalam keseharian kita, yaitu bahwa buku membantu membangun kepercayaan diri. Ketika kita membaca buku, kita bisa belajar tentang perjuangan dan kesulitan berbagai karakter. Kadang-kadang, kita bahkan menghubungkan situasi itu dengan kehidupan pribadi kita. 

4. Membantu Kita Tumbuh Secara Mental dan Emosional. Membaca buku membuat kita bisa lebih berempati. Bagaimana bisa? Sebab, terlibat dengan karakter fiksi dan memahami situasi mereka, itu meninggalkan dampak yang kuat pada kapasitas kita untuk berempati dengan orang lain. Tentunya, memiliki sikap empati seperti ini sangat membantu kita tumbuh menjadi orang yang lebih baik.

5. Membantu Meningkatkan Kemampuan Menulis. Bagaimana bisa menjadi penulis jika kita tidak memperkaya wawasan dan kosakata dengan membaca?

Oleh sebab itu, pastilah membaca bisa meningkatkan kemampuan menulis seseorang. Manfaat ini bisa dirasakan seiring meningkatnya jumlah bacaan kita. Sebab, wawasan akan bertambah saat kita membaca, mulai dari satu hingga berbagai buku. 

Nah, sekarang bagaimana? Sudah tahu bukan, betapa pentingnya membaca buku dalam kehidupan kita? Tak perlu langsung membaca buku berat, Grameds, kita bisa mulai dengan membaca buku yang paling sesuai dengan minat kita, seperti fiksi sejarah, misalnya.

Jangan lupa bahwa kita hanya perlu menemukan satu buku pertama yang cocok untuk terus menyukai membaca buku! Untuk merasakan berbagai manfaatnya, jangan menganggap membaca buku sebagai perlombaan di mana kita harus membaca sebanyak mungkin buku dalam waktu singkat. Bacalah buku perlahan-lahan dan nikmati alur dan ilmunya, barulah kita bisa merasakan empati terhadap apa yang dituliskan di dalamnya.

Terima kasih sudah membaca dan menyimak artikel ini. Semoga bermanfaat, berguna dan dapat kita praktikkan untuk kehidupan sehari-hari.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Alfiana Firazma

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Membaca Itu Penting

Kamis, 8 Desember 2022 06:32 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua