Dalam menjalankan sebuah bisnis komunikasi sangat di perlukan komunikasi bisnis, Secara umum, komunikasi bisnis adalah suatu komunikasi verbal maupun non-verbal antara orang-orang di dalam dan luar perusahaan. Hal ini meliputi gagasan, ide, pendapat, hingga informasi yang dilakukan secara personal ataupun impersonal. Dalam pengertian lain, komunikasi bisnis adalah cara karyawan berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Sementara, menurut Purwanto (2003), komunikasi bisnis adalah kegiatan pengiriman dan penerimaan pesan antar dua pihak, kelompok kecil, atau bahkan dalam suatu lingkungan atau lebih dengan tujuan untuk memengaruhi perilaku di sebuah organisasi.
Dalam komunikasi terdapat beberapa cara dalam berkomunikasi salah satunya AIDA Marketing, dalam penjualan Merchandise Accounting Festival 2022, para panitia menggunakan metode AIDA Marketing dalam komunikasi bisnisnya Sederhananya aida adalah model yang digunakan dalam pemasaran untuk menggambarkan langkah-langkah yang dilalui pelanggan dalam proses pembelian suatu produk. Bila dilihat dari sejarahnya, model AIDA mulai dikembangkan untuk pertama kalinya oleh seorang pengusaha asal Amerika bernama Elias St. Elmo Lewis pada tahun 1898.
Pada saat itu Lewis memang sering membuat strategi-strategi periklanan yang sukses, meskipun pola pemasaran di tahun tersebut masih menggunakan teknik door to door. Dalam model AIDA ini, Lewis mulai membuat teori bahwa dalam melakukan strategi pemasaran harus mampu menarik perhatian, mempertahankan minat, menciptakan hasrat dan kemudian menimbulkan tindakan. Penerapan AIDA Marketing dalam penjualan Merchanduse Accounting Festival 2022 dengan:
- Design yang kekinian, design tahun ini bertemakan Magical Festival dimana penggunaan elemen-elemen dalam design kali ini terinspirasi dari salah satu film ternama yaitu Harry Potter
- Kualitas yang bagus, bahan yang digunakan adalah kanvas premium dengan jahitan yang sangat rapih dan menggunakan resleting
- Harga yang terjangkau, dengan design yang kekinian dan kualitas premium harga merchandis ini beragam dimulai dari Rp. 15.00 hingga Rp.90.000
Dengan penerapan AIDA Marketing diatas, Merchandise Accounting Festival 2022 ini sudah menemukan pasarnya tersendiri, selain berkomunikasi secara langsung dengan calon-calon pembeli, para panitia melakukan komunikasi melalui internet dengan iklan-iklan yang menarik seperti konten yang mengandung informasi, ajakan, serta bujukan kepasa calon pembeli dengan memaksimalkan seluruh media sosial Accouting Festival 2022 sebagai media periklanan online, selain itu para panitia memanfaatkan peringatan hari-hari nasional maupun internasonal untuk membuat bundle dan potongan harga yang menarik.
Ikuti tulisan menarik afifah aulia lainnya di sini.