x

Ilustrasi tentang kesehatan mental sumber:pixabay

Iklan

Cinta Aurelya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Desember 2022

Selasa, 20 Desember 2022 10:35 WIB

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

"Mental health: having a place that is safe enough in your mind to calm your mind." - Alain de Botton

 Kenapa kita harus menjaga kesehatan mental yang kita miliki? Sebelum kita menjaga kesehatan mental yang kita miliki, kita harus mengenalinya terlebih dahulu. Apa itu kesehatan mental? Kesehatan mental adalah keadaan kesehatan yang memungkinkan seseorang untuk berfikir, merasa, dan bertindak secara efektif, serta mampu menghadapi tantangan, dan membuat pilihan yang tepat dalam kehidupan sehari-hari. Kesehatan mental merupakan bagian yang penting dari kesehatan secara keseluruhan, dan merupakan faktor penting dalam kualitas hidup seseorang. Orang-orang yang memiliki kesehatan mental yang baik cenderung lebih produktif, lebih bahagia, dan lebih mampu mengelola stress daripada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan mental.

Menurut halodoc.com remaja adalah kelompok individu yang rentan mengalami gangguan mental. Remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa, dan merupakan masa yang penting dalam perkembangan kesehatan mental. Remaja sering menghadapi berbagai tantangan, seperti perubahan fisik, perubahan sosial, dan tekanan akademik. Remaja juga sering kali terpapar stres, seperti tekanan dari teman sebaya, kekhawatiran tentang masa depan, dan perubahan dalam hubungan dengan orangtua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk membantu remaja membangun kesehatan mental yang sehat, penting untuk memberikan dukungan emosional dan sosial yang tepat, membantu remaja mengembangkan kemampuan mengelola stress, dan membantu remaja menemukan cara yang efektif untuk mengekspresikan perasaannya. Remaja juga perlu diberikan akses ke layanan kesehatan mental yang terpercaya jika mereka mengalami masalah kesehatan mental yang memerlukan bantuan profesional.

Sayangnya, kesehatan mental masih dianggap tabu bagi sebagian orang, permasalahan ini masih dianggap tidak terlalu serius sehingga orang-orang masih suka menyepelekannya. Orang-orang beranggapan bahwa kesehatan mental tidak semendesak penyakit fisik seperti jantung, kanker, diabetes, tumor, dan lain lain.  Padahal kesehatan mental sangat penting bagi keberlangsungan hidup seseorang. Kesehatan mental yang baik dapat membantu seseorang untuk mengelola stress, mengatur emosi, dan membuat keputusan yang tepat. Sebaliknya, Jika seseorang memiliki kesehatan mental yang buruk, hal tersebut dapat menyebabkan masalah seperti depresi, kecemasan, dan masalah kepribadian.

Jika seseorang dapat mengontrol emosi nya dengan baik maka secara tidak langsung kesehatan mental orang tersebut akan berada di posisi yang stabil. Tetapi yang sangat disayangkankan masyarakat juga kurang memperhatikan kesehatan mental remaja, seperti kurangnya sosialisasi terhadap remaja, mau mengadakan seminar di sekolah-sekolah kepada remaja tentang kesehatan mental dan pemeliharaan tetang kesehatan mental remaja. Bahkan karena kurangnya pengetahuan tentang kesehatan mental, maka tidak heran jika sebagian orang masih menganggap bahwa orang yang mengalami gangguan mental adalah orang yang gila.

Beberapa langkah perubahan dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas mental. Dengan melakukan perubahan ini, Maka akan memengaruhi aspek kehidupan bagi remaja.  Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi remaja untuk meningkatkan kualitas tersebut :

  1. Terbukalah pada seseorang

Salah satu hal yang paling penting adalah kita harus terbuka pada seseorang. Seseorang tersebut bisa seperti orang terdekat kita, orang yang kita percaya, atau orang yang kita sayangi. Bicaralah dengan mereka jika Anda memiliki kekhawatiran. Menceritakan tentang keluh kesah apa yang kita alami dan tidak memendam-mendam apa yang kita rasakan menjadi salah satu jalan agar mental kita tetap terjaga.

  1. Tidur tepat waktu (tidak begadang)

Begadang menjadi salah satu aktivitas yang sulit dihindari bagi remaja sekarang. Kendati demikian, kita harus bisa mencegah agar tetap tidur tepat waktu yaitu tidak tidur di atas pukul 12 malam. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa kurang tidur memiliki efek yang kurang baik untuk suasana hati.

  1. Menghindari pikiran negatif

Menghindari pikiran negatif atau berpikir positif juga menjadi salah satu langkah yang perlu diperhatikan untuk kesehatan mental. Karena, pikiran sangat berpengaruh bagi mental ataupun fisik seseorang. Pikiran yang positif akan membawa diri kita ke arah yang baik pula. Sebaliknya, jika kita berpikiran negatif maka kita juga akan merasakan buruknya

  1. Mencari dukungan dari orang-orang terdekat atau profesional

Cinta dan dukungan serta hubungan yang kuat dengan keluarga, sahabat, dan orang orang terdekat lainnya dapat memiliki pengaruh yang sangat baik bagi remaja. Hubungan emosional yang baik dapat mengurangi kemungkinan remaja mengalami kesehatan mental. Dukungan dari profesional seperti psikolog juga sangat penting untuk kesehatan mental seseorang. Banyak yang berpikir jika kita pergi ke psikiater adalah hal yang menakutkan. Tidak sedikit juga yang merasa jika pergi menemui psikolog adalah sesuatu yang terlihat gila. Padahal peran psikolog dalam membantu seseorang mengatasi masalah cukup penting. Jika kita pergi ke yang ahlinya, menjadi salah satu cara untuk meluapkan hal-hal yang kita rasakan, dan perasaan kita bisa menjadi lebih lega.

  1. Melakukan beberapa kegiatan

Misalnya berolahraga, berjalan-jalan, melakukan kreativitas seni, membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap harinya.

  1. Pentingnya peran orang tua

Berbicara dari hati ke hati dengan anak remaja tentang kondisi mentalnya adalah langkah yang perlu diperhatikan juga oleh orang tua. Orang tua perlu meluangkan waktu untuk membangun obrolan dengan anak remaja. Remaja membutuhkan orang tua yang dapat mendengarkan dan memahami perasaan mereka, terutama saat mereka mengalami masalah atau kesulitan. Menanyakan tentang bagaimana perasaan mereka hari ini, kegiatan apa saja yang mereka lakukan, adalah bentuk kecil yang sepertinya sederhana padahal sangat berpengaruh bagi remaja. Kata-kata penyemangat dari orang tua  juga sangat dibutuhkan bagi remaja, hal tersebut membuat kita sebagai remaja menjadi lebih nyaman. Orang tua juga dapat membantu mereka dengan menjadi pendengar yang baik dan memahami apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan remaja tersebut. Ini dapat membantu remaja merasa diakui dan dihargai, yang merupakan bagian penting dari kesehatan mental yang baik.

Itulah setidaknya cara-cara untuk menjaga kesehatan mental remaja, kemungkinan masih banyak cara lainnya yang dapat dijadikan jalan untuk menjaga kesehatan mental. Namun, cara di atas adalah hal yang paling perlu diperhatikan bagi kalangan remaja sekarang. Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan di atas tidaklah sulit dilakukan, kita hanya perlu menerapkannya secara bertahap dan penuh ketelatenan dalam menerapkannya supaya mendapatkan manfaat jangka panjang. Dengan demikian, menjaga kesehatan mental merupakan hal yang penting bagi remaja karena dapat membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan sosial, belajar, mengatasi stres, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Jika Anda merasa memiliki masalah kesehatan mental yang serius, jangan ragu juga untuk meminta bantuan kepada profesional seperti psikiater atau psikolog.

Ikuti tulisan menarik Cinta Aurelya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu