x

Iklan

Raziela Ratu Anggara Mulya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Desember 2022

Kamis, 22 Desember 2022 12:48 WIB

Kontroversi Pengaruh Media Sosial pada Kesehatan Mental Remaja

Artikel ini membahas mengenai media sosial yang sangat berpengaruh kepada mental seoang remaja.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 Cara kita berinteraksi dan berkomunikasi telah berubah secara dramatis di era teknologi modern. Menurut beberapa ahli, Media sosial dapat berdampak pada kesehatan mental remaja. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menentukan apakah media sosial mempengaruhi kesehatan mental remaja secara positif atau buruk.

 

Sebuah Hubungan Media Sosial Dengan Kesehatan Mental Remaja

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

 Orang-orang telah memperdebatkan hubungan antara media sosial dan kesehatan mental untuk sementara waktu sekarang. Karena kesalahan dalam desain penelitian yang buruk, pernyataan tentang topik ini dari sejumlah organisasi kesehatan, termasuk American Association of Suicidology dan Royal Society for Public Health, digabungkan. Menggunakan media sosial untuk waktu yang lama dapat menyebabkan "keputusasaan Facebook", menurut pernyataan tahun 2011 dari American Academy of Pediatrics. Mengetahui bahwa penelitian hanya menggunakan sumber sekunder dan bukan sumber primer, pernyataan ini menjadi perhatian para pedagang. Akademi Amerika (2011)

 

 Abnormalitas psikososial remaja, seperti harga diri yang rendah, citra tubuh yang ideal, dan identitas remaja, dianggap berbahaya dari penggunaan media sosial. Media sosial juga terkait dengan masalah cyberbullying, akses yang lebih besar ke pornografi, dan perilaku sexting, yaitu tindakan mengirimkan pesan eksplisit.                                                                              

                                                                                   

  Gambar, 1.1 Penggunaan Sosial Media.  

                                                

Sistem neurologis perkembangan, yang mengalami perubahan signifikan selama masa remaja, berdampak pada kerentanan remaja terhadap penolakan online, interaksi emosional media sosial, penerimaan dan pengaruh teman sebaya, menurut penelitian oleh Crone et al. diterbitkan pada tahun 2018. Tekanan teman sebaya lebih mempengaruhi remaja daripada orang tua. Memberikan pekerjaan ini menunjukkan bahwa kaum muda lebih terpengaruh oleh media sosial daripada orang tua. Anak-anak ini mungkin secara pribadi tidak terpengaruh oleh dampak merugikan media sosial terhadap kesehatan mental mereka, namun mereka tetap bertindak sesuai dengan pengetahuan yang telah diberikan kepada mereka. Ini menunjukkan bagaimana pengaruh media sosial dan internet terhadap kesehatan mental, termasuk perasaan remaja, membuat mereka tertekan. dapat menyebabkan gangguan kecemasan dan suasana hati secara langsung atau bagaimana mereka melakukannya secara tidak langsung melalui cyberbullying. (2018) Crone dkk.

 

Berryman dkk. melihat pengaruh berbagai fitur media sosial terhadap kesehatan mental 467 responden pada tahun 2017. Kesehatan mental seseorang tidak dapat dinilai melalui media sosial, menurut penelitian. Itu juga membuat penggunaan media sosial yang tidak tepat sebagai pemicu krisis kesehatan mental menjadi lebih sulit, menurut Berryman et al. Berbeda dengan banyak penelitian sebelumnya, beberapa penelitian menunjukkan tidak adanya korelasi Pada grafik yang dibuat oleh Keles et al., terdapat korelasi antara frekuensi penggunaan media sosial dengan depresi. Kesenjangan dalam hasil penelitian ini mungkin disebabkan oleh penggunaan media sosial, yang telah terbukti secara langsung merusak kesehatan mental namun berkurang oleh faktor perantara termasuk perenungan, kesulitan tidur, dan dukungan sosial yang dirasakan. (2017) Berryman dan lainnya.

 

Jumlah waktu yang dihabiskan untuk memeriksa pesan baru, jumlah teman online, dan jumlah selfie merupakan keterlibatan media sosial. Penting juga untuk diingat bahwa beberapa perilaku (seperti perbandingan sosial, penggunaan aktif atau pasif media sosial, dan motivasi untuk melakukannya) yang berdampak lebih besar pada perkembangan depresi, kecemasan, dan gangguan psikologis lainnya. daripada seberapa sering seseorang menggunakan media sosial atau berapa banyak teman online yang mereka miliki.

 

Terlepas dari efek negatif penyakit mental, media sosial berpotensi menjadi platform melalui mendorong kesehatan mental, membantu pengobatan, dan memperkuat layanan kesehatan mental yang sudah ada bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. Pertemuan sosial, yang sangat penting dan seringkali menantang bagi orang dengan penyakit mental seperti spektrum skizofrenia, dapat dipermudah dengan bantuan media sosial. (O'Reilly) 2018

 

Remaja dan orang muda dengan penyakit mental menggunakan media sosial untuk mengurangi rasa kesepian, menurut sejumlah penelitian. Pemuda dapat berkomunikasi satu sama lain dan menciptakan sistem pendukung melalui media sosial. Menurut O'Reilly et al. pada tahun 2018, media sosial dapat meningkatkan kesehatan mental generasi muda. Ketika berbicara tentang kesehatan mental masih membawa stigma dan dianggap tabu, media sosial mungkin bisa menjadi platform alternatif yang fantastis bagi remaja untuk melakukannya. 2018 (O'Reilly dkk).

 

 Kesehatan mental remaja, khususnya gangguan kecemasan dan depresi, dapat dipengaruhi oleh media sosial. Namun, tautan ini rumit dan bergantung pada kebiasaan media sosial tertentu seseorang. Jejaring sosial, di sisi lain, mungkin dapat membantu remaja yang berjuang dengan masalah kesehatan mental.

 

 Ada kebutuhan mendesak untuk penelitian tentang kesehatan mental remaja di era media sosial. Penelitian yang diperluas dapat melibatkan observasi dan penilaian berkelanjutan terhadap media sosial secara keseluruhan, bukan hanya satu platform tertentu. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana penggunaan media sosial oleh remaja termasuk frekuensi, medium, dan intensitasnya mempengaruhi mereka.

 

 

Ikuti tulisan menarik Raziela Ratu Anggara Mulya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu