x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 29 Desember 2022 07:30 WIB

Tiga Karakter Penting Menjadi Relawan, Pengabdian atas Nama Kemanusiaan

Apa sih relawan taman bacaan? Apa saja karakter penting menjadi seorang relawan? Yuk jadi relawan taman bacaan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mayoritas orang, utamanya yang belum pernah terlibat dalam kerelawanan memaknai relawan adalah orang-orang yang membantu saat terjadi bencana seperti, tanah longsor, gempa bumi, atau banjir. Ada pula yang memposisikan relawan sebagai kelompok yang menggalang dana untuk tujuan kemanusiaan, mungkin sepertib ACT. Bila relawan seperti itu, tentu tidak salah tapi tidak sepenuhnya benar.

Relawan atau volunteer, dalam Oxford Dictionary, adalah “a person who freely offers to take part in an enterprise or under a task”. Itu berarti, relawan adalah seseorang yang menawarkan diri secara sukarela untuk berkontribusi atau mengambil bagian pada tugas tertentu. Sifatnya tidak wajib dan tidak dipaksakan. Motifnya, atas dasar suka dan rela.

Motif ini pula yang disampaikan seorang ibu yang berprofesi guru di Jakarta melalui WA ke saya malam ini (28/12/2022). “Bolehkah saya mengabdi di Taman Bacaan tempat Bapak, tujuh bulan lagi saya pensiun”. Tentu saya menyilakan dengan senang hati. Masih ada juga satu guru di Bekasi yang mau mengabdi di TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menariknya, bila benar nanti, keduanya akan menjadi relawan taman bacaan dalam kategori usia yang tidak lagi muda. Nah, contoh ini pun mengubah persepsi banyak orang tentang relawan. Bahwa relawan tidak ditentukan faktor usia. Tapi atas dasar hati dan pengabdian. Kenapa mau jadi relawan di taman bacaan? Hanya mereka yang tahu jawabannya.

Jadi relawan memang tidak mudah. Karena aktivitasnya bersifat sukarela, tanpa upah atau honor, dan mau mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga dalam pengabdiannya. Ikhlas membantu orang lain tanpa pamrih, tentu perilaku langka di zaman begini. Karena relawan, sejatinya menjadikan diri sang relawan lebih bernilai, lebih baik, dan lebih bermanfaat untuk orang lain.

Relawan di taman bacaan memang penting. Tapi di balik itu semua, karakter penting yang harus ada dalam diri relawan adalah 1) memiliki jiwa sosial yang tinggi, 2) punya semangat mengabdi yang kokoh, dan 3) memiliki komitmen dan konsistensi pengabdian yang berkelanjutan.

Begitulah, sedikit ulasan tentan relawan di taman bacaan, Sudah siapkan Anda menjadi relawan? Salam literasi #TamanBacaan #RelawanTamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu