x

Iklan

FENDI SAPUTRA, SE., MM.

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA
Bergabung Sejak: 31 Desember 2022

Selasa, 3 Januari 2023 20:16 WIB

Tahun 2023 Konsumen Indonesia Beralih ke Digital

Para pengusaha khususnya bidang ritel seharusnya bisa melihat ini,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan bisnis digital sekarang ini tumbuh pesat. Banyak konsumen yang lebih Memilih belanja secara online dan melakukan aktivitas secara online.

Para pengusaha ritel harus atau wajib sekali untuk Go Online alasannya dengan online menjadikan biaya operasional lebih rendah sehingga kita dapat menekan beberapa biaya operasional. Lalu menghemat biaya sewa toko/Gudang, kita bisa langsung berbisnis tanpa harus memiliki toko, pelanggan dapat membeli barang/jasa anda langsung di situs kita. Selanjutnya adalah hemat Gaji pegawai, kita bisa mengurangi pengeluaran untuk mempekerjakan pegawai karena kita tidak memerlukan toko fisik.

Alasan yang kedua biaya pemasaran yang fleksibel dan rendah. Dengan online, kita dapat mengatur biaya pemasaran berdasarkan kebutuhan seperti Biaya promosi iklan fleksibel, kita dapat melakukan promosi iklan kapan saja sesuai kebutuhan, menentukan jangka waktu promosi dan bahkan melakukan perubahan selama promosi digital berlangsung. Selanjutnya Biaya periklanan lebih rendah karena sebelum era digital, memasang iklan adalah pengeluaran yang sangat besar. Namun dengan kehadiran online, pengusaha pemula kini dapat memasang iklan dengan harga terjangkau.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan online kita dapat memulai berbisnis dengan lebih cepat dan dengan resiko lebih kecil. Mulailah terlebih dahulu, lalu tumbuh sesuai kemampuan kita. Dengan media online, kita bisa memulai bisnis secara sederhana untuk melihat respon pasar dengan resiko yang lebih rendah. Selanjutnya anda bisa tumbuh sesuai dengan kemampuan.

Media sosial dapat membantu bisnis kita, Dengan berbekal media sosial kita bisa mulai memasarkan barang/jasa anda/dropshipper. Banyak sekali manfaat yang harus kita ketahui jika kita bisa melihat perubahan perilaku konsumen, sehingga kita dapat memperoleh peluang bisnis secara maksimal.

 

Fendi Saputra, SE., MM. Prodi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik FENDI SAPUTRA, SE., MM. lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu