x

Iklan

Nikmatul Izza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Januari 2023

Sabtu, 14 Januari 2023 20:56 WIB

Efek Joki Tugas Terhadap Mahasiswa

Efek joki tugas terhadap mahasiswa

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh  Nikmatul Isza

  

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejak adanya pandemi Covid-19, fenomena joki tugas kembali populer. Banyak mahasiswa yang mengeluh bertambahnya tugas di masa perkuliahan daring, sehingga tak sedikit yang memilih untuk menyewa jasa joki tugas.

Sebenarnya fenomena joki tugas ini sudah berlangsung sejak lama. Biasanya para joki mengiklankan jasanya di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, whatsApp, dan masih banyak lagi. Beragam tawaran mulai dari jasa tulis, pembuatan makalah, pembuatan karya ilmiah, sampai skripsi pun ada.

Mahasiswa pengguna joki tugas harus siap menanggung resiko apabila ketahuan oleh dosen karena melakukan kecurangan yang mana nantinya akan berpengaruh terhadap nilai di mata kuliah tersebut.

Tetapi jika dilihat dari segi positif nya, si joki ini akan mendapat keuntungan untuk menambah uang jajan dan memiliki wawasan yang lebih luas. Dan banyak mahasiswa yang terbantu dengan adanya joki tugas ini dengan mengumpulkan tugas tepat waktu.

 

  1. Rumusan Masalah

Bagaimana dampak joki tugas terhadap mahasisw?

 

  1. Tujuan Penelitian

Dapat mengetahui dampak joki tugas terhadap mahasiswa

 

BAB II PEMBAHASAN

  1. Pengertian Joki Tugas

          Secara umum joki tugas dapat dikatakan sebagai orang yang menawarkan jasa nya untuk mengerjakan tugas orang lain (tugas dalam bidang akademik).

Tetapi jika dilihat dari sudut pandang pendidikan, joki tugas merupakan pelanggaran etika pendidikan. Berarti orang menggunakan jasa tugas joki ini tidak jujur dalam mengerjakan tugas nya dan tidak jujur kepada diri sendiri. Dengan menggunakan jasa joki tugas maka hasil yang didapatkan bukan dari diri sendiri, melainkan hasil orang lain. Dan akan berpengaruh terhadap tujuan menempuh pendidikan yaitu tidak dapat tercapai, karena kita tidak memahami materi yang dijelaskan.

 

          Apabila tujuan menjoki tugas karena malas, sedang bermain, atau karena jurusan tidak sesuai, maka hal tersebut adalah tindakan yang tidak tepat. Hal itu karena pengguna jasa dikatakan lepas dari tanggung jawabanya untuk mengerjakan tugas dan alasan jurasan tidak sesuai dengan keinginan tersebut dapat diatasi dengan cara menumbuhkan niat dalam diri kita untuk mempelajari hal tersebut, karena sesungguhnya jika adanya keinginan untuk belajar, maka tidak ada yang tidak bisa.

 

 

         

 

 

 

          Alasan lain seperti tidak ada waktu untuk mengerjakan sebab sibuk nya berorganisasi sebenernya itu adalah konsekuensi yang seharus nya sudah diketahui. Karena tugas dari sekolah ataupun kuliah ada suatu kewajiban utama bagu seseorang yang sedang menimbah pendidikan. Dan bagaimana cara seseorang memprioritaskan suatu pilihan yang akan diambil.

Cara yang dipilih seseorang untuk menjoki tugas sebenenya pilihan yang tidak tepat. Karena pada akhirnya semua kembali kepada diri masing-masing, jalan mana yang akan dipilih untuk menentukan masa depan nya.

 

  1. Dampak joki tugas terhadap mahasiswa

 

          Mendapat tugas dari sekolah ataupun kuliah ada suatu kewajiban bagi kita yang sedang menempuh pendidikan, akan tetapi tak sedikit mahasiswa yang memilih untuk menjoki tugas dengan alasan tidak ada waktu, padahal jika kita mengerjakan tugas sendiri, kita akan mendapatkan benefit positif yaitu dengan kita paham akan materi yang dijelaskan, kita tahu batas kemampuan diri kita, dan kita tahu skill diri kita masing-masing.

 

          Namun jika seseorang memilih untuk menjoki saja, maka ada banyak dampak yang terjadi pada orang itu sendiri. Seperti hal nya harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar penjoki, tidak memahami materi sekolah atau kuliah, dan lupa akan tujuan dari menempuh pendidikan. Selain itu joki tugas juga berarti seseorang tidak bertanggung jawab terhadap tugas nya, joki tugas juga berarti sebuah kecurangan dan menandakan bahwa seseorang tidak berusaha, hasil nya seseorang yang menjoki tugas akan sulit berkembang

BAB III PENUTUP

  1. Kesimpulan

         

          Tujuan dan prinsip dalam menempuh pendidikan sangat penting adanya. Karena dapat mengingatkan kita ketika akan melakukan kecurangan. Kecurangan dapat menghilangkan semua tujuan dan prinsip kita. Maka dari itu kita harus bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan. Diluar sana masih banyak orang yang kurang beruntung ketika mereka ingin melanjutkan pendidikan. Sedangkan kita yang sudah berada di posisi yang mereka inginkan sepatut nya kita menggunakan kesempatan itu dengan sebaik mungkin. Salah satu nya dengan tidak menjoki tugas dan mengerjakan tugas sendiri

 

  1. Saran
  • Diharapkan siswa ataupun mahasiswa selalu melakukan hal hal positif yang mendukung kita untuk berkembang lebih baik.
  • Dengan selalu ingat tujuan awal menempuh pendidikan akan menjadikan kita takut untuk melakukan kecurangan.
  • Selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Dan harus ingat kepada orang tua yang sudah membiayai kita dalam menempuh pendidikan.

 

--

NIM : 202210140311206

Kelas : Teknik Industri E

 

Nikmatulizza78@gmail.com

 

REFERENSI

 

https://www.journoliberta.com/2021/09/kiprah-joki-tugas-kuliah-di-masa-pandemi.html

 

https://persfe.com/perspektif-mahasiswa-terhadap-eksistensi-joki-tugas/#.Y6vEpxYxeaM

 

https://www.idntimes.com/life/education/amp/riyadi-nugraha/alasan-joki-tugas-tak-dibenarkan-c1c2?page=all#page-2

 

https://www.ayobandung.com/netizen/pr-791737909/joki-tugas-rahasia-umum-di-masyarakat?page=3

 

Ikuti tulisan menarik Nikmatul Izza lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler