x

Iklan

Syalwa Juliyanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Januari 2023

Selasa, 17 Januari 2023 17:35 WIB

Strategi Pemecahan Konflik antara Suami dan Istri Mencegah Perceraian


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Konflik adalah suatu pertentangan antara individu, kelompok maupun rumah tangga, karena adanya perbedaan pendapat, sikap maupun kepercayaan masing-masing. Kita tidak bisa menghindarkan konflik dari dinamika kehidupan sosial. Konflik keuangan atau finansial adalah masalah yang paling sering ditemukan didalam kehidupan rumah tangga. Dapat dikatakan masalah ini cukup polemik untuk diperdebatkan karena terdapat perbedaan pendapat yang memicu perceraian. Dengan adanya konflik pasangan suami dan istri mengetahui kebutuhan dan memungkinkan untuk menyatakan apa yang masing-masing inginkan dan cara mendapatkannya.

​Pernikahan adalah sebuah ikatan suci  yang kokoh untuk hidup bersama sebagai suami dan istri dengan menyatukan dua orang yang berbeda-beda karakteristik. Pada saat sebelum memutuskan untuk menikah ada baiknya pasangan tersebut mengetahui mengenai pernikahan, mengurus anak.

Komunikasi selalu menjadi alat yang ampuh dalam mengatasi masalah dalam hubungan. Komunikasi yang buruk akan menimbulkan banyak kesalahpahaman antara kedua pasangan tersebut.

Komunikasi keluarga menjadi salah satu bentuk hubungan antar pribadi, karena komunikasi penting untuk melihat lebih dekat. Sebab keluarga adalah tempat dimana orang dewasa mengalami bagian terbesar dari hubungan antar pribadi paling penting dan intim.

Tentu saja jika tidak ada komunikasi dan saling cuek akan menjadi awal mulanya dari keretakan rumah tangga. Tidak ada pasangan suami dan istri mempunyai cita-cita hidup bersama pasangannya secara menyakiti.

Islam mengajarkan umatnya untuk menyebarkan sikap kasih sayang kepada siapa pun termasuk dalam pasangan rumah tangga. Dalam pasangan suami dan istri umumnya membutuhkan perhatian, kasih sayang maka dari itu, ketika terjadi konflik salah satu cara menyelesaikan nya lewat kasih sayang seperti jalan-jalan ke luar, menembus kesahalahan. Tak hanya itu saja emosi memang bentuk reaksi alami di setiap orang yang kita tidak bisa hidarkan dan seharusnya dalam pasangan suami dan istri harus bersikap sabar dalam mengatasi masalah tersebut.

Maka dari itu pasangan suami dan istri cobalah untuk menyelesaikan dengan penuh ketabahan hati, bersikap bijak, saling memaafkan satu sama lain, saling menyadarkan hakikat dan kodrat diri masing-masing dan saling memberi nasihat yang lembut agar terhindar masalah rumah tangga apalagi sampai dalam perceraian.

Syalwa Juliyanti

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program

Studi IlmuKomunikasi

Ikuti tulisan menarik Syalwa Juliyanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB