Filosofi Hidup - Analisis - www.indonesiana.id
x

Nuhria Arsal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Agustus 2022

Senin, 23 Januari 2023 09:08 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Filosofi Hidup

    Kehidupan adalah hal yang sangat indah serta perlu di nikmati, kita sebagai makhluk hidup perku memiliki filosofi tentang hidup, lalu apa filosofi hidup yang kita pertanyakan?

    Dibaca : 130 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mengenai filosofi hidup setiap orang mempunyai cara pandang dan cara menjalankan kehidupan itu sendiri, selain itu juga dalam menjalankan kehidupan ini kita harus mempunyai ilmu atau pendirian dalam memaknai hidup.

    Setiap orang terkadang bingung dalam menjalankan kehidupan di dunia ini, mereka berlomba-lomba dalam bersaing bahkan tidak sedikit yang sampai bunuh diri akibat gagal menerima takdir hidup,

    Nah, berikut ini ada nasihat dari seorang ulama yang terkenal dengan sapaan Gus Baha mengenai tentang filosofi hidup, ia menjelaskan bahwa filosofi hidup itu adalah sebagai berikut;

    Posisi apapun sama sekali bukan tujuan. Tidak menjadi apapun juga tidak masalah. Tidak kenal juga tidak masalah. Tidak diakui keberadaannya juga tidak masalah. Tidak dihormati juga tidak masalah. Justru bisa bersembunyi dari perhatian banyak orang malah lebih leluasa dan santai.

    Mendapatkan penghormatan bukan berarti kesuksesan. Menghormati belum tentu karena betul-betul memiliki rasa hormat. Bisa aja orang yang menghormati kita karena takut, karena diharuskan, karena mereka bekerja untuk kita, mereka butuh sama kita atau supaya terlihat pantas saja.

    "Hidup Ndak usah dibuat sulit, nggak usah ruwet, asal tidak maksiat, bisa menjadi pribadi yang menyenangkan dan bermanfaat bagi orang, serta tidak mengusik hidup orang lain, itu sudah cukup,"

    -KH. Bahauddin Nur Salim-

    Ikuti tulisan menarik Nuhria Arsal lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.