x

Cerdas di medsos

Iklan

Himah Sobriana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Februari 2023

Kamis, 23 Februari 2023 13:40 WIB

Peran Medsos Dalam Kehidupan

Apa sih media sosial itu? Apa saja peran media sosial dalam kehidupan masyarakat?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peran Medsos di Dalam Kehidupan

Penggunaan media sosial sudah tidak asing lagi bagi kita dan bangsa Indonesia. Terlebih lagi bagi generasi muda sekarang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di sosial media. Entah itu aplikasi chat, unggah gambar maupun video di media sosial, ataupun menonton video panjang di youtube. Tak jarang juga sosial media adalah tujuan bagi generasi muda untuk melepas penat dengan mencari konten-konten yang menghibur. Tapi, taukah kamu? Selain menjadikan seseorang scrolling sosial media seharian, sosial media juga memegang peran penting di kehidupan kita. Sebelum masuk materi itu, mari kita kenali sosial media lebih dalam.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apa Itu Media Sosial?

Media sosial adalah media online yang digunakan untuk berinteraksi secara online satu sama lain, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Blog atau jejaring sosial adalah media sosial yang sering digunakan masyarakat seluruh dunia. Sejak awal, media sosial digunakan sebagai wadah utuk penggunanya agar lebih mudah bertukar informasi atau mencari informasi secara cepat, berpartisipasi dan ide di komuitas dan jenjang virtual.

 

Pengaruh Media Sosial

Media sosial memiliki dampak positif, namun ini tergantung dengan masing-masing pennggunanya. Ada juga dampak negatif dari media sosial itu sendiri. Jika kalian ingin tahu apa saja dampak dari media sosial itu, mari kita pelajari bersama.

Contoh dampak positif dari media sosial yaitu, mempermudah penggunan untuk berinteraksi dengan banyak orang tanpa dibatasi dengan jarak dan waktu, jarak dan waktu bukan lagi menjadi masalah, memperluas pergaulan dengan banyak orang di luar sana, lebih mudah pengguna untuk mencari informasi atau berita, penyebaran informasi bisa didapat secara cepat dan lebih mudah untuk kita mengekspresikan diri.

Sedangkan dampak negatif dari media sosial yaitu, dapat menjauhkan orang-orang yang sudah dekat atau sebaliknya, interaksi dengan media sosial lebih meningkat daripada secara tatap muka yang cenderung menurun dan menjadikan orang-orang kecanduan internet.

 

Peran Media Sosial Bagi Kehidupan

Peran media sosial juga juga sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, dan juga berperan dalam penyebaran informasi di masyarakat luas. Dari media sosial inilah kita dapat menambah wawasan, mencari dan menemukan informasi, dapat mempermudah seseorang untuk berkomunikasi, dan masih banyak lainnya.

Generasi muda sekarang juga lebih sering mengais informasi dari media sosial, atau jejaring internet. Karena informasi dari media sosial lebih mudah didapat, dan lebih banyak digunakan orang-orang dibanding mencarinya tanpa media sosial. 

Tanpa media sosial mungkin kita akan sedikit kesulitan untuk berinteraksi, berkomunikasi dengan jarak yang berjauhan, dan mencari informasi ataupun bertukar informasi. Jelas itu semua mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali manfaat dari media sosial itu di dalam kehidupan masyarakat. 

Perilaku kita dalam menggunakan media sosial ini, juga telah diatur didalam UU No.11 Tahun 2008 yang berisi tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau biasa dikenal UU ITE. UU ITE mengatur perlindungan hukum atas kegiatan yang memanfaatkan internet sebagai media, baik saat melakukan transaksi ataupun pemanfaatan informasi lainnya. Maka dari itu, kita sebagai pengguna media sosial harus berhati-hati jika menggunkan media sosial, gunakanlah media sosial dengan benar dan sebaik-baiknya.

Ikuti tulisan menarik Himah Sobriana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler