x

Ilustrasi Olah Raga. Foto Tempo/Hilman Fathurrahman

Iklan

naslma_

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Maret 2023

Jumat, 3 Maret 2023 11:42 WIB

Dengan Olahraga Pikiran Jadi Lega

Kesehatan mental merupakan prioritas yang harus didahulukan seperti halnya kesehatan fisik. Kita perlu menjaga mental agar tetap stabil yaitu dengan melakukan banyak kegiatan positif. Apa saja sih kegiatan yang positif itu? Yuk intip salah satunya!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kali ini kita akan membahas menganai kegiatan positif yaitu olahraga. Tahukah kamu bahwa olahraga sangat berguna bagi kesehatan mental? Bagaimana bisa? Karena dengan berolahraga, badan kita menjadi sehat, ketika badan kita sehat maka pikiran pun sehat. Kita dapat berpikir secara positif karena badan kita fit. Oleh karena itu olahraga sangat disarankan untuk menenangkan pikiran yang sedang kacau. Jika semakin rutin dilakukan, maka semakin kecil pula kemungkinan seseorang menderita masalah mental. Banyak sekali manfaat olahraga untuk tubuh kita. Hanya melakukan beberapa gerakan ringan saja pun dapat membuat kita tampak lebih fresh. Oleh karena itu, kita harus olahraga secara teratur minimal 2 kali dalam seminggu, Supaya badan kita tetap bugar dan pikiran pun nyaman.

Olahraga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, namun juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Sebab, olahraga dapat memicu lepasnya hormon endorfin dalam tubuh. Pikiran-pikiran negatif pun akan hilang bila kita melakukan olahraga secara teratur, karena hal ini dapat mengalihkan pikiran kita yang semula jenuh menjadi jernih.

Kalian tahu nggak sih, apa saja sih manfaat olahraga bagi tubuh? yuk simak penjelasan di bawah ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Manfaat Olahraga untuk kesehatan mental :

 

1. Meredakan Stress 

Melakukan apa untuk meredakan stres?

Olahraga secara teratur membuat organ dalam tubuh kita akan bekerja lebih baik, seperti otot menengang, irama jantung dan tekanan darah meningkat.

Hal ini membuat hormon dan saraf dalam tubuh dapat bekerja dengan normal kembali. Jika tubuh kita sehat maka mental pun kuat.

 

2. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Susah tidur? 

Bagi penderita insomnia, olahraga di malam hari sangat disarankan loh, karena hal ini membuat kita menjadi lebih rileks, melancarkan peredaran darah, dan menjernihkan pikiran karena sudah beraktivitas seharian. Olahraga juga memicu rasa lelah yang dapat mengatasi gangguan tidur. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, latihan pernapasan, dan lain-lain.

 

3. Mengatasi Depresi dan Perasaan Cemas

Solusi untuk Mengatasi Depresi

Depresi dan gangguan kecemasan merupakan masalah kesehatan mental yang tidak bisa dianggap remeh. Jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan mengurangi kualitas hidup penderitanya.

Untuk mengatasi depresi dan gangguan kecemasan, para penderita harus menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, mengatur pola tidur, tidak merokok, dan rutin berolahraga. Olahraga dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan loh sobat, dengan melakukan olahraga, pikiran kita jadi teralihkan ke dalam hal yang positif, dan itu sangat bagus bagi kesehatan mental kita.

 

4. Menaikkan Mood

Tips Hadapi Badmood 

Dengan olahraga, kita bisa memperbaiki suasana hati, dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana pun membuat kita merasa tenang dan juga nyaman. Bagi yang sering merasa suasana hatinya tidak stabil, boleh banget nih coba berolahraga secara rutin!

 

5. Meningkatkan Kinerja Otak

Olahraga meningkatkan kinerja otak

Berdasar penelitian, olahraga dapat meningkatkan zat kimia di otak, yaitu brain-derived neurotrophic factor (BDNF), yang dapat merangsang pembentukan sel otak baru. 

Baik olahraga yang bersifat aerobik maupun anaerobik, keduanya dapat meningkatkan kadar BDNF. Hal tersebut dapat meningkatkan fungsi otak yang juga memengaruhi kesehatan mental kita 

Nah, jadi sekarang sudah tahu kan manfaat olahraga bagi tubuh, yakin nih masih mau bermalas-malasan dalam olahraga? Tidak perlu melakukan olahraga dengan keras kok, kamu hanya perlu melakukan beberapa gerakan ringan yang membuat kita menjadi berkeringat sehingga otot dan saraf dapat bekerja dengan baik.

Selain berolahraga, kita juga harus menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yaitu kegiatan yang dilakukan untuk menimbulkan hal positif terutama bagi kesehatan, seperti mengatur pola tidur, banyak mengonsumsi makanan yang bergizi dan berserat tinggi, mengatur pola tidur, berpikir positif, dan masih banyak lagi.

Ikuti tulisan menarik naslma_ lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu