x

Iklan

Patrick Setiabudi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Maret 2023

Senin, 20 Maret 2023 12:22 WIB

Transaksi non-Tunai di Indonesia Apakah Menguntungkan ?

Salah satu teknologi terkini dalam industri keuangan yang banyak digunakan saat ini adalah cashless payment atau transaksi tanpa uang fisik. Dengan semacam uang listrik. Hal ini memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan dimana saja.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu teknologi terkini dalam industri keuangan yang banyak digunakan saat ini adalah cashless payment atau transaksi tanpa uang fisik. Dengan semacam uang listrik. Hal ini memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan dimana saja.
 
cashless adalah kata yang secara harfiah berarti tidak menggunakan uang. Cashless saat ini mengacu pada penggunaan metode pembayaran digital alih-alih uang tunai untuk menyelesaikan berbagai transaksi pembayaran oleh perorangan. Tetapi disisi lain sistem pembayaran ini memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Lantas apa kelebihan dan kekurangan metode pembayaran cashless?
 
Untuk lebih memahami istilah ini, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan sistem pembayaran tanpa uang tunai.
 
Keuntungan sistem transaksi non tunai (cashless)
Keuntungan pertama dan terpenting dari ekonomi tanpa uang tunai adalah Anda tidak perlu membawa uang tunai.
 
Hal tersebut juga dapat mengurangi kemungkinan kehilangan dompet dan mengurangi ketidaknyamanan membawa uang tunai dalam jumlah besar. Selain itu, juga dapat menawarkan kebebasan jika diperlukan perubahan (misalnya transaksi lebih dari satu kali) pada saat transaksi. Juga, Anda tidak bisa mendapatkan uang palsu ataupun penipuan sejenisnya dengan transaksi ini.
 
Selain itu, kelebihan pembayaran nontunai adalah transaksi ilegal lebih mudah dilacak karena jika uang tunai langsung digunakan untuk bertransaksi, tidak mudah bagi kami untuk melacak transaksi karena uang tidak masuk ke sistem perbankan yang bersangkutan.
 
Namun dengan transaksi digital, sangat mudah untuk melacak riwayat transaksi karena semua catatan ada di bank, yang membuat semua transaksi lebih transparan, yang pada akhirnya menyebabkan berkurangnya korupsi dalam perekonomian negara untuk memimpin.
 
Keuntungan lain dari transaksi nontunai adalah semua transaksi diproses melalui jalur yang terorganisir, yaitu bank dan lembaga keuangan. Hal ini dapat meningkatkan penerimaan pajak pemerintah karena semua pembayaran tunai ilegal yang masuk ke sistem perbankan, akan memiliki giliran untuk membantu pemerintah melacak semua transaksi dan memungut pajak darinya, yang pada masanya akan digunakan pemerintah untuk meningkatkan sistem perbankan demi kemajuan ekonomi negara
 
Kekurangan Sistem Transaksi Non Tunai (Cashless)
Kelemahan utama transfer uang nontunai adalah tidak semua orang memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara menggunakan transaksi digital, sehingga jangkauannya masih terbatas pada wilayah metropolitan dan sekitarnya.
 
Oleh karena itu, dapat dikatakan sulit untuk menerapkan pembiayaan bebas utang pada masyarakat pedesaan yang belum maju secara teknologi dan kesulitan mengakses internet.
 
Apalagi jika mereka masih buta huruf dan miskin. Oleh karena itu, kurangnya infrastruktur dan pendidikan yang layak bagi warga menjadi kendala nyata dalam sistem transaksi instan ini. Kelemahan lain dari sistem transaksi nontunai ini adalah transaksi digital yang mudah, namun memiliki risiko kejahatan dunia maya.
 
Adapun banyak tempat di Indonesia yang masih belum menyediakan fasilitas untuk pembayaran non tunai sehingga menjadikan jangkauan pembayaran cashless tidak seluas itu, berbeda dengan yang ada di luar negeri seperti Amerika Serikat misalnya.
 
Selain itu, ada juga kasus di mana mereka kehilangan uang hasil jerih payah mereka saat menghadapi penipuan online atau kasus peretasan rekening bank. Oleh karena itu, berbisnis dengan uang tunai lebih baik daripada melakukan transaksi digital jika tidak sepenuhnya mengetahui transaksi online tersebut.
 
Kelemahan lain dari sistem transaksi nontunai ini adalah metode pembayaran digital seperti kartu kredit dan perbankan online melibatkan banyak transaksi yang tidak kompatibel dengan pembayaran tunai. Oleh karena itu, siapa pun yang mempertimbangkan untuk berbisnis online harus mempertimbangkan biaya transaksi ini.
 
Oleh karena itu, adanya biaya transaksi merupakan hambatan bagi sistem transaksi yang mulus bagi individu yang sensitif terhadap biaya. Seperti yang dapat dilihat dari situasi di atas, sistem transaksi nontunai memiliki kelebihan dan kekurangan, dan pemerintah mana pun yang mempertimbangkan pengenalan sistem transaksi nontunai harus menganalisis kelebihan dan kekurangannya dengan cermat, dan kemudian membuat keputusan yang tepat.  
 
Dari artikel tersebut, dapat kita lihat bahwa sistem pembayaran nontunai kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan uang elektronik. Karena itu, sebagai penggunanya, penting untuk memanfaatkannya dengan bijak. Apa yang menguntungkan dapat Anda manfaatkan dan yang merugikan sebaiknya dihindari. Semoga informasi ini memiliki manfaat dan Anda makin bijak dalam menggunakan metode cashless.
 

Ikuti tulisan menarik Patrick Setiabudi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu