x

ilustr: Great People Inside

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Rabu, 29 Maret 2023 06:56 WIB

Mau Sukses? Anda Harus Berani Gagal

Kalau Anda mau sukses maka Anda harus berani gagal. Kok aneh ? sila ikuti terus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Bambang Udoyono

 

Semua orang pasti ingin sukses. Banyak sekali nasehat dan saran untuk sukses.  Tapi  saran untuk sukses yang di atas itu sepintas terasa aneh. Meskipun demikian ada juga alasannya.  Bagaimana penjelasannya? Ikuti terus.  

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertama simak dulu kata mutiara beberapa tokoh terkemuka dari berbagai negara berikut ini.

"It's only when you risk failure that you discover things. When you play it safe, you're not expressing the utmost of your human experience." ― Lupita Nyong'o

Hanya Ketika Anda berani mengambil resiko gagal Anda menemukan berbagai hal.  Ketika Anda main aman,  Anda tidak mengungkapkan pengalaman kemanusiaan yang paling puncak. 

Maksudnya kira kira kalau kita takut gagal maka justru kita tidak akan mencapai puncak kemampuan kita.  Jadi kemampuan terbaik kita hanya akan dicapai manakala kita tidak takut gagal sehingga berani mengambil resiko.

"Those who dare to fail miserably can achieve greatly." ― John F. Kennedy  

Mereka yang berani gagal dengan menyedihkan mencapai prestasi besar.

Kata Mutiara Kennedy senada dengan yang di atas.  Orang yang berani gagal akan mencapai prestasi terbaiknya.

"Don't fear failure — not failure, but low aim is the crime. In great attempts, it is glorious even to fail." ― Bruce Lee

Jangan takut gagal – bukan kegagalan, tapi sasaran rendah adalah kejahatan.  Dalam upaya yang besar, gagalpun adalah sebuah kebesaran. Jadi menurut Bruce Lee kita harus berupaya mencapai sasaran tinggi dan  tidak takut gagal.  Bahkan Ketika gagal dengan upaya seperti itu, tetap saja tidak sia sia tapi terhormat.

 

"The one who falls and gets up is stronger than the one who never tried. Do not fear failure but rather fear not trying." ― Roy T. Bennett

Orang yang jatuh dan bangun lagi lebih kuat daripada orang yang tidak pernah berusaha.  Jangan takut gagal tapi takutlah tidak berupaya.

Menurut Bennet kita harus berihtiar.  Kita justu harus takut pada kemalasan atau kelemahan.

 

"Do not fear mistakes. You will know failure. Continue to reach out." ― Benjamin Franklin 

Jangan takut dengan kesalahan. kamu akan tahu kegagalan.  Teruslah berihtiar.

Maksud Fraklin tentu kita akan bisa belajar dari kesalahan.  jadi tidak perlu takut.

 

"One who fears failure limits his activities." ― Henry Ford

Orang yang takut gagal membatasi kegiatannya.  Benar sekali kata Ford. Orang yang takut gagal pasti tidak berihtiar. Jadi kegaitannya dia batasi sendiri.  Jadi kita perlu mengatasi rasa takut gagal agar leluasa berihtiar.

 

"Try again. Fail again. Fail better." ― Samuel Beckett

Ihtiar lagi.  Gagal lagi.  Gagal lebih baik.  Tentu maksud Becket kita harus terus menerus berihtiar dan belajar dari kesalahan.

 

"You may be disappointed if you fail, but you are doomed if you don't try." ― Beverly Sills

Anda mungkin kecewa Ketika Anda gagal,  tapi Anda akan habis kalau tidak berihtiar.  Menurut Sills resiko keggagalan akan lebih parah Ketika kita tida berihtiar.  Jadi kita harus terus menerus berihtiar tan[a takut gagal.

 

"Fear kills more dreams than failure ever will." ― Suzy Kassem

Ketakutan lebih banyak membunuh mimpi daipada kegagalan.  Kata Kassem ini benar sekali.  Orang yang takut gagal sama saja membunuh mimpinya sendiri.  Sejatinya bukan kegagalan yang membunuh mimpi. Karena setelah tidak takut gagal dan belajar ceringkali impian tercapai.

 

"I've missed more than 9000 shots in my career. I've lost almost 300 games. 26 times, I've been trusted to take the game-winning shot and missed. I've failed over and over and over again in my life. And that is why I succeed." ― Michael Jordan

Saya sudah gagal lebih dari 9000 kali tembakan dalam karir saya.  Saya sudah kalah dalam lebih dari 300 pertandingan.  26 kali saya dipercaya untuk melakukan tembakan yang menentukan dan gagal.  Saya sering gagal dalam hidup saya.  Dan itulah sebabnya saya sukses.

 

Pebasket top dunia ini tentu tidak sedang bercanda. Suksesnya adalah berdasarkan banyak kegagalannya.  Tentu saja setelah dia belajar dari kegagalan tersebut. Dia pasti sudah merenungkan dengan mendalam sehingga dia menemukan jalan untuk melakukan dnegan lebih baik. Maka dia sukses.

 

"I can accept failure. Everyone fails at something. But I can't accept not trying." ― Michael Jordan

Saya bisa menerima kegagalan.  Semua orang gagal pada sesuatu.  Tapi saya tidak bisa menerima tidak mencoba.

 

Jadi jelas kan bahwa kata Mutiara itu sejatinya adalah anjuran untuk mengatasi rasa takut gagal.  Jadi kalau mau sukses kita harus bisa mengatasi rasa takut gagal.  Kemudian kalau gagal, kita harus mengkajinya.  Kita analisis lalu kita akan menemukan cara mengatasinya. Akan lebih baik lagi kalau kita sembari berpikir juga memohon petunjuk Allah swt.  Ketika kita dibimbing Allah swt maka kita akan sukses.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler