x

Iklan

Sherly Awalya

Mahasiswi UIN SMH BANTEN
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Kamis, 30 Maret 2023 12:31 WIB

Pelatihan dan Pengembangan

Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas (UTS) Pada Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Insani/MSDdengan Bapak Dr. H. Syaeful Bahri. S.Ag., M.M.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TRAINING AND DEVELOPMENT

 

Pengertian Pelatihan (Training)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pelatihan (training) adalah sebuah konsep manajemen sumber daya manusia yang sempit yang melibatkan aktivitas-aktivitas pemberian instruksi-instruksi khusus yang direncanakan (seperti misalnya pelatihan terhadap prosedur-prosedur operasi pelatihan yang spesifik) atau pelatihan keahlian (seperti misalnya pelatihan yang berhubungan dengan tugas, program-program pengenalan pekerjaan).

            Pelatihan juga merupakan suatu proses secara sistematis yang merubah tingkah laku pegawai untuk mencapai tujuan organisasi. Pelatihan memiliki orientasi saat ini dan masa yang akan datang untuk membantu pegawai mencapai keahlian dan kemampuan tertentu agar berhasil dalam melaksanakan tugasnya.

Pengertian Pengembangan (Development)

Secara umum Pengembangan (development) dalam konsep human resource development artinya sebagai penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau yang Iebih tinggi dalam perusahaan, organisasi, lembaga atau instansi pendidikan.

            Pengembangan SDM merupakan wahana untuk membangun kemampuan serta meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia untuk menuju era globalisasi yang penuh tantangan serta untuk membantu perusahaan didalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Tujuan Pelatihan & Pengembangan

Tujuan pelatihan (training) dan pengembangan (Development) SDM (Human resource development) pada dasarnya dikelompokan ke dalam lima bidang :

  1. Memperbaiki kinerja.
  2. Memutakhirkan keahlian para karyawan sejalan dengan kemajuan teknologi.
  3. Mengurangi waktu pembelajaran bagi karyawan baru agar agar kompeten dalam pekerjaan.
  4. Membantu memecahkan masalah operasional.
  5. Mempersiapkan karyawan untuk promosi.

Manfaat Penelitian & Pengembangan

  • Pelatihan dan pengembangan SDM mampu mengurangi dan menghilangkan kinerja yang buruk.
  • Pelatihan dan pengembangan SDM Meningkatkan produktivitas Individiu & Tim.
  • Pelatihan dan pengembangan SDM Meningkatkan fleksibilitas angkatan kerja.
  • Pelatihan dan pengembangan SDM Meningkatkan komitmen karyawan.
  • Pelatihan dan pengembangan SDM Mengurangi turn over dan absensi.

KESIMPULAN:

Salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia adalah training and development artinya bahwa untuk mendapatkan tenaga kerja pendidikan yang bersumber daya manusia yang baik dan tepat sangat perlu pelatihan dan pengembangan. Pelatihan (training) adalah proses pendidikan jangka pendek yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir sehingga tenaga kerja non manajerial mempelajari pengetahuan dan keterampilan teknis untuk tujuan tertentu. Pengembangan (development) diartikan sebagai penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau yang lebih tinggi dalam perusahaan, organisasi, lembaga atau instansi pendidikan. Tujuan diselenggarakan peltihan dan pengembangan diarahkan untuk membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas dan kesejahteraan.

 

Ikuti tulisan menarik Sherly Awalya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB